Home » , , » 5 Langkah Efektif Menurunkan Berat Badan

5 Langkah Efektif Menurunkan Berat Badan

healthy diet
Diet Sehat untuk menurunkan berat badan

Memasuki usia 30 biasanya kebanyakan orang akan mengalami 'kemajuan' perut alias menjadi mudah buncit. Bagi para ladies yang menjaga bentuk tubuh tentunya ini sungguh mengganggu. Makan sedikit buncit makan banyak buncit, oleh karena itu simak beberapa langkah di bawah ini untuk menurunkan dan menjaga berat badan secara efektif:


1. Kurangi karbohidrat dan kalori

Sudah banyak penelitian yang menunjukan bahwa diet karbohidrat menjadi cara yang paling efektif menurunkan berat badan. Diet ini dimaksudkan bukan sama sekali tidak memakan karbohidrat tetapi menguranginya secara signifikan dan teratur. Walau bagaimanapun karbohidrat adalah sumber tenaga untuk beraktivitas.

Mulailah dari sekarang dengan mengurangi makanan berkarbohidrat tinggi dan kurangi juga makanan dengan gula berlebih. Beralih ke makanan tinggi protein akan lebih baik, seperti ikan, telur dan daging.

Kurangilah makan makanan ringan apalagi setelah makan malam. Makanan ringan ini cenderung menjadi kalori yang tidak terbakar karena aktivitas, dan akan berujung menjadi timbunan lemak. Perbanyaklah konsumsi sayuran terutama sayuran hijau. Hindari minuman dengan gula dan kalori tinggi, seperti bubble tea yang sedang populer sekarang, ganti dengan air putih atau teh hijau tanpa gula.


2. Hindari makanan olahan

Makanan olahan tentu sangat enak rasanya, namun ini tidak baik jika dikonsumsi terus menerus. Gizi dari makanan olahan pun diragukan, walau dibuat dari bahan-bahan bergizi tinggi namun karena cara mengolahnya yang salah atau berlebihan akan menjadikan makanan tersebut tidak lagi bergizi. Makanan yang digoreng terlalu kering, direbus terlalu lama, dibakar gosong, atau diolah terlalu matang sudah sedikit komposisi gizi baiknya.

Lebih baik makan makanan utuh bukan olahan, artinya makanan bahan pangan alami yang tidak mengalami pembuangan atau pengurangan. Contohnya gandum, kacang merah, kacang hijau, oat, kacang tanah, dan sebagainya.


3. Olahraga dan aktif bergerak

Aktivitas sehari-hari mempengaruhi proses pembakaran kalori tubuh, semakin sedikit aktivitas maka akan semakin banyak kalori yang tersimpan dalam bentuk lemak. Rubahlah gaya hidup dari awalnya malas jalan kaki menjadi lebih banyak jalan kaki, perbanyak gerak di rumah dengan bersih-bersih rumah, ubah cara berangkat kerja dengan bike to work, atau sekedar ajak piaraan jalan-jalan di taman.

Cara terbaik untuk diet adalah dengan berolahraga, karena olah raga membakar lemak dan kalori yang berlebih. Olahraga angkat beban dan aerobik tidak hanya membakar lemak tetapi juga membantu memperbaiki bentuk tubuh, mempertahankan massa dan kekuaran otot, menjaga metabolisme tubuh serta menjaga kadar hormon.

Lebih jauh anda dapat berolahraga dengan latihan interval menggunakan sepeda statis. Latihan interval tidak hanya efektif menurunkan berat badan tetapi juga meningkatkan stamina dan menjaga bentuk tubuh.


4. Puasa

Ini merupakan cara sederhana yang terbukti efektif mengurangi kadar lemak di dalam tubuh. Puasa membatasi anda sehingga asupan kalori ke dalam tubuh juga berkurang. Namun, catatanya adalah saat berbuka puasa jangan makan berlebihan.


5. Diet teratur dan perbaiki pola makan

Diet bukan berarti tidak makan tetapi mengatur pola makan agar lebih baik. Makan langsung banyak satu kali dalam sehari lebih tinggi resiko kegemukan daripada makan tiga kali sehari. Misalnya anda tidak sarapan, tetapi saat makan siang porsi langsung tiga kali lipat dari biasanya. Kebiasaan seperti ini akan membuat perut terbiasa menumpuk makanan dalam jumlah banyak.

Jangan membiarkan tubuh anda lapar, artinya makanlah di saat belum lapar dan berhentilah sebelum kenyang. Dengan begini akan tidak akan makan terlalu banyak dan perut anda akan mencerna lebih baik.

Thanks for reading & sharing Guidance and Tips

Previous
« Prev Post

0 comments:

Posting Komentar

Translate to Your Language