Home » , , » Cara Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Inggris Anda

Cara Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Inggris Anda

Learning is a Never Ending Process


Belajar adalah sebuah proses tanpa akhir, Einstein bahkan mengatakan "once you stop learning, you stop dying". Ini menunjukan pentingnya belajar, agar dapat memaksimalkan potensi yang dimiliki masing-masing individu. Salah satu potensi terbesar adalah dalam belajar untuk meningkatkan kemampuan bahasa kita, termasuk bahasa inggris.

Di era komunikasi global ini, kemampuan berbahasa Inggris menjadi syarat mutlak agar kita dapat berkembang di dalamnya. Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang menjadi penghubung komunikasi setiap bahasa di dunia. Misalkan anda jalan-jalan ke luar negeri dan tidak bisa bahasa lokal, maka anda dapat menggunakan bahasa inggris untuk berkomunikasi.

Dalam sudut pandang karir dan pekerjaan pun dibutuhkan kemampuan bahasa ini. Berbisnis tidak hanya melulu dengan orang lokal. Jika ingin berkembang maka harus melebarkan sayap jaringan pertemanan. Banyak perusahaan di dunia, terutama yang sudah berkala internasional, menjadikan bahasa inggris sebagai bahasa utama untuk berkomunikasi di dalamnya.

Tidak heran, saat ini banyak orang yang beranggapan jika bisa menggunakan bahasa inggris dapat meningkatkan kehidupan pribadi dan karir. Kemampuan menguasai bahasa inggris secara profesional dapat memberikan nilai positif ke dalam berbagai aspek dalam kehidupan anda. Berikut ini adalah beberapa cara untuk meningkatkan kemampuan berbahasa inggris, agar tidak hanya mengerti tulisan juga dapat mengerti lisan, dan berkomunikasi dalam bahasa inggris dengan lancar.


Belajar Berbahasa Inggris dengan Menggunakan Berbagai Sumber

Saat ini internet adalah sumber terbaik untuk mempelajari bahasa inggris, nyaris tidak terbatas. Koran elektronik, majalah elektronik, audio learning, grammar learning, film, game, website belajar bahasa inggris tertentu, dan sebagainya. Carilah sumber terbaik, dan pilih yang paling cocok dan bermanfaat untuk anda. Hebatnya semua sumber tersebut bisa anda dapatkan secara gratisan. Anda bisa memilih tidak hanya satu sumber jika ada waktu luang.

Biasakan keseharian anda bersentuhan dengan bahasa inggris, misalnya atur bahasa smartphone dalam bahasa inggris, install aplikasi kamus di smartphone, membaca berita berbahasa inggris, dan sebagainya.

Sumber lainnya adalah buku dan kamus, anda bisa mempelajarinya otodidak ataupun mengambil kursus tertentu. Mengambil kursus bahasa inggris juga dapat menjadi pilihan terbaik. Walaupun membutuhkan biaya, namun cara ini merupakan cara mudah dan efektif untuk bersosialisasi dengan menggunakan bahasa inggris. Namun tetap jangan tergantung hanya dengan pelajaran di kelas saja, asah juga kemampuan dari sumber-sumber lain.


Kesempurnaan Bahasa dengan Latihan

Berbagai cara dapat anda lakukan untuk melatih kemampuan bahasa inggris anda. Misalnya dengan membiasakan 'ngobrol' bahasa inggris dengan teman atau rekan kerja anda, atau membiasakan ngobrol di keluarga dengan bahasa inggris. Lebih jauh anda dapat mencari teman chatting dari luar negeri, atau join sebuah forum yang anda sukai namun dengan basis bahasa inggris.


Tingkatkan Vocabulary

Vocabulary adalah kumpulan kosakata dalam bahasa inggris, tidak hanya tahu tulisannya tapi juga harus tahu cara membaca dan paham artinya. Vocabulary anda dapat disebut meningkat jika semakin banyak kata dalam bahasa inggris yang dapat anda tulis, sebutkan dan pahami. Maka pelajari minimal satu kata setiap harinya, satu kata tersebut dapat memiliki banyak sinonim dengan perbedaan kapan dan dimana kata tersebut lebih cocok digunakan. Semakin meningkat vocabulary anda maka bahasa inggris anda akan semakin bagus


Tonton Film Berbahasa Inggris atau Bermain Game

Film dan game adalah cara yang menyenangkan untuk belajar berbahasa inggris, dengan catatan tetap serius belajar walaupun santai. Sediakan kamus saat menonton film ataupun bermain game. Pilihlah film yang menggunakan bahasa inggris yang berkualitas dan memang bisa menjadi sarana untuk belajar, bukan film dengan banyak faktor "f" ataupun film dengan minim dialog.

Anda dapat menggunakan fungsi subtitle berbahasa inggris jika masih tahap awal. Untuk tahap lebih sulit matikan fitur subtitle dan coba dengarkan dan pahami dialog di dalamnya. Sesekali pause film lalu coba mengucapkan dialog-dialog dalam film tersebut. Ini berguna untuk meningkatkan kemampuan listening dan speaking bahasa inggris anda.

Tidak semua game dapat anda jadikan tempat untuk belajar bahasa inggris. Untuk pemula (misalnya untuk anak anda) dapat belajar dari game-game kecil yang melatih pemahaman vocabulary. Sementara untuk anda yang sudah cukup umur dapat mencoba game RPG (Role Playing Game) ataupun game dengan banyak dialog berbahasa inggris. Coba pahami jalan ceritanya, dan coba juga mengucapkan dialog yang ada dalam game tersebut. Namun, untuk metode ini anda harus bijak menjalaninya, jangan sampai malah keasikan bermain game dan lupa tujuan sebenarnya.


Biasakan Menulis dalam Bahasa Inggris

Anda dapat membiasakan menulis bahasa inggris dalam buku diary anda. Tuliskan dalam bahasa sederhana dan mudah dimengerti. Suatu saat anda akan menemukan evolusi perkembangan kemampuan bahasa inggris anda. Tidak menutup kemungkinan anda akan tersenyum-senyum sendiri saat membaca ulang diary anda ketika sudah mahir berbahasa inggris.

Jika cukup percaya diri dengan kemampuan bahasa inggris anda, cobalah membuat tulisan dan publikasikan langsung dalam blog. Anda dapat menuliskan apapun yang bermanfaat bagi pembaca blog anda, namun jangan menuliskan hal-hal pribadi dan sensitif. Kelebihannya menulis dalam blog anda akan mendapatkan feedback jika ada kesalahan penulisan tertentu.


Jangan Malu untuk Mempraktekan Bahasa Inggris Anda

Praktek adalah cara terbaik untuk meningkatkan kemampuan apapun, termasuk kemampuan berbahasa inggris. Cobalah berbicara dengan bule, ataupun ngobrol dengan orang-orang tertentu dengan menggunakan bahasa inggris. Jangan malu dan jangan takut salah. Justru itu menjadi pertanda baik, ketika anda melakukan kesalahan dan ada orang yang mengoreksinya. Itu akan menjadi ilmu baru yang akan anda ingat terus-menerus.

Demikian cara-cara untuk meningkatkan kemampuan bahasa inggris anda, tidak pernah ada kata terlambat untuk belajar. Semoga bermanfaat!

Thanks for reading & sharing Guidance and Tips

Previous
« Prev Post

0 comments:

Posting Komentar

Translate to Your Language