Home » , , » 5 TIPS untuk Meningkatkan Semangat Kerja dengan Balancing Life

5 TIPS untuk Meningkatkan Semangat Kerja dengan Balancing Life

menyeimbangkan kehidupan


"Ini semua tentang kualitas hidup dan menemukan keseimbangan antara pekerjaan dan teman-teman dan keluarga." Quotes ini dikemukakan oleh seorang pengusaha Inggris bernama Sir Philip Nigel Ross Green. Beliau adalah chairman of Arcadia Group, perusahaan retail yang meliputi Topshop, Topman, Wallis, Evans, Burton, Miss Selfridge, Dorothy Perkins, dan Outfit.

Balancing life, keseimbangan hidup itulah yang kita semua butuhkan namun biasanya terlupakan karena kesibukan. Tidak semua orang beruntung bisa mengatur jadwal agar tercapai keseimbangan hidup. Kebanyakan orang akan menghabiskan lebih dari separuh hidupnya untuk bekerja. Coba hitung berapa jam waktu anda habiskan untuk bekerja, berapa jam untuk teman-teman, berapa jam untuk keluarga dan berapa jam untuk diri anda sendiri.

Bagi yang tinggal di kota besar seperti Jakarta, harus diperhitungkan juga waktu yang anda habiskan dalam perjalanan dari rumah ke kantor dan sebaliknya. Rutinitas ini menjadikan waktu-waktu di luar pekerjaan menjadi sangat berharga, terutama akhir pekan.

Jangan biarkan akhir pekan melewati anda begitu saja. Gunakan akhir pekan untuk menyeimbangkan kehidupan anda agar lebih berkualitas dan bisa kembali semangat dalam bekerja serta menjalani hidup. Anda bisa menemui teman atau berkumpul bersama keluarga dengan sekedar menonton atau ngobrol-ngobrol saja. Namun ada baiknya jika waktu-waktu tersebut anda sisipkan kegiatan-kegiatan bermanfaat seperti dalam tips di bawah ini:

1. Luangkan waktu anda untuk mengembangkan hobi, pelajari keterampilan baru dan kerjakan proyek pribadi anda.

Pernahkah anda mendengar bahwa otak manusia itu berhenti belajar di umur 40 tahun? Setelah umur 40 tahun, akan cukup sulit untuk mempelajari dan menerima hal-hal baru, Oleh karena itu, mempelajari keterampilan baru menjadi penting, ada kalanya keterampilan ini menjadi obat kejenuhan. Keterampilan baru ini juga bisa anda asah dalam proyek pribadi anda. Jelajahi sisi kreatif anda melalui proyek pribadi anda.

Kreativitas tidak terbatas pada seni, tidak terbatas pada gaya, tidak terbatas ekspresi. Untuk hal-hal ini anda juga dapat melibatkan keluarga atau teman anda. Kembangkanlah juga hobi anda, siapa tau kemahiran anda dalam hobi tertentu akan menjadikan hobi tersebut sumber pendapatan anda. Tentu akan sangat menyenangkan bukan bekerja untuk sesuatu yang kita senangi.

2. Bergabung dengan komunitas. Ini adalah salah satu cara untuk mengembangkan jaringan pertemanan.

Memberi kontribusi positif kepada komunitas akan meningkatkan eksistensi diri anda di luar pekerjaan. Kontribusi ini tentu akan bermanfaat baik untuk diri anda sendiri ataupun orang lain. Libatkan keluarga anda dalam hal ini, misalnya jika anda bergabung dalam komunitas pecinta lingkungan yang melakukan kampanye "buang sampah pada tempatnya", anda dapat sekalian mengajari anak bagaimana bertindak positif terhadap lingkungan.


3. Ambil liburan yang berbeda dari biasanya.

Jika anda biasanya menghabiskan liburan dengan menonton TV atau jalan-jalan ke mall bersama keluarga, maka coba lakukan berbeda. Misalnya dengan liburan ke daerah wisata terpencil tertentu dengan keluarga atau teman-teman anda, temui orang-orang dari etnis yang berbeda, dan habiskan waktu di alam terbuka, jauh dari polusi udara dan kebisingan kota besar.

Menemui orang-orang baru di tempat baru akan membantu anda mensyukuri apa yang anda miliki sekarang, dapat menjadikan anda lebih menghargai orang-orang di sekitar anda, serta memperluas pola pikir.

4. Pelajari bahasa baru. Ini dapat anda buat menyenangkan, dengan melibatkan keluarga, teman atau komunitas anda.

Misalnya, anda memiliki keinginan untuk belajar bahasa Jerman, anda bisa menjadikannya games kecil. Misalkan anda bersama keluarga membuat kesepakatan di saat makan bersama semua anggota keluarga harus menggunakan istilah-istilah dalam bahasa Jerman. Jika kedapatan tidak berbahasa Jerman, maka hukumannya adalah bercerita bebas di hadapan semua anggota keluarga. Ikatan anda dengan keluarga bisa lebih erat dan anda bisa menguasai bahasa baru.

Lebih penting lagi, anda juga dapat mengembangkan keterampilan berbicara anak anda, terutama berbicara di depan orang banyak. Saat ini cukup banyak aplikasi/ software gratisan yang bisa anda gunakan untuk mempelajari bahasa baru. Misalnya: Duolingo, Memrise, CoffeeStrap, Learn 50 Languages, Lingua.ly, ChineseSkill, Learning Japanese dan Mango Languages.

5. Perbanyaklah membaca, selain untuk meningkatkan pengetahuan juga untuk melatih anda meningkatkan fokus dan konsentrasi.

Membaca buku dapat menjaga fungsi otak, bahkan beberapa penelitian menujukan bahwa membaca buku dapat menstimulasi mental dan mencegah penyakit alzheimer dan demensia. Membaca buku juga dapat mengurangi stress, meningkatkan kualitas memori, menambah kosakata, memperluas pemikiran, dan mencegah penurunan fungsi kognitif.

Demikian, semoga bermanfaat!

Thanks for reading & sharing Guidance and Tips

Previous
« Prev Post

0 comments:

Posting Komentar

Translate to Your Language