Home » , » Cara Mengatasi Blue Screen Komputer

Cara Mengatasi Blue Screen Komputer

layar biru
Cool Blue Screen

Blue Screen adalah kondisi saat layar komputer berbasis Windows menampilkan latar berwarna biru dan biasanya disertai dengan tulisan berwarna putih yang berisi kode-kode tertentu. Istilah lainnya adalah Blue Screen of Death (BSOD), terdengar lebih keren dan lebih seram. BSOD terjadi ketika sistem operasi mengalami kesalahan sehingga terpaksa dihentikan secara paksa oleh sistem itu sendiri.

BSOD sedikit berbeda dengan komputer freeze atau hang, karena kondisinya lebih buruk, fatal system error atau ada kerusakan hardware. Namun bisa jadi komputer yang sering freeze berujung kepada BSOD, karena tidak kunjung diperbaiki. BSOD merupakan cara sistem operasi Windows dalam menangani kesalahan dan menjaga kerusakan lebih parah pada sistem baik secara software ataupun hardware.

Penyebab BSOD terlihat dari pesan yang ditampilkan pada layar saat Blue Screen terjadi. Pesannya biasanya dalam bentuk kode-kode tertentu. Nah agar dapat dengan mudah membaca pesannya, kita dapat menggunakan software BlueScreenView yang membantu mendiagnosanya.

1. Install BlueScreen View.

Berikut ini tautan untuk mengunduhnya : http://www.nirsoft.net/utils/bluescreenview-x64.zip
Extract semua file pada satu folder. Aplikasi ini dapat langsung dipakai, klik 2 kali pada hasil unduhan. Untuk BlueScreen View paling update, akan langsung menampilkan hasil diagnosanya. Contohnya seperti berikut ini:

cara mengatasi blue screen komputer
BlueScreenView mengambil data minidump yang terletak di C:\windows\minidump. 

2. Pesan IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL

Pada umumnya jika muncul pesan IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL dengan kode 0X0000000A
berarti sistem tidak dapat mendeteksi salah satu (atau lebih) perangkat baru yang dipasang pada motherboard, dan driver yang sudah diinstall mengalami crash/ rusak/ corrupt.

Driver komputer adalah perangkat lunak yang bertugas untuk mengenalkan perangkat tertentu kepada sistem operasi, sehingga setiap perangkat keras yang terpasang pada komputer dapat berinteraksi dengan perangkat lain dan dapat dikontrol oleh sistem operasi.

Kondisi ini dapat terjadi jika Anda menambahkan perangkat baru ke dalam komputer namun tidak memasangnya dengan benar atau tidak memasang driver yang kompatibel dengan perangkat tersebut (bentrok/ crash). Khusus VGA, pesan VIDEO_DRIVER_INIT_FAILURE kemungkinan akan muncul jika Anda memasang VGA baru namun driver yang di install pada sistem tidak cocok atau tidak kompatibel. Jika seperti ini, sistem akan mengenali perangkat tersebut sebagai error.

CARA memperbaikinya yaitu dengan memastikan perangkat keras terpasang dengan sempurna pada mother board, install ulang driver (dan update jika tersedia), dan pastikan drivernya memang kompatibel. Namun, Jika Anda mengalami BSOD dan mendapatkan pesan ini saat upgrade Windows, ini mungkin disebabkan oleh driver atau anti-virus tidak kompatibel dengan versi baru yang baru saja dipasang.

3. NTFS_FILE_SYSTEM DAN FAT_FILE_SYSTEM

Jika muncul pesan ini saat BSOD maka kemungkinan besar ada kesalahan pada file sistem pada perangkat storage komputer anda (hard disk). NTFS dan FAT merupakan sistem berkas pada salah satu (atau lebih) hard disk.

NTFS (New Technology File System), adalah sistem berkas yang digunakan oleh Microsoft untuk keluarga sistem operasi Windows NT (NT 3.1, NT 3.50, NT 3.51, NT 4.0) dan NT 5.0 (Windows 2000, Windows XP, dan sebagainya).

FAT (File Allocation Table), adalah sistem berkas yang menggunakan struktur tabel alokasi dalam pengoperasiannya. Hardisk komputer lama banyak yang memakai FAT atau FAT32, sebelum beranjak ke NTFS. Namun sekarang sistem berkas FAT banyak digunakan untuk memory card kamera digital, portable gaming device, portable media device, serta smart phone.

BSOD karena kesalahan pada file sistem ditunjukan pada pesan :
- NTFS_FILE_SYSTEM dengan kode 0X00000024 atau
- FAT_FILE_SYSTEM dengan kode 0X00000023.

CARA untuk mengatasinya adalah awali dengan mengecek kabel yang tersambung pada hardisk, pastikan kabel power dan kabel datanya tersambung sempurna. Lalu lakukan pengecekan partisi hard disk dengan menggunakan fitur "check disk" pada Windows, pilih perbaikan otomatis jika ditemukan kesalahan pada file sistem. Jika cukup parah berarti lakukan format pada hard disk, namun pindahkan terlebih dahulu datanya ke perangkat storage lain agar tidak hilang. Jika ditemukan terlalu banyak bad sector, sebaiknya ganti hard disk baru.


4. UNEXPECTED_KERNEL_MODE_TRAP

Jika muncul pesan UNEXPECTED_KERNEL_MODE_TRAP dengan kode 0X0000007F, maka kemungkinan besar komputer Anda over-heat/ terlalu panas. Terkadang muncul juga pesan MACHINE_CHECK_EXCEPTION dengan alasan yang sama yaitu komponen komputer terlalu panas.

Peningkatan suhu pada perangkat komputer itu sebenarnya wajar saja, karena menggunakan energi listrik, dan komponen elektronik biasanya bersifat konduktor. Namun peningkatan suhu tidak wajar bisa saja terjadi, mungkin karena kipas rusak, airflow di dalam komputer sangat buruk, overclock komponen komputer, ataupun sebab-sebab lainnya.

SOLUSINYA adalah perbaiki airflow (aliran udara) dalam komputer agar suhu komponen tetap stabil. Pastikan udara bisa masuk dan udara panas bisa keluar. Jika perlu, tambahkan kipas, atau upgrade sistem pendingin ke yang lebih mumpuni.

Jika Anda mengalami ini karena pemakaian komputer yang sangat lama, berarti Anda harus mengistirahatkan komputer, matikan komputer mungkin saat makan siang ataupun saat Anda keluar rumah.

Jika Anda mengalami hal ini karena coba-coba overclock komponen tertentu, solusinya adalah berhenti coba-coba atau gunakan sistem pendingin yang baik. Overclock memaksa komponen bekerja melebihi standar kemampuan, oleh karena itu komponen memerlukan energi lebih banyak. Peningkatan penggunaan energi ini akan menyebabkan komponen lebih cepat panas.

5. PEN_LIST_CORRUPT atau DATA_BUS_ERROR

Pesan ini muncul kemungkinan besar karena adanya kerusakan pada memori RAM atau kerusakan pada slot memori pada mother board. RAM berfungsi sebagai 'meja kerja' sistem operasi, maka jika RAM rusak maka sistem operasi tidak dapat melanjutkan proses apapun itu.

Solusinya adalah dengan memastikan bagian mana yang rusak. Coba RAM di motherboard lain yang tidak rusak, jika berjalan sempurna maka kemungkinan slot RAM pada motherboard yang rusak. Begitu juga sebaliknya, jika di motherboard lain tidak berjalan sempurna maka RAMnya yang rusak. Pilihannya adalah mengganti motherboard atau mengganti RAM.

Kesalahan pada memori juga diindikasikan dengan pesan PAGE_FAULT_IN_NONPAGED_AREA dengan kode 0X00000050. Ini karena salah pemasangan perangkat keras, RAM memang rusak, atau memori VGA Card rusak, kesalahan driver.

Coba periksa sistem log di dalam event viewer apakah ada kesalahan pada driver dan driver apa. Cari Critical Error pada waktu saat terjadi BSOD. Kemudian lakukan Diagnostik Memori Windows, caranya buka control panel, ketikan "memory" pada kolom search. "Diagnose your computer's memory problems".

Banyak sekali penyebab BSOD pada komputer, terutama jika ada kerusakan pada hardware. Jika memang sudah sulit sekali menemukan penyebabnya, terlalu banyak pesan BSOD seperti pada gambar diatas, atau malas mengecek kode satu per satu, coba lakukan hal ini:
(1) Update anti-virus, lalu lakukan full scan pada sistem, untuk mencari tahu apakah penyebabnya karena virus.
(2) System Restore, jika BSOD terjadi setelah Anda meng-install program/ driver tertentu.
(3) Kembalikan pengaturan BIOS ke "Last Known Good Configuration, jika BSOD terjadi karena kesalahan mengotak-atik BIOS.
(4) Reset Windows atau install ulang sistem operasi Windows, jika BSOD karena software tertentu yang crash dengan sistem dan tidak bisa dilakukan restore sistem.
(5) Ganti/ service komponen/ hardware tertentu, jika sudah dilakukan semua langkah di atas namun masih BSOD, maka kemungkinan besar ada kerusakan pada hardware.

Thanks for reading & sharing Guidance and Tips

Previous
« Prev Post

0 comments:

Posting Komentar

Translate to Your Language