Home » , » TIPS Terbaik untuk Merawat Baterai LiPo Agar Lebih Awet #Airsoftgun

TIPS Terbaik untuk Merawat Baterai LiPo Agar Lebih Awet #Airsoftgun

lipo
Baterai LiPo

Baterai LiPo (Lithium Polymer), merupakan jenis baterai yang banyak dipakai untuk jenis hobi Radio Control (RC) dan airsoft gun (Ersop). LiPo bukanlah baterai tercanggih, namun memiliki banyak kelebihan daripada tipe baterai lainnya. Jika dibandingkan dengan jenis baterai lain, baterai Lipo termasuk jenis baterai yang agak repot perawatannya. Kesalahan dalam perawatan dapat berakibat buruk, mungkin baterai gembung, mati sama sekali, atau bisa juga meledak.

Berikut ini beberapa tips terbaik untuk merawat baterai Lipo agar umurnya lebih panjang. Tips-tips ini terbukti ampuh dalam merawat baterai lipo.

TIPS 1 : PILIH MERK YANG DIREKOMENDASIKAN BANYAK ORANG

Baterai dengan merk terkenal tentu harganya akan lebih mahal. Namun untuk urusan baterai anda tidak usah khawatir, karena baterai bermerk biasanya sudah teruji baik.

Terkadang kapasitas yang tertera pada kemasan tidak sesuai dengan kapasitas sebenarnya. Ada yang lebih kecil ada juga yang lebih besar. Namun untuk baterai bermerk, saat kondisi baru perbedaannya tidak terlalu signifikan, artinya apa yang tertera pada label mendekati kondisi sebenarnya. Baterai murahan biasanya perbedaannya jauh, jika tertera 4000 mAh kadang kapasitas sebenarnya tidak sampai 1000 mAh.

Jika pun akan memakai baterai murah, pilih baterai yang mempunyai merk sendiri, bukan baterai KW. Misalnya ada baterai lipo baru merk "maung", lebih baik menggunakan ini ketimbang memakai baterai Turnigy KW yang kemungkinan dibuat dari sel bekas. Perbedaannya jelas, baterai bermerk tapi murah, bukan baterai merk terkenal tapi palsu, KW atau abal-abal.

Anda dapat mengukur kapasitas baterai, khususnya yang masih baru, dengan menggunakan Balance Charger/ Digital Balance Charger, seperti SkyRC Imax B6, Turnigy, dan sebagainya.


TIPS 2 : ISI ULANG BATERAI DENGAN BENAR DAN TEPAT

Berikut ini cara mengisi baterai lipo dengan benar dan tepat:

1. Selalu awasi baterai saat pengisian daya. Jangan pernah meninggalkan baterai lipo saat diisi ulang, ditinggal tidur atau ditinggal pergi. Ini akan meningkatkan resiko baterai rusak karena over charge, atau lebih buruk baterai meledak dan menyebabkan kebakaran.

2. Isi ulang dengan menggunakan Digital Balance Charger, atau charger khusus baterai lipo. Usia pemakaian baterai lipo salah satunya ditentukan oleh charger yang anda pakai. Ingat di artikel sebelumnya disebutkan bahwa tegangan maksimum satu sel baterai lipo adalah 4.2 Volt, maka gunakan charger yang baik dengan tidak melebihi tegangan maksimum.

3. Berapapun tingkat charge baterai anda, sebaiknya tetap diisi di tinggat 1C kurang. Seperti pada contoh gambar di atas terdapat keterangan 2C yang diceklis, ini artinya batas maksimal arus yang dapat digunakan untuk mengisi ulang baterai, yaitu 2 kali dari 1100 mA, yaitu 2.2 Ampere. Tetaplah isi ulang dengan arus tidak melebihi 1C, untuk baterai ini adalah 1,1 Ampere.

Walaupun charger anda canggih sekali dan memungkinkan untuk mengatur tingkat pengisian daya hingga 5C, cara yang tepat tetap pada 1C atau kurang. Pasokan energi ke dalam baterai akan lebih lambat, dan membuatnya lebih stabil, serta memungkinkan baterai anda akan hidup lebih lama.

4. Saat isi ulang, pastikan pengaturan balance chargernya tepat. Atur jenis baterainya, jumlah selnya yang tepat, agar proses charging lebih baik dan tepat.

5. Istirahatkan baterai setelah dipakai setidaknya selama 20 menit. Baterai lipo jangan langsung diisi ulang setelah dipakai. Diamkan dulu sampai suhunya menurun, tidak hangat ataupun panas.

6. Jangan mengisi baterai yang sudah rusak. Jika baterai sudah membengkak, sudah tidak ada tanda-tanda kehidupan lagi, sebaiknya tidak usah di charge.

7. Simpan baterai lipo pada suhu ruang atau dingin wajar. Jangan dijemur, jangan juga disimpan di dekat benda-benda yang menghantarkan panas. Pada suhu panas baterai lipo dapat membengkak dengan sendirinya. Atau jika anda punya budget lebih, bisa menggunakan safety bag khusus baterai lipo. Tas khusus ini tahan api dan akan melindungi anda dari bahaya ledakan baterai lipo, serta menjaga kondisi lingkungan yang baik untuk baterai lipo itu sendiri.

8. Gunakan LiPo Buzzer jika memungkinkan. Lipo buzzer adalah alat untuk mendeteksi sel baterai yang aktif dan mendeteksi keseimbangan voltase baterai. Alat ini juga dapat digunakan untuk memberikan peringatan suara ketika daya dalam baterai sudah habis. Buzzer ini kebanyakan dipakai pada hobi RC dan modelling, tidak banyak dipakai dalam airsoft gun. Namun apa salahnya menggunakan alat kecil dan murah ini, agar membantu anda mengawasi pemakaian baterai lipo.


TIPS 3 : PILIH BATERAI DENGAN KAPASITAS DISCHARGE YANG BESAR

Kapasitas discharge yang besar artinya semakin besar pula beban yang dapat diterima oleh baterai. Sel baterainya pun akan lebih awet dan tahan lama. Namun tetap disesuaikan dengan kebutuhan airsoft anda, walau bagaimanapun baterai yang cocok adalah baterai yang kompatibel dengan komponen lain di dalam airsoftgun anda.


Demikian tips terbaik untuk merawat baterai lipo agar lebih awet. Jika dirawat dengan benar tentu umur baterainya akan lebih lama, mungkin juga bertahun-tahun. Simak juga artikel Cara Membaca Spesifikasi Baterai Lipo.

Thanks for reading & sharing Guidance and Tips

Previous
« Prev Post

1 comments:

  1. terimakasih atas informasinya, jangan lupa kunjungi kami di http://aromaessen.com/essen-kilo-gebrus-bawal/

    BalasHapus

Translate to Your Language