Home » , » TIPS Memilih Alat Bidik/ Sight untuk Airsoft Gun

TIPS Memilih Alat Bidik/ Sight untuk Airsoft Gun

Iron Sight Standar
Gambar 1: Pisir Standar


Pada dasarnya ada 3 macam alat untuk membidik sasaran/ pisir, yaitu iron sight, optical sight, dan telescopic sight. Iron sight biasanya sudah termasuk ke dalam paket pembelian unit airsoft, adapun yang menyertakan optical sight dalam paket harganya bisa lebih mahal. Optical Sight ada banyak macamnya, dari berbagai merk, namun semuanya memiliki persamaan yaitu menunjukan bidikan dengan media optik (kaca).


c-more dan docter sight
Gambar 2: contoh optical sight


Berikut ini beberapa contoh iron sight dan optical sight yang biasanya dipakai sebagai aksesoris untuk airsoft gun, ada yang replika namun ada juga yang rela merogoh dompet lebih dalam untuk membeli yang asli.

1. Standard iron sight

Iron sight standar/ pisir standar bisa didapatkan pada paket pembelian airsoft gun, namun anda dapat melakukan upgrade dengan menggantinya. Pisir standar seperti pada gambar pertama tidak ada fitur yang istimewa, terbagi 2 yaitu front iron sight dan rear iron sight, ada yang dapat dilipat ada juga yang fixed. Komponen bidik depan dan belakang ini dibuat dari bahan metal, polymer, atau ABS. Rear sight dipasang pada posisi tegak lurus terhadap garis pandang, dan front sight sebagai titik tumpunya.


2. Backup iron sight

EOTech XPS sight dan backup iron sight (miring)
Deadshot menembakan assault rifle Daniel Defense DDM4 MK18 dengan aksesoris EOTech XPS sight dan backup iron sight (miring)

Iron sight standar namun dengan posisi miring. Anda bisa menemukannya di salah satu adegan dalam film Suicide Squad, saat Deadshot menembakan senjata DDM4 MK18 dengan modifikasi Troy PDW stock. Aksesoris pisir yang dipakainya adalah EOTech XPS Sight dan canted backup iron sight.

3. Holosight
holo sight
holo sight
A holographic weapon sight or holographic diffraction sight is a non-magnifying gun sight that allows the user to look through a glass optical window and see a reticle image superimposed at a distance on the field of view.[1] The hologram of the reticle is built into the window and is illuminated by a laser diode. (https://en.wikipedia.org)

Holo sight merupakan singkatan dari holographic sight atau disebut juga holographic diffraction sight, adalah alat bidik tanpa fungsi pembesaran yang memungkinkan pengguna untuk melihat melalui kaca optik dengan gambar reticle yang ditumpangkan pada jarak di bidang pandang. Hologram dari reticle ini dibentuk pada jendela optik dengan diterangi oleh sinar laser dioda.

Kelemahan dari alat bidik ini adalah menghabiskan baterai lebih cepat jika dibandingkan dengan reflex sight yang menggunakan LED, seperti red dot sight pada umumnya. Dioda laser menggunakan lebih banyak daya daripada LED.



Holo sight banyak dipakai oleh para airsofter karena bentuknya yang compact, mounting mudah, aiming mudah dan tentunya unit anda akan tambah keren daripada sekedar memakai iron sight. Selain itu, optiknya terlindungi dengan baik karena bagian penahan kacanya cukup tebal. Holo sight juga dapat digabungkan dengan scope yang berfungsi untuk pembesaran (magnifier), beberapa orang menamai kombinasi holosight dan magnifier scope ini dengan istilah "hybrid sight". Bagi anda penggemar game Call of Duty, ada senapan M4 carbine yang menggunakan hybrid sight. Ketika dibutuhkan zooming maka memakai magnifier scope namun ketika dibutuhkan reflex sight untuk pertempuran jarak dekat maka magnifer scopenya dilipat.

4. Reticle Sight
reticle sight
reticle sight

Salah satu optical sight yang menggunakan red dot, ada beberapa yang menggunakan illuminated cross hair, dan tidak ada fungsi pembesaran. Bentuknya lebih sederhana dan hanya menggunakan satu frame optik. Contohnya dapat anda lihat dalam gambar di atas ini.

Reticle, atau reticule, berasal dari bahasa latin reticulum yang berarti jaring. Reticle adalah jaring-jaring garis halus yang terdapat pada perangkat yang ditujukan untuk membantu penglihatan, misalnya teleskop, mikroskop, ataupun layar osiloskop. Pemakaian istilah reticle modern paling umum digunakan untuk alat bidik senjata dan semacamnya, sementara untuk osiloskop dan semacamnya menggunakan istilah graticule.

Ada banyak variasi dari reticle, namun yang umum digunakan untuk perangkat bidik adalah reticle sederhana yaitu crosshairs, yang direpresentasikan dengan bentuk garis yang saling berpotongan "+", dan variasi lainnya, termasuk dots/ titik, lingkaran, kotak, bentuk V, ataupun kombinasinya. Reticle juga populer digunakan untuk instrumen optik untuk astronomi dan survey.

Reticle sight ini termasuk ke dalam reflex sight yang mudah dipakai, khususnya untuk unit airsoft gun. Bentuknya compact namun rentan di bagian kaca, karena bagian penahan kacanya kecil serta tidak ada pelindungnya. Bentuknya yang seperti ini menjadikannya rentan rusak karena terkena tembakan BB ataupun lainnya. Pada beberapa reticle sight replika/ palsu, kacanya tidak terpasang dengan sempurna, goyang, sehingga refleksi reticle pada kaca menjadi tidak konsisten. Jika kacanya sudah oblak maka akan sulit mendapat bidikan yang tepat, walaupun sudah dilakukan zeroing.


5. ACOG
ACOG
ACOG

ACOG merupakan singkatan dari Advanced Combat Optical Gunsights. Ini sebenarnya adalah varian dari serangkaian teleskop yang diproduksi oleh Trijicon, jadi bukanlah sebuah jenis yang lain. Terdapat dua tipe, ada yang hanya red dot dan ada juga yang berfungsi sebagai magnifier (menggunakan cross hair).

ACOG pada awalnya didesain khusus untuk senapan model M16 rifle dan M4 carbine, namun perkembangannya sekarang ACOG juga dapat dipakai untuk senapan model lain. ACOG memiliki variasi model dengan fungsi pembesaran (magnifying) dari 1.5x sampai dengan 6x. Kebanyakan model ACOG menerangi reticle dengan fosfor internal, beberapa versi lain memiliki tambahan pencahayaan menggunakan baterai agar reticle terlihat lebih jelas pada siang hari.

Ketika ACOG dipasangkan menggantikan carry handle, maka masih ada ruang terbuka untuk memungkinkan penggunaan iron sight tanpa harus mencopot scope. Aksesoris lain juga dapat dipasangkan pada ACOG (magnifier) seperti mini docter sight yang dipasangkan diatasnya dan dapat digunakan sebagai alat bidik sekunder.


6. AIMPOINT
aimpoint
aimpoint


Hampir sama seperti ACOG, Aimpoint sebenarnya nama merk dagang dari perusahaan dengan nama yang sama dan merupakan salah satu perusahaan dari Sanberg Development Group. Aimpoint membuat berbagai jenis alat bidik, baik itu reflex sight, red dot sight, ataupun magnifier scope. Bentuk aimpoint yang populer di kalangan airsofter adalah seperti gambar diatas. Aimpoint replika atau versi palsunya dapat anda beli dengan mudah dan murah.

7. Elcan Specter
Elcan Specter
Elcan Specter

Elcan Specter merupakan optical sight yang dapat diandalkan, dengan fungsi magnifier dan illuminated cross hair. Pada varian Elcan lain, dapat dipasangkan dengan docter sight (yang kecil) di atasnya. Sebenarnya jika anda sudah memiliki alat bidik yang ini, sudah cukup untuk unit airsoft anda. Cocok sekali untuk dimasukan ke dalam wishlist aksesoris untuk unit airsoft anda.


8. Docter Sight
docter sight
docter sight


Docter Sight merupakan salah satu pisir yang menggunakan red dot atau green dot, tidak ada fungsi pembesaran, namun unik karena ukurannya sangat kecil. Docter sight biasanya dapat ditempelkan ke jenis scope magnifier, dan berfungsi sebagai reflex sight. Kecil, cepat dan tepat, seperti istilah yang disebutkan dalam websitenya.


9. Telescopic Sight

Jika membicarakan telescopic sight, hal yang pertama terbayang adalah senapan untuk sniper dan sharp shooter. Telescopic Sight atau populer disebut dengan scope, merupakan alat pembidik yang didasarkan pada pembiasan optik dengan jarak yang sangat jauh. Scope dilengkapi dengan beberapa bentuk pola garis reticle dalam sistem optik dengan tujuan mendapatkan akurasi terutama akurasi tembakan senjata api.

Telescopic sight digolongkan menjadi dua, yaitu optical magnification (pembesaran optik) dan the objective lens diameter (diameter lensa objektif). Keduanya ditunjukan dalam bentuk angka, misalnya teleskop 10 x 50, artinya adalah 10 kali pembesaran objek pada lensa objektif dengan diameter 50mm. Lebih besar diameter lensa objektifnya maka citra yang ditampilkan dalam scope akan lebih cerah. Hal ini dipengaruhi oleh jumlah cahaya yang masuk, semakin besar diameternya maka cahaya akan lebih banyak yang masuk.

Jika anda tertarik untuk berperan menjadi sniper dalam permainan airsoft gun, maka ada baiknya anda memahami istilah-istilah ini, magnification, objective lens diameter, field of view, exit pupil, eye relief, reticle, mil-dot reticles, reticle focal plane, dan istilah pada adjustment control scope, yaitu:

- Focusing control, untuk mendaparkan gambar yang tajam dari objek (sasaran tembak) dan reticle.
- Elevation, untuk menyesuaikan ketinggian reticle secara vertical.
- Zero-stop elevation controls
- Windage, untuk menyesuaikan posisi reticle secara horizontal.
- Magnification control, untuk mengontrol pembesaran yang dibutuhkan.
- Illumination adjustment control, untuk mengontrol tingkat kecerahan reticle/ crosshairs.
- Parallax compensation control.

Thanks for reading & sharing Guidance and Tips

Previous
« Prev Post

2 comments:

  1. Wah langka nih artikel macam ini, mantab mas, salam kenal and happy earning :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih Om... rajin-rajin kesini Om... hehhe

      Hapus

Translate to Your Language