Home » , » TIPS Mencegah dan Menangani Stress

TIPS Mencegah dan Menangani Stress

Stres
Stress

Di jaman NOW ini orang bisa stress dengan mudah. Mirisnya stress ini bisa terjadi pada siapa saja, tidak hanya orang dewasa bahkan anak kecil juga bisa. Beberapa waktu lalu ada kasus anak SD mengakhiri hidupnya karena malu tidak bisa bayar SPP, ada juga orang dewasa yang gantung diri live di sosial media, ada juga yang loncat dari gedung apartemen.

Stress yang dialami setiap orang gejalanya berbeda-beda, tidak selalu tampak murung, atau bertingkah seperti orang gila. Stress dari pikiran dapat berimbas terhadap kesehatan fisik, mulai dari lemas, buang air terus, perut kembung, maag, pusing, sakit kepala, demam, dan bahkan konon katanya bibit-bibit sel kanker muncul dari jiwa dan pikiran yang stress.

Banyak hal yang bisa menjadi penyebab stress, mulai dari permasalahan keluarga, pekerjaan, putus cinta, masalah kesehatan, malu, masalah dengan teman, kehilangan orang yang disayangi, berat badan yang tidak turun-turun, skripsi yang tidak selesai-selesai, hidup susah dan sebagainya. Pada dasarnya apapun dapat menyebabkan stress, dan terkadang bagi yang sudah menyerah akan memilih jalan singkat yaitu mengakhiri hidupnya.

Stress sebenarnya dapat diatasi dengan mudah, tergantung dari pikiran kita sendiri. Stress harus diatasi dan jangan dibiarkan berlarut-larut. Berikut ini beberapa cara untuk menangani stress.

1. Mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Inilah solusi yang penting, bukan mengambil jalan pintas untuk menemui Sang Pencipta tetapi dekatkan diri kepada Sang Pencipta. Caranya dengan menguatkan pondasi agama kita. Perbanyak ibadah, bagi yang muslim jangan tinggalkan Sholat 5 waktu, baca Al Quran, sedekah, dan sebagainya. Tidak usah pedulikan kalau ada yang nyinyir, "ah lo jadi rajin ibadah karena lagi susah ya?". Fokuskanlah untuk berdoa dan beribadah dan tentunya fokus juga mencari solusi untuk permasalahan yang sedang dihadapi.

2. Positifkan pikiran dan yakinkan bahwa solusi itu ada.

Pikiran positif akan menghasilkan tindakan-tindakan positif dan hasil yang positif juga. Solusi setiap permasalahan itu pasti ada. Jika Anda muslim tentu tahu bahwa Allah tidak akan memberikan permasalahan melebihi kemampuan orang tersebut. Jadi yakinkan bahwa solusi itu ada dan ketika Anda dapat menyelesaikan permalasahan tersebut, Anda sudah menjadi orang yang berbeda, orang yang lebih kuat.

"what doesn't kill you, only makes you stranger stronger"

3. Jangan melamun dan meratapi diri.

Cari solusi untuk permasalahan yang sedang dihadapi, bukan melamun dan meratapi nasib. Melamun bukanlah solusi, mengawang-awang membayangkan yang aneh-aneh atau membayangkan anuan tidak akan menyelesaikan masalah. Meratapi diri dan menginginkan orang lain merasa kasihan juga tidak akan membuat masalah selesai, tapi sebaliknya. Masalah mungkin akan bertambah besar karena tidak kujung diselesaikan.

4. Jangan pernah terpikir untuk mengambil jalan pintas.

Jalan pintas secara harfiah memotong waktu perjalanan dengan melalui jalan yang lebih dekat. Tetapi dalam kehidupan mengambil jalan pintas dengan berbuat kejahatan atau mengakhiri hidup sendiri tentu bukan solusi, malah akan bertambah masalah. Jika berbuat jahat tentu akan berurusan dengan hukum. Jika mengakhiri hidup tentu akan membuat sedih orang-orang yang menyayangi Anda, namun seiring waktu mereka akan move on, lama-lama Anda akan dilupakan, karena mereka menyadari bahwa kehidupan harus terus berjalan.

5. Alihkan dengan melakukan hobi.

Lakukan apa yang Anda suka, lakukan hobi Anda. Bersepeda, memancing, hobi otomotif, bermain die cast, bermain airsoftgun, menulis, membaca, dan sebagainya. Hobi akan membantu Anda mengurangi beban permasalahan yang sedang dihadapi, buatlah Anda sendiri senang dan bahagia. Bisa saja saat melakukan hobi, Anda terinspirasi sebuah solusi yang akan menyelesaikan masalah yang sedang Anda hadapi.

6. Bersosialiasi dan minta dukungan dari keluarga, saudara dan teman.

Saat stress sebaiknya perbanyak bersosialisasi dengan orang lain. Lakukan obrolan-obrolan ringan, bukalah pikiran Anda. Stress dan menyendiri merupakan perpaduan yang buruk, biasanya akan menimbulkan depresi, kesepian, dan pikiran negatif. Sebaiknya minta pendapat dan dukungan dari orang terdekat Anda, keluarga, saudara ataupun teman.

7. Perhatikan asupan gizi dan makanan.

Salah satu cara mengatasi stress adalah dengan membuat sehat tubuh Anda. Fisik yang sehat akan semakin memperkuat jiwa Anda. Hindari junk food dan lakukan diet. Jika terlalu banyak makan makanan tidak sehat/ junk food, tidak hanya membuat tubuh melar namun akan membuat perasaan semakin buruk.

Thanks for reading & sharing Guidance and Tips

Previous
« Prev Post

0 comments:

Posting Komentar

Translate to Your Language