Home » , » 7 Tips Saat Menulis Blog

7 Tips Saat Menulis Blog

blogging
Blog

Pada dasarnya blog dapat kita tulis apa saja, mulai dari pengalaman pribadi sampai ke berita terhangat. Hal yang paling sulit adalah memunculkan manfaat dalam blog kita, manfaat untuk pembaca tidak hanya menghabiskan quota, sehingga pembaca tertarik untuk balik lagi.
Manfaatnya bisa apa saja, bisa untuk hiburan, menambah wawasan, menambah ilmu, menambah skill, dan sebagainya. Berikut ini tips saat menulis blog:

1. Pilihlah tema yang menarik untuk anda dan pembaca. Jika anda sebagai blogger menyenangi hal-hal yang anda tulis tentunya akan lebih baik hasil tulisannya. Misalnya anda menyukai otomotif, tentu anda akan lebih menyenangi menulis tentang otomotif ketimbang tentang politik.

2. Pilih font yang simple dan banyak dipakai orang. Hal ini dimaksudkan agar orang nyaman ketika membacanya, dan formatnya tidak berantakan ketika blog anda diakses pembaca. Font yang biasa dipakai yaitu arial, calibri, atau times new roman.

3. Buat ukuran font Judul anda lebih besar ketimbang font isi. Idealnya jika font isi ukuran 12 maka untuk judul ukuran 16-20. Jangan terlalu besar juga.


4. Beri jeda antar paragraf. Jika anda menulis banyak sekali, buatlah pembaca nyaman ketika membacanya, berikan kesempatan mata pembaca untuk rileks sejenak. Beri space kosong antara paragraf seperlunya, tidak juga terlalu banyak.

5. Jika anda mengutip kata/ kalimat/ ataupun paragraf dari artikel tertentu, cantumkanlah darimana anda mengutip itu. Akan lebih baik jika anda membaca keseluruhan artikelnya dulu, jangan sampai anda mengutip informasinya secara parsial apalagi jika tulisan penulis aslinya mengandung opini, karena akan memunculkan makna yang berbeda.

6. Blog akan lebih menarik jika diisi dengan gambar atau video dari koleksi sendiri ataupun gambar referensi dari website lain. Namun hati-hati dengan hak cipta, jika anda mengambil gambar dari website tertentu, karena bisa jadi pelanggaran hak cipta. Cantumkanlah juga gambar tersebut dari mana. Jangan membuat pembaca anda bosan karena terlalu banyak tulisan. Jika anda perhatikan blog/ website yang banyak dikunjungi kebanyakan yang memiliki gambar, kecuali blog/ web yang membahas mengenai bagaimana cara menulis blog biasanya banyak pengunjungnya (biasanya orang-orang yang sedang belajar membuat blog). Gambar juga dapat berfungsi sebagai ilustrasi untuk tulisan yang anda buat.

7.Cantumkan sumber tulisan anda. Ini bukan semata-mata menghindari masalah copyright tetapi yang paling penting adalah anda berusaha menghargai penulisnya. Saling menghargai sesama blogger/ sesama manusia.

Thanks for reading & sharing Guidance and Tips

Previous
« Prev Post
Oldest
You are reading the latest post

0 comments:

Posting Komentar

Translate to Your Language