Home » , » 17 TIPS untuk Meningkatkan Keterampilan Bermain Airsoft Anda

17 TIPS untuk Meningkatkan Keterampilan Bermain Airsoft Anda

Tenang, airsoft bukanlah kejahatan, sekedar hobi dan permainan
Keep Calm Airsoft is Not Crime, Hobbies and Games Only
Seperti olahraga atau permainan pada umumnya, bermain airsoft gun juga memerlukan keterampilan. Tujuannya agar permainan lebih aman dan tentunya menyenangkan. Tingkatkan akurasi, fokus, stamina, kinerja airsoft gun anda, dan tentunya tingkatkan juga kerjasama tim. Berikut ini beberapa tips untuk meningkatkan keterampilan bermain airsoft anda:

1. Salah satu aturan dalam bermain airsoft adalah jangan melakukan blind shot, artinya selalu menembak dengan melihat arah tembakan anda. Aturan ini sebenarnya juga memaksa airsofter agar selalu menembak melalui 'pandangan' anda, bisa melalui scope, holo sight, iron sight, ataupun backup sight. Anda bisa meningkatkan keterampilan dalam menembak melalui alat-alat bidik ini. Pelajari cara untuk zeroing dan membidik sasaran dengan tepat, sehingga setiap tembakan anda layak bukan sekedar menghabiskan BB, baterai ataupun gas.

Cara Zeroing Aimpoint
Cara Zeroing Scope

2. Beberapa istilah militer dan tanda jari mungkin harus anda pelajari juga, karena dalam permainan kebanyakan tidak bisa berkomunikasi dengan suara, kecuali tim anda berkomunikasi melalui radio.

3. Pakailah gear/ peralatan yang sesuai, mulai dari pelindung kepala khususnya wajah dan mata, pelindung leher, vest, chest rig, dan airsoft yang tepat. Pada beberapa kesempatan anda akan menyaksikan atau turut serta dalam permainan/ skirmish yang memang direkayasa seperti nyata, pakaian yang benar-benar menyerupai militer negara tertentu, dan misi yang menantang. Sesuaikan pakaian anda dengan tempat permainan, karena jika anda sudah mulai tidak nyaman, kepanasan/ kedinginan, konsentrasi akan buyar.

Budget Memulai Hobi Airsoft Gun

4. Gunakan BB dengan berat yang sesuai. Anda tidak dapat memakai BB dengan berat 0.12 gram jika memakai airsoft bertenaga gas. Anda juga harus menguji berat BB manakan yang terbaik untuk sebuah airsoft tertentu, tes akurasi dan seberapa jauh BB meluncur, dan sampai mana BB mendarat. Proses memilih dan meningkatkan akurasi inilah yang akan meningkatkan skill bermain airsoft anda.

5. Pelajari cara bagaimana memegang airsoft dengan baik, caranya diadaptasi dari cara memegang real steel. Grip harus kuat, karena itu menentukan akurasi tembakan anda. Selain itu, untuk beberapa airsoft yang berjenis blowback, anda akan merasakan sensasi recoil dan menjaga agar recoil tersebut tidak membuat akurasi tembakan anda menurun. Stock/ popor membantu anda mempertahankan akurasi serta efek dari blowback lainnya, sementara tangan yang lemah (tangan kiri) membantu memegang dan menyeimbangkan airsoft anda. dan tangan anda yang kuat menarik pelatuk/ trigger.

6. Ambil waktu seefisien mungkin untuk membidik sasaran anda. Semakin mahir anda bermain maka akan semakin sediki efisien waktu yang anda gunakan untuk membidik. Jangan panik bila keadaan dalam permainan mulai memburuk, mulailah menembak dengan tenang jika anda melihat lawan. Kunci kemenangan adalah tembakan yang akurat.

7. Tidak perlu menunggu BB anda mencapai target setelah menembak. Lebih baik segera reload airsoft anda, agar anda siap menembak kembali. Timing ini sangat penting apalagi jika anda memakai airsoft jenis bolt spring action, karena setelah anda menembak dari tempat persembunyian yang aman, kemungkin lawan anda akan mengetahui posisi anda. Maka tempat persembunyian anda sudah tidak lagi aman.

8. Jangan pergi bermain airsoft di saat anda marah, gelisah ataupun stress. Belajar untuk mengontrol emosi anda dan tenangkan diri terlebih dahulu sebelum bermain airsoft. Ketika anda tidak bisa mengontrol diri karena emosi, anda akan rentan membuat kesalalan. Satu kesalahan ini bisa jadi fatal.



9. Berlatih dan berlatih. Mulailah berlatih dari cara memegang airsoft, cara mencabut airsoft dari holsternya dengan cepat, cara membidik dengan tepat, cara membawa airsoft saat berlari dalam field, cara menembak dari berbagai arah dan posisi, dan sebagainya. Anda dapat mempelajarinya dari video tutorialnya, seperti video dari Magpul Dynamics, The Art of Tactical Carbine, The Art of Dynamic Handgun, The Art of Precision Rifle, dan sebagainya. Beberapa tutorial juga bisa anda dapatkan melalui youtube.

10. Paksa diri anda untuk melewati batas. Misalnya jangkauan akurasi tembakan anda pada 15 meter, maka anda harus belajar untuk mempertahankan akurasi pada jarak 20 meter atau lebih. Berpikir dan mengolah cara tentang bagaimana menembak sasaran pada jarak yang lebih dari yang anda bisa, maka akan meningkatkan keterampilan anda. Temukan jangkauan maksimum tembakan dan latih agar dapat menjangkau lebih jauh.

11. Coba upgrade airsoft anda ketimbang membeli baru. Ini akan memaksa anda untuk mengetahui lebih dalam tentang airsoft. Beli optik atau alat bidik yang sesuai, ekstra magazine ataupun aksesoris lain yang akan meningkatkan kinerja airsoft anda. Untuk level mahir akan dapat memodifikasi bagian dalam airsoft. Seiring berjalannya waktu, bisa jadi suatu saat anda akan menjadi seorang tuner yang ahli dalam modifikasi airsoft.

12. Beli airsoft gun dengan kualitas yang bagus. Biasanya lebih mahal namun sesuai dengan kualitasnya. Anda harus menyisihkan lebih banyak dana untuk mendapatkan airsoft yang mumpuni, akurasi mantap, dan durabilitas sudah tak diragukan lagi.

13. Bermainlah dengan jujur, jangan jadi zombie ataupun superman. Dapatkanlah respek dari rekan bermain anda, lebih baik fokus pada bagaimana meningkatkan kualitas bermain anda untuk mendukung tim maka kemenangan akan anda dapatkan.

14. Bermainlah dengan taktik. Salah satu tips yang berguna adalah, jika anda bermain dalam CQB (Close Quarter Battle) dan bertugas untuk merebut sebuah sudut yang vital, maka gunakan secondary weapon anda, lebih ringan, dan leluasa untuk digunakan. Anda akan dapat merebut sudut tersebut dengan lebih cepat. Segera setelah sudut tersebut berhasil direbut, maka gantilah lagi dengan primary weapon anda.

15. Bawa peralatan dan perlengkapan secukupnya. Anda dapat membawa setiap aksesoris dummy saat anda dalam permainan, namun jika terasa terlalu berat mengurangi kelincahan, lebih baik dikurangi. Artinya bawa peralatan yang siap anda pakai, jika anda melengkapi airsoft anda dengan grenade launcher maka jangan takut untuk menggunakannya. Anda tidak perlu memasang aksesoris senter jika bermain siang hari,.

16. Saat-saat yang paling rentan dalam permainan adalah saat anda reload. Oleh karena itu, pastikan anda reload pada saat yang benar-benar aman. Saat reload ini juga bisa anda gunakan untuk sejenak istirahat, karena ketika gong permainan sudah dimulai dan anda berlari kesana kemari, akan benar-benar menguras stamina anda, dan istirahat sejenak akan membantu stamina anda.

17. Tips terakhir adalah gunakan airsoft anda dengan mengikuti 5 aturan keselamatan senjata api. Perlakukanlah airsoft anda seperti anda memegang senjata api sebenarnya. Five Firearms Safety Rules:
(1) Treat all guns as if they are loaded.
Perlakukan semua senjata seolah-olah mereka terisi.
(2) Never point a gun at anything you do not wish to destroy, including yourself.
Jangan arahkan pistol pada apa pun yang Anda tidak ingin hancurkan, termasuk Anda sendiri.
(3) Keep your finger off the trigger until you are on target and ready to fire.
Jauhkan jari Anda dari pemicu sampai Anda pada target dan siap untuk menembak.
(4) Keep your weapon on safe until your sights are on target.
Jaga senjata Anda tetap aman/ terkunci sampai bidikan Anda pada sasaran.
(5) Be absolutely sure of your target and what's behind it.
Pastikan yakin target Anda dan ketahui ada apa di balik itu.

Demikian tips untuk meningkatkan keterampilan dalam bermain airsoft, semoga bermanfaat!

Thanks for reading & sharing Guidance and Tips

Previous
« Prev Post

1 comments:

  1. articles that are extraordinary and very riveting attention
    we hope that this can continue.
    we like articles like this
    thank you for making a great article
    judi bola

    BalasHapus

Translate to Your Language