Home » , » CARA Menggunakan Charger Baterai LiPo #Airsoftgun

CARA Menggunakan Charger Baterai LiPo #Airsoftgun

balance charger
Professional Balance Charger/ Discharger (Sumber gambar www.skyrc.com)

Charger baterai LiPo yang anda gunakan turut menentukan umur baterai anda tersebut. Oleh karena itu, sangat penting mengetahui cara menggunakan charger untuk baterai lipo. Di samping kelebihan yang dimiliki oleh baterai lipo, perawatan dan penggunaannya harus disertai pengetahuan yang mumpuni.

Tidak semua charger kompatibel dengan baterai lipo. Charger yang kompatibel pun, apabila tanpa pengawasan atau penggunaan tidak tepat, dapat menyebabkan baterai lipo anda rusak, kembung atau meledak. Coba simak artikel yang berkaitan ini:
CARA Tepat menggunakan baterai lipo

Umur baterai lipo yang dirawat dan digunakan dengan baik bisa bertahun-tahun. Salah satu cara untuk merawat baterai lipo ini dengan menggunakan charger yang sesuai. Cukup banyak charger di pasaran, dari yang murah tapi bagus, standar, abal-abal/ KW sampai dengan yang mahal. Sampai dengan saat ini, cukup banyak yang memilih dan menyarankan balance charger produksi SKYRC, khususnya model Imax B6 Mini. Banyak yang menilai charger imax B6 mini ini adalah yang terbaik dari segi kinerja, harga, dan umur charger.

Spesifikasi Imax B6 Mini dapat dibilang sudah lengkap. Ukurannya lebih kecil dibandingkan B6 pendahulunya, powernya lebih besar, serta bisa dihubungkan ke PC untuk upgdare firmware. Beratnya hanya 233 gram, ukuran compact hanya sebesar telapak tangan orang dewasa, tegangan input 11-18 Volt, maksimum charge 60W, maksimum discharge 5W.

Charger ini juga mendukung semua baterai Lipo 1S hingga 6S. Tidak hanya Lipo, charger ini juga kompatibel dengan jenis baterai lain, seperi LiFe, LiIon, NiMH dan NiCd. Fitur lain dari charger ini adalah adanya pilihan untuk menambahkan modul wifi agar user bisa monitor langsung proses charging dari smartphone/ PC. Selain itu, ada juga sensor suhu sehingga aman, jika baterai terlalu panas proses charging akan berhenti.

Cara yang benar mengisi baterai lipo menggunakan balance charger:

1. Selalu awasi baterai saat pengisian daya. Jangan pernah meninggalkan baterai lipo saat diisi ulang, ditinggal tidur atau ditinggal pergi. Ini akan meningkatkan resiko baterai rusak karena over charge, atau lebih buruk baterai meledak dan menyebabkan kebakaran. Walaupun charger anda canggih sekali, memiliki fitur safety yang baik, namun tidak bijak jika anda meninggalkan prosesnya.

2. Isi ulang dengan menggunakan Digital Balance Charger, atau charger khusus baterai lipo. Usia pemakaian baterai lipo salah satunya ditentukan oleh charger yang anda pakai. Ingat di artikel sebelumnya disebutkan bahwa tegangan maksimum satu sel baterai lipo adalah 4.2 Volt, maka gunakan charger yang baik dengan tidak melebihi tegangan maksimum.

3. Berapapun tingkat charge baterai anda, sebaiknya tetap diisi di tinggat 1C kurang. Walaupun charger anda canggih sekali dan memungkinkan untuk mengatur tingkat pengisian daya hingga 5C, cara yang tepat tetap pada 1C atau kurang. Pasokan energi ke dalam baterai akan lebih lambat, dan membuatnya lebih stabil, serta memungkinkan baterai anda akan hidup lebih lama.

4. Saat isi ulang, pastikan pengaturan balance chargernya tepat. Atur jenis baterainya, jumlah selnya yang tepat, agar proses charging lebih baik dan tepat. Pada charger yang canggih, biasanya disediakan soket/ plug yang berbeda untuk baterai 2S, 3S, 4S, 5S, dan 6S. Sehingga meminimalisir kesalahan karena salah menyambungkan konektor.

5. Istirahatkan baterai setelah dipakai setidaknya selama 20 menit. Baterai lipo jangan langsung diisi ulang setelah dipakai. Diamkan dulu sampai suhunya menurun, tidak hangat ataupun panas.

6. Jangan mengisi baterai yang sudah rusak. Jika baterai sudah membengkak, sudah tidak ada tanda-tanda kehidupan lagi, sebaiknya tidak usah di charge.

7. Simpan baterai lipo pada suhu ruang atau dingin wajar. Jangan dijemur, jangan juga disimpan di dekat benda-benda yang menghantarkan panas. Pada suhu panas baterai lipo dapat membengkak dengan sendirinya. Atau jika anda punya budget lebih, bisa menggunakan safety bag khusus baterai lipo. Tas khusus ini tahan api dan akan melindungi anda dari bahaya ledakan baterai lipo, serta menjaga kondisi lingkungan yang baik untuk baterai lipo itu sendiri.

8. Gunakan LiPo Buzzer jika memungkinkan. Lipo buzzer adalah alat untuk mendeteksi sel baterai yang aktif dan mendeteksi keseimbangan voltase baterai. Alat ini juga dapat digunakan untuk memberikan peringatan suara ketika daya dalam baterai sudah habis. Buzzer ini kebanyakan dipakai pada hobi RC dan modelling, tidak banyak dipakai dalam airsoft gun. Namun apa salahnya menggunakan alat kecil dan murah ini, untuk membantu anda mengawasi pemakaian baterai lipo.


Berikut ini cara menggunakan Balance Charger Imax Mini B6:

PERSIAPAN KONEKSI

1) Hubungkan Charger ke sumber listrik rumah

Hubungkan SKYRC B6 mini dengan AC Adapter atau catu daya AC / DC dengan menggunakan kabel input DC. Anda dapat juga menghubungkannya langsung kepada baterai mobil 12V dengan menggunakan klip.

Anda dapat menggunakan baterai mobil 13.8V yang terisi penuh atau AC Adaptor yang berkualitas tinggi yang mempunyai DC output berkisar 11-18 Volt dengan rating minimum arus 6A untuk mendapatkan kinerja terbaik.

2) Menghubungkan baterai

Penting!!! Sebelum menghubungkan baterai, sangat penting untuk memeriksanya terakhir kali bahwa Anda telah mengatur parameter dengan benar. Jika pengaturannya salah, baterai mungkin rusak, dan bahkan bisa terbakar atau meledak. Untuk menghindari sirkuit pendek antara busi pisang, selalu hubungkan muatan mengarah ke pengisi daya terlebih dahulu, dan baru kemudian ke baterai. Urutannya terbalik saat akan memutuskan charger.

3) Balance socket

Kabel balance yang terpasang pada baterai harus dihubungkan ke pengisi daya dengan posisi kabel hitam sejajar dengan tanda negatif. Berhati-hatilah untuk memasangnya pada polaritas yang benar (Lihat gambar di bawah ini.). Diagram ini menunjukkan cara yang benar untuk menghubungkan baterai Anda dengan SKYRC B6 Mini saat pengisian dalam mode program charge balance.

lipo
Cara menghubungkan baterai dengan balance charger



Hubungkan kabel seperti di gambar ini, untuk menghindari korsleting antara lead charge, selalu sambungkan kabel charge ke pengisi daya terlebih dulu, baru kemudian sambungkan baterai. Urutannya terbalik saat akan memutuskan hubungan.




PERSIAPAN MENGISI DAYA

Sebaiknya pahami diagram menu pemrograman charger ini sebelum mengoperasikannya. Ada dua cara untuk mengatur pengisi daya:

1. Fitur Memory Profile tersedia untuk mengatur dan menyimpan informasi mengenai 10 baterai yang berbeda. Memori tersebut menyimpan pengaturan yang berbeda dari masing-masing baterai dan akan tersimpan sampai diganti lagi secara manual. Anda tinggal recall memori tersebut dan tidak usah selalu melakukan pengaturan setiap saat akan mengisi ulang baterai yang sama.

2.Jika Anda tidak ingin menggunakan memori baterai, charger ini dapat diatur secara manual sebelum penggunaan.

Berikut ini langkah-langkahnya, semua berdasarkan pengaturan manual:

B6 Mini charger manual
Cara mengoperasikan balance charger

BATT/PROGRAM Select
Tekan INC dan DEC melewati semua program dan tekan START/ENTER untuk memasuki program LiPo BATT.




Mode Select
Tekan INC dan DEC melewati semua mode dan tekan START/ENTER untuk memasuki program LiPo Balance Charge Mode.



Battery Setting
Tekan START/ENTER, nilai arus akan mulai berkedip seperti ditunjukan pada gambar. Tekan INC dan DEC untuk merubah nilainya dan tekan STAR/ENTER untuk mengkonfirmasi pengaturan.

Pada waktu yang sama, angka yang menunjukan jumlah sel baterai akan mulai berkedip, tekan INC dan DEC untuk merubah nilainya dan tekan START/ENTER untuk mengkonfirmasi pengaturan.



Program Start
Tekan dan tahan START/ENTER selama 3 detik untum memulai program.



Charger sedang mendeteksi sel baterai.


R menunjukan jumlah sel baterai yang terdeteksi oleh charger dan S adalah jumlah sel baterai yang anda masukan pada menu sebelumnya. Jika angkanya tidak sama, tekan STOP untuk kembali ke menu sebelumnya, untuk mengecek ulang jumlah sel baterai sebelum melanjutkan mengisi daya.


R menunjukan jumlah sel baterai yang terdeteksi oleh charger dan S adalah jumlah sel baterai yang anda masukan pada menu sebelumnya. Jika angkanya sama, tekan START/ENTER untuk memulai proses mengisi daya.



Charging Status Monitor
Saat proses mengisi daya, status akan ditunjukan secara real time di layar sebelah kiri.



Jika anda ingin menghentikan proses mengisi daya, tekan tombol STOP. Ketika proses mengisi daya sudah selesai akan terdengar suara. Pada buku manualnya akan tertera cara menggunakan fitur memori baterai, cara memasukan memori, cara call out memory, diagram charger, anatomi charger, pesan yang mungkin muncul saat proses isi daya, dan sebagainya.

Demikian cara menggunakan balance charger baterai lipo, khususnya balance charger SKYRC model Imax B6 Mini. Semoga bermanfaat!

Sumber:
skyrc.com
wikipedia.com

Thanks for reading & sharing Guidance and Tips

Previous
« Prev Post

1 comments:

Translate to Your Language