Home » , » 3 TIPS Menghemat Baterai Smartphone

3 TIPS Menghemat Baterai Smartphone

ikon baterai android
Ikon menu baterai pada smartphone android
Hari-hari kita sekarang tidak pernah lepas dari yang namanya gadget, khususnya smartphone. Kemana-mana pasti membawanya, karena nyaris semua aktivitas sekarang dapat dilakukan dengan menggunakan smartphone. Bangun pagi menggunakan alarm dari smartphone, mengecek email dan aplikasi chatting, kemudian masuk kamar mandi setel musik menggunakan smartphone, skip... skip... selanjutnya mengecek smartphone lagi sesaat sebelum berangkat kerja.

Lanjut, berangkat kerja di perjalanan mendadak macet entah kenapa. Ambil smartphone lagi, menghidupkan GPS, buka aplikasinya dan kemudian cari jalan alternatif. Begitu sampai di tempat kerja, buka smartphone lagi cek segala macam. Di saat bekerja pun smartphone bisa jadi tidak pernah lepas dari genggaman. Chatting, nonton film, games, belanja online, beli token listrik, bayar tagihan air, buka facebook, twitter, browsing internet dan sebagainya.

Ilustrasi di atas hanya sedikit contoh dari kehidupan orang modern yang sangat bergantung pada smartphone. Jika baterainya cepat habis maka akan repot. Berikut ini beberapa tips untuk menghemat baterai smartphone agar aktivitas anda tidak terganggu karena smartphone habis baterai.

1. Atur Tingkat Kecerahan Layar

Salah satu yang menguras daya baterai smartphone adalah layar, semakin kecil tingkat kecerahan (brightness) layar maka akan semakin hemat baterai. Pengaturan tingkat kecerahan layar biasanya dapat kita akses melalui tray yang ditarik dari bagian atas smartphone, atau akses dari menu utama Setting - Display - Brightness. Geser ke mode yang paling rendah jika sedang berada dalam ruangan, sesuaikan agar anda tetap bisa melihatnya. Anda bisa juga mengaturnya dengan mode otomatis (adaptive brightness).

2. Gunakan Wallpaper statis

Wallpaper yang bergerak memang indah dilihat namun sudah pasti lebih boros baterai karena layar selalu  aktif. Pilih wallpaper yang statis alias tidak bergerak baik untuk di home screen ataupun di lock screen agar lebih hemat baterai.

3. Battery Saver Mode

Anda dapat menyalakan battery saver mode agar smartphone anda menyala lebih lama. Mode hemat baterai ini biasanya menggunakan layout home screen yang sangat minimalis, dan membatasi jumlah aplikasi yang dapat dijalankan.

Berikut ini caranya:
- masuk ke menu setting, pilih "Battery".
- pilih menu "battery saver" atau "ultra power saving mode", tergantung dari merk smartphone anda. Pada beberapa merk, anda harus membuka menu terlebih dahulu yang biasanya ada di posisi kanan atas layar, dengan icon tiga buah titik.
- pindahkan saklarnya ke "ON", maka tampilan layar akan berubah menandakan mode hemat baterai telah dinyalakan..
- beberapa model/ merk smartphone tertentu menyediakan menu "otomatis" untuk battery saver mode. anda bisa pilih "Turn On Automatically" dan pilih "at 5% battery" atau "at 15% battery".

Untuk menghemat baterai pada dasarnya adalah mengurangi jumlah aplikasi yang berjalan, selain 3 cara di atas. Jika anda menemukan kondisi baterai tidak bertahan setengah hari padahal biasanya bisa sampai malam, kemungkinan ada aplikasi yang berjalan di belakang (tersembunyi) atau ada fitur yang lupa dimatikan.

Cek aplikasi yang berjalan di belakang layar dengan menggunakan Smart Manager, pilih menu Background Apps, anda dapat melihat beberapa aplikasi yang sedang berjalan. Matikan aplikasi-aplikasi tambahan yang tidak ada kaitannya dengan operating system. Cara lain, cukup mengecek apakah GPS/ location anda menyala atau tidak, karena GPS ini sangat menguras baterai.

Demikian tips untuk menghemat baterai smartphone anda.
Semoga bermanfaat!

Thanks for reading & sharing Guidance and Tips

Previous
« Prev Post

2 comments:

Translate to Your Language