Home » , » GUIDANCE: Cara Membaca Spesifikasi Handphone/ Smartphone Part 2

GUIDANCE: Cara Membaca Spesifikasi Handphone/ Smartphone Part 2

telepon, telepon pintar, tablet
Berbagai macam bentuk dan spesifikasi handphone dan smart phone


Berikut ini saya akan sharing beberapa penjelasan dari istilah yang biasanya muncul di spesifikasi handphone. Penjelasan disini jauh dari pengertian ilmiah, hanya pengertian secara umum yang dipahami oleh orang awam seperti saya.
Contoh spesifikasi di bawah ini adalah Smartphone seharga dibawah 2 jutaan.
Artikel ini merupakan lanjutan Cara Membaca Spesifikasi Handphone/ Smartphone Part 1

1. MEMORY Card slot microSD, up to 256 GB (dedicated slot)
Memory card disini maksudnya adalah slot storage tambahan yang dapat dimasukan ke HP. Spesifikasi HP ini dapat dimasukan kartu memori tambahan dengan jenis microSD kapasitas sampai dengan 256 GB. Sementara itu, dedicated slot adalah slot yang bisa dipakai dalam waktu bersamaan, artinya slot ini memang khusus dialokasikan untuk penambahan memori/ storage. Dalam HP dual sim, biasanya tersedia 3 slot, 2 slot khusus untuk simcard, 1 slot lagi untuk microSD/ tambahan storage.

Jenis slot lainnya adalah hybrid slot, yaitu gabungan fungsi slot menjadi satu, artinya satu slot itu dipakai untuk fungsi storage maka hilang fungsi lainnya. Jika anda memakai HP menggunakan dual sim dan hanya ada dua slot tersedia, maka slot pertama khusus untuk simcard, slot kedua berfungsi untuk simcard 2 atau untuk tambahan storage.

2. Internal 8 GB, 1 GB RAM
Banyak orang yang tertukar antara pengertian memori dan storage, istilahnya pun sering dipakai terbalik. Internal 8 GB artinya adalah storage/ tempat penyimpanan data internal handphone yang tersedia adalah 8GB, sementara 1 GB RAM adalah kapasitas memori RAM, bukan storage/ penyimpanan data permanen. RAM menyimpan data juga, tetapi sifatnya sementara. Jika diandaikan rumah, internal memory adalah gudang rumah anda tempat menyimpan segala sesuatu, sementara RAM adalah ruang tempat kerja anda, dimana anda sebagai prosesornya.

RAM merupakan kepanjangan dari Random Access Memory, memori akses acak, adalah tipe penyimpanan yang isinya dapat diakses dalam waktu yang tetap dan tidak mempedulikan letak data tersebut dalam memori.

Storage adalah tempat penyimpanan data, media yang digunakan untuk menyimpan berbagai jenis data dalam jangka panjang dan pendek, tergantung pengguna. Storage terbagi dua, storage internal dan eksternal.

3. CAMERA Primary 5 MP, f/2.2, autofocus, LED flash, Secondary 2 MP, f/2.2
Keterangan ini merupakan spesifikasi kamera smartphone, dimana untuk smartphone ini kamera utamanya memiliki resolusi 5 MegaPixel, dan kamera kedua (biasanya di depan) resolusi 2MegaPixel, aperture lensa f/2.2, fokus otomatis, memiliki flash berbentuk LED.

Pengertian sederhana aperture adalah sebuah kontrol untuk menentukan seberapa banyak cahaya yang masuk ke sensor kamera melalui bukaan lensa. Saat tombol foto disentuh, aperture menentukan seberapa besar lubang tersebut terbuka, semakin besar maka semakin banyak cahaya masuk.

4. Features Geo-tagging, touch focus, face detection
Geo-tagging merupakan suatu fitur untuk menambahkan identifikasi metadata geografis berbentuk metadata geospasial pada berbagai media termasuk didalamnya foto dan video. Datanya berupa garis lintang dan bujur, ketinggian, jarak dan nama tempat.
Touch Focus adalah titik fokus kamera yang ditentukan oleh sentuhan, titik fokusnya dapat dipilih sesuai keinginan kita. Sementara face detection merupakan sebuah fitur untuk mendeteksi wajah, sehingga secara otomatis titik fokus kamera akan ke wajah.

5. Video 720p@30fps
Smartphone ini dapat merekan video dengan kualitas 30 frame per detik, yaitu jumlah bingkai/ frame yang dapat ditunjukan setiap detik dalam gambar bergerak.


6. SOUND Alert types Vibration; MP3, WAV ringtones, Loudspeaker Yes, 3.5mm jack Yes
Keterangan ini adalah spesifikasi suara yang dapat dihasilkan dari sistem suara smartphone. Ringtone menggunakan format mp3 dan wav, memiliki loudspeaker, yang jack ukuran 3.5mm yang dapat disambungkan ke earphone, headphone, ataupun home theater sound system (dengan ukuran jack sama-sama 3.5mm)

7. COMMS WLAN Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot, Bluetooth v4.1, A2DP
Keterangan ini merupakan spesifikasi koneksi nirkabel smartphone selain koneksi utama simcard. WLAN, Wireless Local Area Network, adalah jaringan nirkabel lokal dengan jangkauan pendek dan terbatas menggunakan gelombang radio.

Wi-Fi atau Wireless Fidelity adalah jaringan nirkabel juga menggunakan frekuensi tinggi, jangkauannya terbatas bisa sampai dengan 30 meter. Sementara itu, Wi-Fi direct adalah fitur yang memungkinkan perangkat untuk berhubungan langsung, transfer data antar perangkat satu dengan perangkat yang lain secara praktis dan lebih cepat tanpa mempergunakan perantara/ router. Hotspot merupakan area dalam lingkup tertentu yang terjangkau oleh jaringan WLAN/ Wi-Fi.

8. GPS Yes, with A-GPS, GLONASS
GPS (Global Positioning System) adalah sebuah sistem navigasi berbasis satelit, dimana perangkat menerima informasi dari 24-32 satelit yang mengorbit bumi, dan A-GPS (Assisted-Global Positioning System) adalah penyempurnaan dari GPS. Sementara itu, Glonass adalah sistem navigasi berbasis satelit juga, perbedaannya jika GPS dikembangkan oleh departemen pertahanan AS, sementara Glonass dikembangkan oleh Rusia.

9. NFC Yes (market dependent)
NFC (Near Field Communication), adalah koneksi diantara dua perangkat yang dapat dilakukan dengan cara menyinggungkan atau mendekatkan dua perangkat tertentu, tanpa proses pairing terlebih dahulu,

10. Radio FM radio, RDS, recording
Fitur untuk mendapatkan siaran radio dalam frekuensi FM. RDS (Radio Data System) berfungsi untuk menampilkan identitas radio tersebut di layar, dari asalnya berbentuk angka frekuensi menjadi nama radio tersebut.

11. USB microUSB v2.0, USB On-The-Go
Cara koneksi yang tersedia untuk menghubungkan satu perangkat dengan perangkat lainnya.
USB (Universal Serial Bus) adalah soket koneksi standar untuk transfer data, digunakan di berbagai macam perangkat, yaitu komputer, smartphone, kamera, konsol permainan dan lain-lain.

USB On The Go atau biasanya hanya disebut OTG adalah kemampuan sebuah perangkat mobile (smartphone dan tablet) untuk dapat membaca eksternal storage (biasanya flashdisk) yang menggunakan soket USB/ microUSB, untuk melakukan transfer data/ file tertentu.

Demikian cara membaca spesifikasi handphone/ smartphone part 2, untuk part 3 coming soon..
Semoga bermanfaat.

Thanks for reading & sharing Guidance and Tips

Previous
« Prev Post

1 comments:

Translate to Your Language