Home » , » GUIDANCE: Cara Setting Android Anda Agar Tetap Kencang Part 2

GUIDANCE: Cara Setting Android Anda Agar Tetap Kencang Part 2

Android User Interface
User Interface

Android anda masih terasa lelet? Simak berikut ini caranya agar android anda kencang.
Melanjutkan artikel sebelumnya yaitu:

cara-setting-android-anda-agar-tetap-kencang

Berikut ini adalah lanjutannya:

6. Kurangi Halaman yang Ada di Home Screen Anda
Pernahkan anda sadar ketika anda membuka aplikasi di smartphone, anda tidak perlu membuka menu tetapi langsung melalui shortcut di home screen? Itu kemungkinan artinya halaman di home screen anda terlalu banyak. Idealnya home screen paling banyak adalah 2 halaman saja. Satu halaman home screen saja bisa memuat 16 shorcut aplikasi (dengan catatan halaman home screen itu tidak dipasang widget). Home Screen yang terlalu banyak juga akan membuat lelet android anda, oleh karena itu lebih baik dikurangi. Caranya masih tetap sama, yaitu dengan menyentuh bagian yang kosong di home screen selama 2-3 detik. Kemudian tinggal scroll ke samping dan halaman yang akan anda buang tinggal lempar ke tempat sampah (hold then drag and drop).

Home Screen
Home Screen




7.  Tutup Aplikasi yang Selesai Dipakai Melalui Recent Apps
Tombol back tidak menutup aplikasi dengan sempurna, oleh karena itu anda perlu menutupnya melalui recent apps. Caranya tergantung dari Smartphone anda, biasanya sebagai berikut:
- Untuk smartphone Samsung biasanya sudah disediakan tombol sejajar dengan home, yaitu tombol dengan icon seperti ini. 
Recent Application Icon
Recent Apps
- Untuk Smartphone Acer dan beberapa brand lain, anda cukup menahan tombol home selama 2-3 detik, untuk memunculkan recent apps.


8. Gunakan Launcher yang Ringan
Untuk yang senang memodifikasi tema di smartphone android tentu fasih dengan instilah launcher. Bagi yang belum fasih berikut ini penjelasannya, launcher atau peluncur berfungsi untuk memodifikasi tema dan tampilan android anda. Beberapa pilihan penyesuaian biasanya disediakan oleh launcher, mulai dari ikon, cara sistem membuka sebuah aplikasi, sampai dengan kontrol penuh terhadap smartphone android anda. Jika anda saat ini menggunakan launcher default dari pabrik, maka cobalah menyentuh tombol home atau menu, seperti itulah launcher default anda.

Launcher dapat memberikan sensasi yang berbeda daripada launcher default (standar pabrik). Anda bisa merasakan sensasi iphone di android dengan menggunakan launcher iphone for android. Namun, sebaiknya anda cari tahu terlebih dahulu launcher apa yang akan dipakai, jangan sampai launcher yang anda pakai malah membuat smartphone anda semakin lemot dan boros baterai. 

Launcher default pabrik sebenarnya cukup ringan, tinggal disesuaikan. Namun, jika anda menggunakan smartphone dengan spek tinggi namun terasa lelet (biasanya smartphone merk China), bisa jadi launcher defaultnya cukup berat, mungkin terlalu banyak efek atau banyak fitur aktif namun tidak terpakai. Anda dapat menggantinya dengan launcher yang cukup terkenal ringan seperi Apex, Lucid, Holo Launcher, atau Nova.


9. Hapus History, Cache, dan File-file Tidak Berguna
Cara yang paling mudah adalah menggunakan Aplikasi untuk menghapusnya sekaligus. Anda bisa menggunakan Cleanmaster atau CC Cleaner. Untuk smartphone tertentu saat ini sudah diintegrasikan dengan aplikasi bernama Smart Manager. Apabila anda memiliki aplikasi ini akan lebih mudah untuk menghapus file-file tidak berguna tersebut, tanpa perlu memasang aplikasi lain.

CC Cleaner Icon
CC Cleaner Icon

Clean Master on Android
Clean Master on Android


10. Atur Sinkronisasi Data
Sinkronisasi data ini cukup penting, karena semakin banyak akun yang anda sinkronisasikan maka android akan semakin lambat. Sinkronisasi ini meliputi email-email, kalender, contact, dan sebagainya. Pengaturan sinkronisasi ini dapat anda temukan di account setting, seperti berikuti ini:

Matikan sinkronisasi otomatis
Turn off auto syncronization


Demikian cara setting android agar tetap kencang part 1 dan 2, semoga bermanfaat. 
Cara lainnya memerlukan akses yang lebih dalam pengaturan. Akses pengaturan yang lebih dalam ini bisa dibuka dengan cara root android anda. Jika sudah di root maka anda bisa mengatur aplikasi apa saja yang boleh dan tidak boleh autostart, menghapus bloatware, install custom ROM, Tweaking Android System, sampai dengan overclock processor. 

Thanks for reading & sharing Guidance and Tips

Previous
« Prev Post

0 comments:

Posting Komentar

Translate to Your Language