Home » , , » GUIDANCE: Cara Meningkatkan Reputasi dalam Dunia Online

GUIDANCE: Cara Meningkatkan Reputasi dalam Dunia Online

Reputasi Online Melalui Social Media
Online Reputation Through Social Media
Media Sosial online saat ini dapat dengan mudah menjatuhkan ataupun menaikan reputasi. Saya pernah bekerja di sebuah perusahaan retail makanan yang benar-benar menjaga reputasinya di media, terutama media sosial. Jika ada satu keluhan customer yang diposting di media sosial (facebook, twitter, atau lainnya) bisa jadi heboh seketika dalam internal perusahaan. Sebegitu pentingnya sebuah reputasi dalam menentukan sebuah bisnis berjalan dengan baik atau tidak. Satu keluhan pelanggan atau ulasan buruk dapat menghilangkan pelanggan atau konsumen potensial, artinya hilang sales jutaan sampai ratusan juta rupiah.

Pengelolaan reputasi online ini sangat penting. Jika anda masih belum terpikirkan tentang hal ini, maka sudah saatnya anda mulai berubah dan pikirkan apa yang sebaiknya dilakukan untuk meningkatkan reputasi online. Menurut "Cone Online Influence Trend Tracker survey" tahun 2011, sebanyak 87% konsumen mengatakan ulasan positif online sebuah produk turut menentukan keputusan konsumen dalam membeli produk. Tengok web marketplace besar sudah pasti ada fasilitas review (ulasan) produk yang dijualnya. Survei lain, "Microsoft Cross-Tab survey" tahun 2010 menemukan hasil yang sama namun dalam bidang Sumber Daya Manusia, sebanyak 85% mengatakan bahwa reputasi online mempengaruhi pengambilan keputusan mengenai karyawan yang akan direkrutnya.

Berikut ini cara untuk meningkatkan reputasi online anda:

1. Buat profil di media sosial populer seperti facebook, twitter, linkedin, instagram dan sebagainya. Cerdaslah dalam posting sesuatu, tidak mengedepankan emosi, tidak menghujat, dan akan lebih bijak jika tidak sharing secara detail setiap aktivitas yang anda lakukan.

2. Ikut berpartisipasi aktif dalam komunitas online. Saat ini cukup banyak komunitas online, mulai dari komunitas olahraga, hobi, minat, profesi dan sebagainya. Share sesuatu yang berguna di dalam komunitas tersebut.

3. Publikasikan review/ ulasan positif dari pelanggan atau klien yang puas. Semakin banyak ulasan positif maka akan semakin baik.

4. Jika anda blogger, perbanyaklah blog walking, berikan komentar positif jika anda menyukai artikel tertentu.

5. Rajinlah memantau media sosial atau pihak lain yang menyebutkan nama anda atau bisnis anda, sebagai bagian dalam mengelola reputasi online.

6. Gunakan Search Engine Optimization untuk memastikan yang muncul pertama adalah hal yang positif mengenai anda atau bisnis anda.

7. Google nama anda/ bisnis anda untuk melihat apa yang orang katakan, lihat yang pertama muncul. Jika lebih banyak konten positif maka pertahankan, namun jika lebih banyak konten negatif anda harus segera melakukan sesuatu.

Reputasi online ini sangat penting, tengok beberapa orang yang sempat menggegerkan dunia maya karena kelakuannya yang nyeleneh. Bagi anda yang aktif di media sosial pasti hapal namanya.

Thanks for reading & sharing Guidance and Tips

Previous
« Prev Post

0 comments:

Posting Komentar

Translate to Your Language