Home » , » 9 CARA Tepat Menggunakan Baterai LiPo #Airsoftgun

9 CARA Tepat Menggunakan Baterai LiPo #Airsoftgun

lipo
Baterai LiPo

Ada beberapa cara untuk menggunakan baterai lipo agar lebih tahan lama. Berikut ini penjelasannya:

1. Jangan memaksakan baterai mengeluarkan arus yang lebih besar dari kemampuannya. Ini untuk menjaga agar baterai tidak panas. Pada airsoft gun, arus dan energi yang dibutuhkan akan lebih besar jika anda menggunakan spring yang lebih keras.

2. Jika anda menggunakan spring yang keras, sebaiknya gunakan baterai dengan discharge rate tinggi, minimal 30C. Tapi tetap pertimbangkan juga komponen lain yang anda gunakan.

3. Ukur terlebih dahulu beban yang dibutuhkan airsoftgun anda. Baterai akan mengeluarkan arus sebesar beban yang dibutuhkan. Anda bisa menggunakan multi-tester untuk mengukurnya, ukur untuk tembakan single/ burst. Jika arus yang dibutuhkan tidak sampai 10A, tentu anda tidak perlu menggunakan baterai lipo dengan spesifikasi discharge yang terlalu tinggi. Semakin tinggi spesifikasi disharge dan semakin tinggi kapasitas, harga baterai akan lebih tinggi juga.

4. Untuk airsfotgun standar lebih baik gunakan baterai lithium dengan tegangan 7.4 V agar putaran tidak terlalu tinggi. Ini lebih rendah dari voltase baterai standar airsoftgun yang memakai baterai NiCd / NiMh, dengan standar tegangan 8.4v atau 9.6v. Jika anda memaksakan memakai baterai lipo 11.1 Volt, saat tembakan burst, putaran tinggi mungkin dapat menyebabkan gear piston rusak.

5. Gunakan kabel yang memiliki hambatan paling kecil. Kabel yang tebal memiliki hambatan kecil, dan sebaliknya. Airsoftgun membutuhkan arus yang besar, sehingga membutuhkan kabel yang mumpuni. Kabel yang kecil (hambatannya besar) akan mudah panas. Sebaiknya gunakan kabel yang sesuai dengan spesifikasi AWG (American Wire Gauge).

American wire gauge (AWG), also known as the Brown & Sharpe wire gauge, is a standardized wire gauge system used since 1857 predominantly in North America for the diameters of round, solid, nonferrous, electrically conducting wire. (wikipedia)

Pengukur kawat Amerika (AWG), juga dikenal sebagai pengukur kawat Brown & Sharpe, adalah sistem pengukur kawat standar yang digunakan sejak tahun 1857 yang didominasi di Amerika Utara untuk diameter kawat konduktif bulat, padat, nonferrous, elektrik. (wikipedia)

Pada dasarnya berdasarkan standar AWG, semakin kecil angka AWG maka kemampuan menghantarkan arus semakin besar dan kabelnya juga semakin tebal. Untuk airsoftgun pada umumnya memakai kabel AWG16 atau AWG18.

6. Isi baterai dengan menggunakan balance charger, dengan durasi tergantung dari output tegangan dan arus charger tersebut. Perhitungan sederhananya, untuk baterai 11.1 Volt dengan kapasitas 1100 mAh, jika diisi ulang dengan tegangan 11.1 Volt dengan arus 550 mA, maka durasi isi ulangnya selama 2 jam (1100/550) jika baterai diisi ulang dari keadaan kosong.

Pada contoh gambar di atas terdapat keterangan 2C yang diceklis, ini artinya batas maksimal arus yang dapat digunakan untuk mengisi ulang baterai, yaitu 2 kali dari 1100 mA, yaitu 2.2 Ampere, dengan tegangan yang sama.

7. Jangan biarkan baterai jenis lithium polymer benar-benar habis dayanya. Ini artinya anda harus mengisi ulang baterai sebelum daya di dalamnya benar-benar habis. Penggunaan baterai sampai benar-benar habis akan mengurangi umur pakai baterai atau lebih parah baterai akan mati sama sekali.

8. Jangan memaksakan jika sudah low batt. Pada artikel sebelumnya disebutkan, bahwa ketika low batt, tegangan dapat drop ke 3 Volt, jika dipaksakan lebih rendah di bawah 3 Volt dapat merusak sel baterai itu sendiri.

Baterai yang sudah tidak bisa dipakai untuk menembak bukan berarti sudah kosong. Kemungkinan karena tegangan sudah turun dan daya sudah berkurang. Contohnya baterai lipo 3 sel 11.1 volt, tegangan sebenarnya adalah 12 Volt, namun ketika banyak digunakan tegangan bisa drop mencapai 10 Volt dan baterai sudah tidak kuat untuk menembak.

9. Jika baterai akan disimpan dalam jangka waktu lama, lebih baik disimpan dengan kondisi kurang lebih 40 - 50%. Cek juga secara periodik, jangan membiarkan baterai tidak di charge dalam waktu lama, karena baterai akan mengalami self-discharge, kondisi baterai akan kehilangan kapasitasnya seiring berjalannya waktu.

Demikian 9 Cara tepat menggunakan baterai LiPo, simak TIPS terbaik untuk merawat baterai LiPo agar lebih awet.

Thanks for reading & sharing Guidance and Tips

Previous
« Prev Post

0 comments:

Posting Komentar

Translate to Your Language