Home » , » GUIDANCE: Cara Membaca Spesifikasi Handphone/ Smartphone Part 1

GUIDANCE: Cara Membaca Spesifikasi Handphone/ Smartphone Part 1

telepon, telepon pintar, tablet
Berbagai macam bentuk dan spesifikasi handphone dan smart phone

Pernahkah anda mengalami hal ini:
Ketika anda memutuskan akan membeli handphone baru, kemudian browsing dengan keyword "spesifikasi ....merk.....model....tahun....". Kemudian anda sampai ke halaman spesifikasi handphone, dan menemukan berbagai macam istilah yang entahlah itu artinya apa.

Berikut ini saya akan sharing beberapa penjelasan dari istilah yang biasanya muncul di spesifikasi handphone. Penjelasan disini jauh dari pengertian ilmiah, hanya pengertian secara umum yang dipahami oleh orang awam seperti saya.
Contoh spesifikasi di bawah ini adalah Smartphone seharga dibawah 2 jutaan.

1. Network Technology : GSM / HSPA / LTE
2G bands GSM 850 / 900 / 1800 / 1900
3G bands HSDPA 850 / 900 / 1900 / 2100
4G bands LTE band 1(2100), 3(1800), 5(850), 7(2600), 8(900), 20(800)


teknologi jaringan
Penjelasan:
Teknologi jaringan yang dipunyai oleh telepon tersebut, apakah itu GSM (singkatan dalam bahasa inggris, Global System for Mobile Communications, adalah salah satu standar sistem komunikasi nirkabel), HSPA (kecepatan data lebih cepat daripada 2G) berada di jaringan 3G, ataukah LTE (kecepatan data yang lebih cepat dari HSPA) dan berada di jaringan 3G. Saat ini teknologi yang paling cepat adalah LTE, ada juga yang bilang sekarang sudah mencapai teknologi 4.5G.


2. Speed HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE Cat4 150/50 Mbps
Penjelasan:
Menunjukan kecepatan maksimal yang bisa diraih oleh smartphone tersebut dalam jaringan tertentu, ditunjukan dalam satuan Mbps (megabyte per second)


3. GPRS Yes ; EDGE Yes
Penjelasan:
GPRS singkatan dalam bahasa inggris, General Packet Radio Service (GPRS) adalah layanan mobile data yang berorientasi pada sistem global 2G dan 3G sistem komunikasi seluler untuk komunikasi mobile (GSM).
EDGE singkatan dalam bahasa inggris, Enhanced Data rates for GSM Evolution, merupakan teknologi pengembangan dari GSM dan IS-136. Pengembangan ini ditujukan untuk meningkatkan kecepatan transmisi data, dan memungkinkan penggunaan aplikasi-aplikasi baru serta meningkatkan kapasitas.
Singkatnya, dapat diartikan seperti ini, jika GPRS dan EDGE tertulis YES, maka handphone anda tidak hanya dapat digunakan untuk telepon dan SMS, tetapi juga mengirim dan menerima paket data, yang dapat digunakan untuk browsing, running aplikasi, dan sebagainya.


4. LAUNCH Announced 2015, September
Status Available. Released 2015, September
Penjelasan:
Menunjukan kapan smartphone tersebut dirilis oleh brand, dan masih diproduksi serta beredar di negara tertentu. Jika anda menemukan statusnya discontinued, artinya itu sudah tidak diproduksi lagi.


5. BODY Dimensions 136.5 x 69 x 8.4 mm (5.37 x 2.72 x 0.33 in)
Weight 129 g (4.55 oz)


Telepon pintar
Smartphone


Penjelasan:
Ukuran dan berat smartphone tersebut. Dimensi ditunjukan dengan satuan milimeter (1cm = 10mm). Ada juga yang menggunakan Inch (1inch = 2.54cm). Berat smartphone ditunjukan dengan satuan gram atau oz (1oz =  28.3495gram).


6. SIM Single SIM (Micro-SIM) or Dual SIM (Micro-SIM, dual stand-by)
Penjelasan:
Kapasitas smartphone simcard dan ukuran simcard (biasa atau micro sim), apakah hanya bisa satu SIMcard, atau dua SIMcard. Jika bisa dua simcard apakah bisa stand-by dua-duanya atau hanya salah satu saja.


7. DISPLAY Type Super AMOLED capacitive touchscreen, 16M colors
Penjelasan:
Tipe display pada layar handphone anda, berikut ini kategorinya:

1. Layar LCD
Liquid Crystal Display, layar jenis ini sangat banyak dipakai di perangkat ponsel, sangat ideal untuk smartphone, bisa tampil cukup baik di bawah sinar matahari langsung,seluruh tampilan diterangi oleh cahaya dari latar belakang. Berikut ini jenisnya:

- Layar Monochrome
Layar yang hanya dapat menunjukan dua warna, yaitu hitam dan putih. Biasanya ada pada handphone jaman dulu. Pertama kali handphone tercipta memakai layar jenis LCD Monochrome ini. Layar jenis ini masih dipakai juga pada kalkulator dan jam digital. Salah satu kelebihan yang paling menonjol dari handphone dengan layar jenis ini adalah konsumsi daya yang sangat rendah, sehingga baterai akan bertahan sangat lama.

- Layar STN/ CSTN LCD
Jenis layar berwarna pertama setelah monokrom yaitu STN (Super Twisted Nematic). Layar ini merupakan pengembahangan dari monokrom maka memiliki kekurangan-kekurangan, diantaranya kualitas tampilan kurang optimal dan respon lambat. Kemudian dikembangkan menjadi CSTN (Color Super Twisted Nematic), layar ini memiliki respon dan ketajaman warna yang lebih baik dibanding layar STN sehingga mendekati kemampuan layar TFT.

- Layar TFT LCD
Singkatan dari bahasa inggris, Thin Film Transistor, merupakan jenis layar LCD yang menawarkan kualitas yang lebih baik, resolusi lebih tinggi, gambar yang lebih tajam jika dibandingkan dengan generasi layar sebelumnya. Kelemahannya adalah sudut pandang dan visibilitas yang sempit ketika langsung terkena cahaya atau sinar matahari, serta konsumsi daya yang besar.


- Layar IPS LCD
Singkatan dari bahasa inggris, In Place Switching, tampilan dan sudut pandang lebih baik dari layar TFT, konsumsi daya yang lebih hemat dari TFT, dan daya tahan yang lebih baik.

2. Layar LED
Light Emitting Diode, berikut ini variasinya:

- Layar OLED
Singkatan dari bahasa inggris, Organic Light Emitting Diode, teknologi yang memiliki lapisan bahan organik, berbasis karbon, berada di antara dua lapisan yang disebut anoda dan katoda. Kualitas jauh lebih baik jika dibandingkan dengan LCD, konsumsi daya kecil, kecerahan yang lebih tinggi, warna yang jauh lebih tajam, respon yang lebih cepat, dan berat sangat ringan.

- Layar AMOLED
Singkatan dari bahasa inggirs, Active Matrix Organic Light Emitting Diode, layar ini mempunyai semua kelebihan yang dimiliki OLED namun jauh lebih responsif.

- Layar Super AMOLED
Singkatan dari bahasa inggris, Super Active Matrix Organic Light Emitting Diode, tipe layar ini dikembangkan oleh brand Samsung untuk smartphone layar sentuhnya. Layar super amoled ini lebih tipis, dan lebih responsif jika dibandingkan dengan tipe amoled lainnya.


8. Size 4.7 inches (~64.7% screen-to-body ratio)
Penjelasan:
Ukuran smartphone tersebut, ditunjukan dalam satuan inch (1inch = 2.54cm). screen to body ratio maksudnya adalah ratio besaran layar aktif terhadap body smartphone, jika rationya adalah ~100% maka dipastikan seluruh penampakan smartphone adalah layar yang aktif.


9. Resolution 540 x 960 pixels (~234 ppi pixel density)
Penjelasan:
Resolusi layar lebar kali tinggi dalam satuan pixel. Kerapatan antar pixelnya ditunjukan dengan ppi (pixel per inch). PPI menunjukan banyaknya piksel dalam satu inchi. Semakin besar ppi maka semakin jernih pula layar tersebut. PPI cukup berpengaruh pada kualitas gambar/video yang ditampilkan.


10. Multitouch Yes

Penjelasan:
Multitouch merupakan kemampuan layar sentuh dalam merespon lebih dari satu titik sentuhan jari secara bersamaan. Pengoperasian layarnya dapat menggunakan lebih dari 1 jari, dan lebih dari satu cara.


11. PLATFORM OS Android OS, v5.1.1 (Lollipop)
Penjelasan:
Keterangan ini menunjukan Operating System (OS) smartphone anda. Misalnya untuk smartphone ini memakai OS Android Lollipop Versi 5.1.1. Saat tulisan ini dibuat OS android sudah mencapai versi M yaitu android Marshmallow


12. Chipset Exynos 3475 Quad
Penjelasan:
Chipset merupakan suatu kumpulan microchip yang biasanya ada di motherboard/ mainboard yang dirancang agar dapat melakukan suatu fungsi tertentu dalam sistem. Fungsi umumnya adalah mengatur aliran data diantara komponen-komponen lain yang terpasang di motherboard yang sama. Semakin baru chipsetnya biasanya semakin bagus dan semakin mahal.


13. CPU Quad-core 1.3 GHz Cortex-A7
Penjelasan:
Singkatan dari bahasa inggris, Central Processiong Unit, adalah perangkat keras yang berfungsi sebagai otak, untuk menerima dan melaksanakan perintah dari perangkat lunak. CPU ini menyampaikan perintah dari perangkat lunak dan mengaturnya dalam sistem agar perintah itu terlaksana.

Pada dasarnya semakin banyak CPU maka semakin bagus, terlepas dari kualitas masing-masing vendor CPU dan kualitas bahan CPU. Spesifikasi smartphone yang dijadikan contoh ini memiliki 4 inti CPU Cortex A7 (Quad-Core) dengan masing-masing kemampuannya sebesar 1.3 GHz. Satu hal yang perlu menjadi catatan adalah walaupun CPU berfungsi sebagai otak tetapi tidak menjadi tolak ukur tunggal dalam menentukan kecepatan sebuah smartphone android. Kecepatan smartphone ditentukan dari kinerja sistem secara keseluruhan, kompatibilitas rangkaian sistem hardware dan software-nya, kompatibilitas antar komponen, serta keseimbangan dan kestabilan sistem.


14. GPU Mali-T720
Penjelasan:
Singkatan dari bahasa inggris, Graphic Processing Unit, dapat juga disebut dengan VPU (Visual Processing Unit), merupakan sebuah processor yang dikhususnya untuk processing data grafis/ 3D. GPU digunakan di setiap perangkat yang menggunakan layar, seperti smartphone, PC, Notebook, konsol game, workstation dan sebagainya. GPU berbagai macam seperti Mali, Power VR dan Adreno, masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan. Smartphone yang dijadikan contoh ini menggunakan GPU Mali-T720.

Demikian cara membaca spesifikasi handphone/ smartphone part 1, semoga bermanfaat dan membantu anda ketika memutuskan akan membeli smartphone yang baru.

Cara Membaca Spesifikasi Handphone/ Smartphone Part 2

Thanks for reading & sharing Guidance and Tips

Previous
« Prev Post

0 comments:

Posting Komentar

Translate to Your Language