Home » , » TIPS Agar Lebih Efisien dalam Bekerja

TIPS Agar Lebih Efisien dalam Bekerja

efficiency at work
Perencanaan pekerjaan agar efisien

Pernahkah anda menghitung dari 8 jam anda bekerja dalam satu hari, berapa persen yang benar-benar anda pakai untuk bekerja? Berapa jam yang anda habiskan untuk lembur? Faktanya tanggung jawab pekerjaan yang dibebankan kepada anda sebenarnya sudah dihitung dan diasumsikan dapat diselesaikan tanpa lembur. Jika pun harus lembur berarti ada tiga kemungkinan, pertama pekerjaan anda memang bertambah, kedua fasilitas pendukung pekerjaan kurang mumpuni, atau ketiga kualifikasi anda tidak cocok dengan tanggung jawab pekerjaan anda.

Pengalaman memperhatikan rekan-rekan ketika bekerja sebenarnya ada beberapa hal yang harus dihindari dan beberapa hal yang sebaiknya dilakukan agar anda dapat lebih efisien dalam bekerja, simak berikut ini penjelasannya.

1) Buatlah daftar pekerjaan (to-do-list) sebelum anda bekerja, alokasikan setiap waktu anda dengan bijak. 

Perencanaan pekerjaan sangat penting menentukan efisiensi anda dalam bekerja. Terkadang ada tipe orang yang 'going with the flow', mengikuti arus kesehariannya, karena tidak terbiasa merencanakan pekerjaannya. Demi efisiensi pekerjaan ini, bahkan beberapa perusahaan membuatkan SOP (Standar Operasional Prosedur) dengan sangat detail, mulai dari karyawan masuk kerja sampai dengan karyawan pulang kantor. Karyawan terkesan menjadi seperti robot dan cenderung tidak kreatif karena setiap langkah yang dilakukan sudah ditentukan.

2) Jangan Menunda Pekerjaan

Lakukan pekerjaan sesuai dengan prioritasnya. Seringkali pekerjaan menjadi menumpuk karena terlalu banyak ditunda. Kebiasaan menunda pekerjaan ini menjadikan anda harus mengambil over time untuk menyelesaikan pekerjaan yang anda tunda.

3) Jangan Gunakan Media Sosial

Kecuali anda bekerja dengan menggunakan media sosial, sebaiknya anda jauhi Facebook, twitter, instagram, path, dan lain-lain saat bekerja. Selain karena akan membuat anda kehilangan konsentrasi, Anda juga akan lebih sering mengecek media sosial sehingga pekerjaan menjadi tertunda. Beberapa perusahaan bahkan melarang karyawannya menggunakan smartphone selama bekerja, karena sadar dampak media sosial terhadap efisiensi bekerja karyawan.

4) Biasakan Menyelesaikan Pekerjaan Satu per Satu

Bekerja multitasking akan meningkatkan resiko anda melakukan kesalahan. Oleh karena itu, sebaiknya anda selesaikan pekerjaan satu per satu, dan tidak memulai pekerjaan lain sebelum menyelesaikannya. Buatlah susunan pekerjaan berdasarkan skala prioritas, jika anda diberikan tugas lain saat mengerjakan satu pekerjaan sebaiknya anda tanyakan dead line waktu untuk mengerjakan pekerjaan baru tersebut.

5) Jangan Kejar Tambahan Uang dengan Lembur

Beberapa orang menginginkan tambahan uang dengan bekerja lembur. Ini tentu mencerminkan sikap yang tidak profesional, saat jam kerja leha-leha, sementara di ujung waktu akan pulang baru bekerja. Dampaknya akan buruk terhadap karir anda, atasan dan rekan kerja akan menilai anda tidak mampu bekerja karena anda tidak dapat diandalkan untuk bekerja sesuai waktunya.

Thanks for reading & sharing Guidance and Tips

Previous
« Prev Post

0 comments:

Posting Komentar

Translate to Your Language