Home » , » GUIDANCE: Cara Membuat Privacy Policy dengan Mudah

GUIDANCE: Cara Membuat Privacy Policy dengan Mudah

Privacy Policy adalah sebuah dokumen yang menjelaskan beberapa informasi mengenai pengelolaan blog atau situs, oleh karena itu laman privacy policy ini wajib dipunyai oleh blogger/ pemilik situs yang berniat masuk ke bisnis online. Privacy policy ini dapat anda buat sendiri sesuai dengan ketentuan, namun karena cukup merepotkan, banyak yang memakai jasa pembuatan privacy policy secara online dan gratis.

Jika anda menemukan banyak privacy policy di blog/ situs lain menggunakan bahasa inggris, artinya blogger/ pemiliki situs tersebut menggunakan jasa pembuatan privacy policy berbahasa inggris. Seperti yang akan dijadikan contoh berikut ini, yang menggunakan situs privacypolicyonline untuk membuat privacy policy.


Berikut ini langkah-langkahnya:
1. Buka web privacy policy online, dan isi form seperti di bawah ini:

Kebijakan Privasi
Privacy Policy 

Isi semua yang dibutuhkan untuk privacy policy:
- Your Site Title, isi  dengan nama blog Anda
- Your Site URL, isi dengan alamat blog Anda dibawahnya
- Contact link, isi dengan halaman Contact Us yang telah Anda buat. Oleh karena itu, ada harus membuat Laman Contact Us terlebih dahulu sebelum membuat ptiva
- Email address, isi dengan alamat email Anda (email yang anda gunakan untuk blog)
- Cookies, pilih "Yes, My Site uses cookies"
- Advertisers on your site, pilih layanan iklan yang anda pakai, jika awal-awal cukup Google Adsense, seandainya anda sudah deal dengan suatu advertiser tertentu, tinggal ditambahkan.

2. Klik Generate Policy, maka akan muncul privacy policy anda, seperti berikut ini contohnya:

Kebijakan Privacy
Generated Policy

3. Setelah anda mendapatkan skrip privacy policy, anda dapat langsung copy-paste ke laman privacy policy blog anda (menu compose), namun biasanya agak sedikit berantakan. Oleh karena itu, dianjurkan untuk "generate HTML for this page", setelah itu anda akan mendapatkan privacy policy dalam bentuk HTML, ini yang sebaiknya anda copy.

4. Selanjutnya, buka dashboard blog anda, masuk ke Laman Baru, beri judul "Privacy Policy" atau judul lain yang sesuai. Pilih yang bagian HTML, kemudian paste privacy policy yang tadi anda copy. Jika anda mendapatkan notifikasi, "Laman ini berisi sumber daya HTTP yang dapat....", untuk mengatasinya, cara termudah adalah save privacypolicyseal.png di drive anda kemudian upload secara manual.

HTTPS
Notifikasi kesalahan karena adanya campuran HTTP dan HTTPS

5. Langkah selanjutnya tinggal anda publikasikan.

Terima kasih, demikian cara membuat privacy policy dengan mudah.
Semoga bermanfaat

Thanks for reading & sharing Guidance and Tips

Previous
« Prev Post

0 comments:

Posting Komentar

Translate to Your Language