Home » , , » GUIDANCE: Cara Zeroing Aimpoint #Airsoft Gun

GUIDANCE: Cara Zeroing Aimpoint #Airsoft Gun

Aimpoint merupakan salah satu optical sight yang banyak peminatnya. Zeroing-nya pun tidak sulit, jika mount base -nya dipasang dengan benar, hanya sedikit butuh penyesuaian. Jarak untuk zeroing yang dianjurkan oleh website-nya adalah jarak dekat, yaitu 25 meter. Pada jarak ini kita dapat melihat secara langsung hasil tembakan, sehingga dapat menentukan penyesuaian yang lebih lanjut. Berikut ini caranya:

1. Atur dan letakan target pada jarak 25 meter.
2. Tempatkan airsoft gun pada tempat yang stabil, gunakan benchrest/ sandbag/ sandaran senapan agar airsoft tidak bergerak atau bergeser.
3. Arahkan titik tengah aimpoint pada airsoft anda ke target.
4. Lakukan tembakan sebanyak 3 kali dan lihat hasilnya.

aimpoint
Contoh hasil tembakan
Misalnya: gambar di atas menunjukan bahwa hasil tembakan agak ke kiri 60mm dan ke bawah 40mm. Maka diperlukan penyesuaian, dengan ketentuan sebagai berikut
1 klik penyesuaian pada aimpoint pada jarak 25 meter = 4 mm
1 klik penyesuaian pada aimpoint pada jarak 50 meter = 8 mm
1 klik penyesuaian pada aimpoint pada jarak 100 meter = 16 mm

Untuk dapat memutar sekrup adjustment, harus dibuka terlebih dahulu tutup pelindungnya. sekrup adjustment, terbagi 2 yaitu:
- Sekrup Penyesuaian Windage atau knob horizontal, terletak di samping optik, ada tanda berupa panah dan huruf UP-R. Ikuti arah panah jika akan memindahkan titik ke kanan (R), dan putar berlawanan arah panah jika akan memindahkan titik ke kiri (L).
- Sekrup Penyesuaian Elevasi atau knob vertical, terletak di bagian atas optik, ada tanda panah dan huruf UP-R. Ikuti arah panah jika akan memindahkan titik ke atas (UP), dan putar berlawanan arah panah jika akan memindahkan titik ke bawah (Down)

Artinya untuk menyesuaikannya perlu tindakan sebagai berikut:
- putar knob horizontal (yang berada di samping) berlawanan arah jarum jam sebanyak 15 kali klik, perhitungannya 60 mm : 4 mm = 15 kali
- putar knob vertical (yang berada di atas) berlawanan arah jarum jam sebanyak 10 kali, perhitungannya 40 mm : 4 mm = 10 kali

5. Lakukan tembakan lagi sebanyak 3 kali, jika penyesuaian sudah dilakukan dengan benar, maka tembakan akan tepat sasaran. Dengan catatan tidak ada gangguan eksternal (angin) atau gangguan internal (setting hop-up), dan lain-lain. Namun jika, tembakan masih melenceng, lakukan lagi langkah-langkah di atas.

Demikian cara zeroing aimpoint, semoga bermanfaat.

Sumber:
http://us.aimpoint.com/

Thanks for reading & sharing Guidance and Tips

Previous
« Prev Post

2 comments:

  1. which is capable of supporting performance when feedback is taken away. guidancesports.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanks for visiting my blog, i'll visit guidancesports.com for sure

      Hapus

Translate to Your Language