Home » , » TIPS Menjaga Kesehatan Gigi dengan Menghindari 6 Hal Ini

TIPS Menjaga Kesehatan Gigi dengan Menghindari 6 Hal Ini

healthy teeth
Sumber: pixabay.com

Menjaga kesehatan gigi itu gampang-gampang susah, karena berkaitan dengan kebiasaan hidup kita. Simak artikel ini Tips untuk Mendapatkan Gigi Putih Bersih Alami. Beberapa makanan dan minuman dapat juga mempengaruhi kesehatan gigi, berikut ini beberapa jenis makanan dan minuman yang dapat merusak gigi dan membuatnya keropos.

1. Minuman Bersoda

Minuman bersoda biasanya mengandung sangat banyak gula dan soda mengandung asam. Kandungan asam pada soda akan melemahkan bagian enamel. Perlu Anda ketahui bagian enamel adalah bagian paling keras pada gigi dan bagian terluar yang bersentuhan langsung dengan makanan/ minuman. Sebaiknya hindari atau kurangi minum minuman bersoda demi kesehatan gigi Anda.

2. Permen Manis dan keras

Sudah bukan rahasia lagi, permen biasanya menjadi salah satu penyebab rusaknya gigi pada anak-anak. Menghisap permen manis akan membuat gigi terpapar lebih banyak gula, mengunyah permen keras akan lebih parah, mungkin dapat menyebabkan gigi retak atau meninggalkan sisa permen pada celah-celah gigi.

3. Keripik

Keripik yang keras akan menyebabkan gigi retak atau meninggalkan sisa-sisa keripik pada celah-celah gigi. Sisa-sisa ini akan menyebabkan kerusakan gigi. Contoh yang paling mudah adalah keripik kentang. Keripik ini tidak hanya enak dimakan akan tetapi akan meninggalkan sisa-sisa yang menempel di antara gigi.

4. Pop Corn

Pop corn merupakan salah satu makanan yang biasanya meninggalkan sisa pada gigi. Bagian-bagian jagung yang pecah akan lebih mudah menempel diantara sela gigi. Sisa makanan ini akan memicu pertumbuhan bakteri di gigi, dan meningkatkan resiko kerusakan gigi lebih besar.

5. Minuman Energi

Minuman energi apapun jenisnya biasanya mempunyai kandungan gula yang tinggi dan kandungan asam yang juga tinggi. Kedua zat ini akan meningkatkan resiko gigi rusak dan keropos. Mulai sekarang sebaiknya hindari minuman seperti ini, perbanyak minum air putih akan lebih baik.

6. Kopi

Kopi dalam jumlah wajar dapat menjadi minuman sehat, itupun jika tanpa tambahan gula. Namun kebanyakan dari kita biasa menikmati kopi dengan tambahan gula di dalamnya. Kandungan kafein di dalam kopi akan meninggalkan noda di gigi, lebih lanjut akan menjadi plak yang sulit dihilangkan.

7. Es Batu

Es batu akan berbahaya untuk gigi Anda jika dikulum dan dikunyah. Es batu sangat keras dan mungkin akan merusak bagian enamel gigi. Apalagi jika dipadukan dengan air panas, kunyah es batu lalu minum air panas, gigi Anda kemungkinan akan lebih cepat rusak. Bagi yang suka mengunyak es batu, mulailah ubah kebiasaan ini jika giginya tidak mau rusak.

8. Roti tawar berisi selai

Roti tawar putih berisi selai biasanya mengandung banyak gula dan rawan menyusup di celah di antara gigi. Roti akan cenderung lengket di gigi. Untuk itu biasakan untuk membersihkan gigi setelah mengonsumsi roti, untuk menghindari resiko kerusakan pada gigi.

Paduan roti tawar dengan selai tentu sangat nikmat. Berbagai macam selai dapat dipadukan, selai coklat, kacang, stroberi, nanas, dan sebagainya. Selai sama seperti roti, lengket pada gigi can cenderung meninggalkan sisa pada celah gigi. Sisa makanan ini akan menjadi plak dan mendukung perkembangan bakteri, apalagi jika tidak dibersihkan.


Demikian tips menjada kesehatan gigi dengan menghindari 8 makanan dan minuman di atas. Semoga bermanfaat! Klik label "health" untuk mendapatkan artikel seputar kesehatan.

Thanks for reading & sharing Guidance and Tips

Previous
« Prev Post

0 comments:

Posting Komentar

Translate to Your Language