Home » , » GUIDANCE: 3 Cara Terbaik Membuka Situs Yang Diblokir (Internet Positif)

GUIDANCE: 3 Cara Terbaik Membuka Situs Yang Diblokir (Internet Positif)

Ada banyak sekali cara untuk menembus/ membuka situs yang diblokir, namun ada 3 cara yang paling mudah dilakukan, yaitu dengan menggunakan DNS Google atau menggunakan add-on software, anonymox (untuk Mozilla Firefox), dan Hola Unblocker.

1. Menggunakan DNS Google

Caranya sangat mudah, tidak perlu software tambahan, hanya mengganti DNS menjadi DNS Google. Berikut ini caranya:

Control panel -> Network and Internet -> Network and Sharing Center

Pengaturan DNS
Wireless Network Connection Properties


Selajutnya, klik "Wireles Network Connection" maka akan muncul jendela baru. Klik pada menu "Properties", pilih Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4), maka akan muncul jendela baru lagi. Pilih 
“Use the following DNS server address“. Kemudian isi sebagai berikut:
"Preferred DNS Server" : 8.8.8.8
"Alternate DNS Server" : 8.8.4.4
Klik "OK"

2. Anonymox Add-Ons di Mozilla Firefox

Cara langsung dengan menekan tombol Ctrl+Shift+A anda akan menuju Menu "Manage Your Add-Ons", Klik Get Add-ons, lalu download Anonymox. Anda bisa juga searching dengan keyword "Anonymox" lalu download dan install, atau masuk ke link https://addons.mozilla.org/en-US/firefox/addon/anonymox/ 

Terserah cara yang mana, setelah di-install, restart browser anda sebelum digunakan. Di sebelah kanan atas akan muncul logo anonymox.


3. Menggunakan VPN (Virtual Private Network)

(1)Hola Unblocker

Cara ini sangat sederhana, download hola unblocker, install, kemudian restart browser anda, siap dipakai. Di sebelah kanan atas akan muncul logo Hola Unblocker, aktifkan dan pilih dari negara mana proxy yang akan anda gunakan. 

Cara ini dapat digunakan untuk menonton video Youtube yang diblokir, yang memiliki keterangan "Video ini Tidak tersedia di negara anda", namun tidak bisa membuka video yang dibatasi dengan "age restriction". Untuk membuka video tersebut anda harus login terlebih dahulu, dan mengkonfirmasikan umur anda. 

Namun menggunakan VPN gratisan seperti Hola ini tidak tanpa resiko. Ada kontroversi mengenai kemungkinan Hola yang menjual data penggunanya. Anda dapat mengecek ulasan mengenai Hola di link dibawah ini. Silakan baca ulasannya terlebih dahulu sebelum memutuskan akan menggunakan VPN ini.

VPN Mentor review about Hola

(2)Tunnel Bear VPN

VPN gratisan lainnya adalah Tunnel Bear, user interface-nya mudah digunakan dan semua lokasi server dapat diakses oleh pengguna gratisan. Namun kekurangannya adalah dibatasi quota sebesar 500MB per bulan untuk pengguna gratisan, sehingga nyaris tidak mungkin digunakan untuk streaming film dan bermain game online.

VPN Mentor review about Tunnel Bear


(3)Betternet VPN

VPN ini gratis, tidak perlu login dulu untuk memulai dan tersedia untuk semua platform (Chrome, Firefox, Windows, Mac OS X, iOS, and Android). servernya ada 50 tersebar di 10 negara, dan cukup simple sehingga mudah digunakan.

VPN Mentor review about betternet

Semua VPN gratisan selalu ada kelemahannya, dapat down sewaktu-waktu, tidak stabil, dan sebagainya. Namun karena banyaknya pilihan VPN gratisan, kalau satu down anda dapat menggunakan VPN gratisan yang lainnya. Ada banyak VPN yang digunakan gratisan namun dengan keterbatasannya masing-masing. Misalnya: ZenMate, DotVPN, HotspotShield, CyberGhost, AnchorFree, VPN Book, SpotFlux, ProXPN, Shiled Exchange, TorVPN, Okay Freedom, Shield Exchange, dan sebagainya.

(4)Menggunakan VPN Berbayar

Kebanyakan VPN gratisan yang disebutkan sebelumnya menyediakan layanan premium dan berbayar, dengan menawarkan berbagai kelebihan seperti keamanan lebih terjamin, menyembunyikan IP dan lokasi, proteksi data, kecepatan lebih baik, streaming lebih baik, kemampuan menghadang tracker, dan sebagainya. VPN berbayar yang ulasannya bagus misalnya NordVPN, ExpressVPN, PureVPN, Trus.Zone, vyprvpn (sumber: www.vpnmentor.com)

Internet positif di Indonesia masih belum sempurna dalam mengenali mana konten ilegal dan berbahaya, mana konten dewasa, mana konten judi, dan mana yang bukan. Cukup banyak situs yang tidak mengandung unsur-unsur tersebut tetapi juga terkena filter internet positif. 

Last but not least, do above guide at your own risk, Silakan lakukan cara diatas dengan resiko sendiri. Mengotak-atik DNS, atau install add-ons bukan tanpa resiko. Sekian dan semoga cara-cara di atas dapat digunakan untuk sesuatu yang bermanfaat!
Thanks to one of my blog readers, she gave good feedback by email about point number 3.

Thanks for reading & sharing Guidance and Tips

Previous
« Prev Post

0 comments:

Posting Komentar

Translate to Your Language