Home » , » 7 TIPS Berselancar di Internet dengan Lancar

7 TIPS Berselancar di Internet dengan Lancar

Internet Explorer, Mozila Firefox, Google Chrome, Safari
Internet Explorer, Mozila Firefox, Google Chrome, Safari
Berselancar atau browsing di internet tidak pernah akan ada habisnya. Jutaan sampai tak terhingga informasi ada di internet, nyaris semua hal bisa kita cari informasinya dari internet. Berselancar di internet tentu memerlukan browser yang canggih dan mumpuni. Selain itu, anda bisa jauh lebih lancar berinternet ria jika mengikuti tips-tips berikut ini:

1. Gunakan Shorcut Key

Shortcut key adalah kombinasi dari tombol keyboard yang dapat digunakan untuk melakukan fungsi tertentu. Tercapat sangat banyak shortcut key yang dapat digunakan dalam internet browser. Berikut ini adalah shortcut key yang sering dipakai dan berlaku nyaris di semua browser:

- Tekan F5 atau Ctrl + R untuk refresh/ reload halaman web.
- Tekan F11 untuk membuat layar browser Internet full screen. Tekan F11 lagi untuk kembali ke tampilan normal.
- Tekan Alt + D atau Ctrl + L untuk memindahkan kursor ke address bar.
- Tahan tombol Ctrl dan tekan + atau - untuk meningkatkan dan mengurangi ukuran teks. Ctrl + 0 akan mengatur ulang teks ke ukuran default.
- Tekan Ctrl + B untuk membuka bookmark Internet Anda.
- Tekan Ctrl + F untuk membuka kotak find untuk mencari teks di dalam halaman web yang Anda baca.  
- Tekan tombol backspace atau tekan tombol Alt + panah kiri untuk kembali halaman.

2. Manfaatkan Tab Browser dengan baik

Semua browser sekarang sudah menyediakan fasilitas tab yang dapat anda gunakan untuk membuka halaman baru tanpa menutup halaman yang sedang anda baca. Ketika anda mengunjungi sebuah website dan membaca artikel di dalamnya, biasanya anda akan menemukan link yang menarik, entah artikel dari website yang sama atau dari iklan. Link/ tautan ini dapat anda buka di tab baru sehingga tidak mengganggu artikel yang sedang anda baca.

- Tahan tombol ctrl kemudian klik kiri link yang anda mau, maka secara otomatis link tersebut akan dibuka di tab baru sebelahnya. Anda juga bisa melakukannya dengan klik kanan pada link lalu pilih "open in a new tab", namun lebih mudah cara yang pertama.

- Jika anda memakai mouse yang memiliki roda di bagian tengahnya, maka buka link tersebut dengan menekan roda tersebut. Maka secara otomatis akan membuka link pada tab baru.

- Untuk membuka tab baru yang kosong, tekan Ctrl + T
- Untuk mengembalikan tab yang secara tidak sengaja tertutup, tekan Ctrl+Shift+T.
- Untuk berpindah tab ke arah maju, tekan Ctrl+Tab
- Untuk berpindah tab ke arah mundur, tekan Ctrl+shift+Tab
- Untuk menutup tab, tekan Ctrl+W



3. Tidak perlu mengetikan http: // atau bahkan www. di alamat web.

Misalnya jika anda akan mengunjungi https://www.blogger.com/, tidak perlu dituliskan secara lengkap cukup  ketik "blogger" kemudian tekan Ctrl+Enter. Maka secara otomatis akan tertuju pada alamat https://www.blogger.com/

Untuk alamat web yang memiliki akhiran ".net" tekan Shift+Enter (untuk browser firefox)

4. Mengisi Form dengan Cepat

Anda akan diharuskan untuk mengisi beberapa field dalam formulir online. Misalnya saat anda akan membuat email baru, saat akan mengisi komentar blog, saat anda akan mengajukan aplikasi online, saat melamar pekerjaan online dan sebagainya. Cara tercepat untuk bergerak dari masing-masing field atau bidang tulisan adalah dengan menekan tombol Tab (maju), atau Shift+Tab (mundur kembali ke field sebelumnya). Jadi tidak perlu klik satu per satu field yang akan anda isi.

Anda dapat mencobanya dalam formulir di bawah ini:




5. Memilih menu dalam drop-down list dengan cepat

Anda dapat memilih menu dalam drop-down list dengan menekan huruf pertamanya. Tidak perlu scroll dan mencari satu persatu menu yang anda mau. Contohnya di bawah ini, klik drop-down box di bawah ini dan tekan huruf "C" jika anda akan memilih label "Career"




6. Gunakan browser alternatif dan update secara berkala

Browser default bawaan OS (seperti internet explorer) sudah cukup namun ada baiknya anda mencoba browser alternatif. Misalnya: Mozila Firefox, Google Chrome, Opera, Safari, Flock, Comodo Dragon, dan sebagainya. Masing-masing browser tersebut memiliki fitur yang biasanya tidak ada di browser default. Apapun browser internet yang anda pilih, akan lebih baik jika anda update browsernya secara berkala, ini penting untuk menjaga stabilitas, keamanan dan kecepatan dalam berinternet. Biasanya jika anda tidak mematikan fitur auto-update akan ada notifikasi yang menawarkan anda untuk update browser tersebut atau tidak.

7. Gunakan Plug-ins/ add-ons dan update secara berkala

Pada dasarnya plug-ins dan add-ons adalah fitur yang dapat ditambahkan ke dalam browser internet anda. Add-ons adalah alat yang ditambahkan untuk menambahkan fitur tertentu untuk program yang sudah ada sebelumnya, tidak dapat berdiri sendiri, dan spesifik untuk browser tertentu. Add-ons memungkinkan pengguna untuk personalisasi browser dengan fungsi tambahan atau gaya tertentu.

Misalnya: sidebar bookmark untuk menghemat waktu, pengganti tema tampilan browser, pemberi notifikasi cuaca, tambahan keamanan browser, tambahan download manager, dan sebagainya. Sementara itu, plug-ins dapat disebut sebagai software pihak ketiga yang digunakan untuk meningkatkan kompatibilitas dengan program lain. Misalnya: flash player yang kompatibel nyaris di semua jenis browser.

Add-ons dapat meningkatkan kinerja browser dengan menambahkan fitur dan fungsi sementara plug-ins menambahkan software yang diperlukan untuk meningkatkan fungsi dan kompatibilitas browser. Plug-in merupakan sebuah program yang lengkap sementara add-on tidak. Plug-ins tidak spesifik untuk browser tertentu sementara add-on spesifik untuk browser tertentu dalam artian hanya bisa ditujukan untuk satu jenis program. Anda dapat mengatur, menambahkan, dan mengurangi add-ons biasanya melalui setting-extension, atau setting-addons.

Sekian tips untuk berselancar di internet agar lebih lancar.
Semoga bermanfaat!

Thanks for reading & sharing Guidance and Tips

Previous
« Prev Post

1 comments:

  1. Lagi Butuh Uang ? ??
    Ingin mendapatkan Uang jajan lebih ?
    Dominopelangi.net SOLUSINYA
    Login dan Mainkan Game nya
    Tersedia 8 Game dalam 1 UserID
    Ayo Gabung bersama kami di DOMINOPELANGI (.)net
    Jangan Menunda Kemenangan Bermain Anda ! Segera Daftarkan User ID nya & Mainkan Kartu Bagusnya.
    Kami hadirkan permainan Terbaik dari DOMINO206 permainan
    dalam website
    Pusat Game Domino ONline Terpercaya Se-Asia
    Hanya cukup menggunakan 1ID saja anda sudah bisa menikmati 8 game Populer

    - Domino99
    - BandarQ
    - Poker
    - AduQ
    - Capsa Susun
    - Bandar Poker
    - Sakong Online
    - Bandar 66

    Tunggu apa lagi silahkan Registrasi diri anda bersama kami.
    Dan nikmati kembali BONUS REFFERAL terbesar 15% untuk anda.
    Untuk lebih informasi lebih lanjut kalian bisa langsung berdikskusi
    langsung dengan CS handal.

    MInimal Deposit 20rb
    Minimal Witdraw 20rb

    BBM : 2BE3D683 / E3EE3B63
    WA : (+85587480626)
    LINE : DOMINO206
    IG : domino_206


    Link Alternatif
    WWW .DOMINOPELANGI. NET
    WWW .DOMINOPELANGI. COM
    WWW .PELANGIDOMINO. NET

    Bank Online 24 jam (kecuali gangguan)
    - BNI
    - BCA
    - BRI
    - MANDIRI
    - DANAMON

    Salam Kemenangan ^_^

    BalasHapus

Translate to Your Language