Home » , » TIPS Terbaik Menata Meja Kerja Anda Agar Nyaman

TIPS Terbaik Menata Meja Kerja Anda Agar Nyaman

notebook
Meja Kerja


Penataan meja kerja anda terdengar sepele, namun hal ini menjadi sangat penting jika anda ingin nyaman saat bekerja. Sebagian besar waktu dalam hidup anda akan dihabiskan di meja ini, maka buatlah senyaman mungkin. Apabila kita hitung, 9-12 jam kerja sehari (atau bisa lebih), tidur ideal 8 jam, perjalanan ke/ dari tempat kerja 2 jam (bisa lebih jika macet), sisa 2-5 jam dalam satu hari mungkin dipakai untuk nongkrong, family time, atau lainnya. Jika dihitung 9 jam anda di kantor sudah 37.5% waktu anda terpakai untuk bekerja.

Berikut ini tips menata meja kerja agar nyaman demi meningkatkan produktivitas kerja anda:

meja kerja
Menata Meja Kerja


 1. Monitor PC kerja anda ideal ditempatkan di bagian sudut sebelah kiri, apalagi jika anda dominan menggunakan tangan kanan. Penempatan monitor di sudut kiri ini akan membuat tangan kanan anda lebih leluasa. Namun, jika posisi sebelah kanan terlalu banyak mendapatkan cahaya dari luar, maka posisinya dapat dibalik, monitor PC di sudut sebelah kanan. Posisi ini terbukti sangat nyaman berdasarkan pengalaman pribadi.

2. Tempatkan foto yang dapat menambah semangat dan motivasi anda. Bisa foto keluarga, ayah, ibu, pacar, istri, hobi, gebetan, makanan kegemaran, idola, target barang yang akan dibeli, rumah, foto tempat liburan impian anda, atau foto apa saja yang dapat memberikan super boost semangat dan motivasi anda bekerja. Anda dapat melirik foto tersebut di saat jenuh melanda ketika bekerja.

3. Tempatkan buku referensi tentang pekerjaan anda atau bisa juga buku referensi untuk hal-hal baru. Don't stop learning, tetap kembangkan kemampuan dan keterampilan anda. Anda bisa juga menempatkan notes/ catatan kecil (ditukar posisinya dengan nomor 5).

4. Tempat kartu nama anda, kartu nama kolega anda, dan quotes berharga yang dapat memotivasi anda. Bisa juga ditempatkan foto yang dapat memberikan semangat dan menambah motivasi anda, Jika di nomor 2 anda menempatkan foto keluarga anda, di nomor 4 anda bisa memajang foto tempat liburan impian anda. Kotak pensil yang berisi alat tulis kantor yang anda butuhkan ditempatkan di area ini juga. Mudah diraih oleh tangan kanan anda dan berdekatan dengan notes di nomor 5.


5. Catatan Kecil/ Notes/ Agenda. Tempatkan buku catatan kecil di sini, agar anda dapat segera mencatat ketika sedang mendapatkan inspirasi. Kembangkan ide-ide dan kreativitas dalam notes ini. Coret-coretan berharga yang mungkin suatu saat akan menjadi sangat berharga. Bisa juga ditempatkan majalah atau buku referensi seperti yang disebutkan di nomor 3.

6. Smartphone. Di jaman ini, smartphone sudah menjadi bagian tidak terpisahkan dari kehidupan modern. Kolega, rekan kerja, saudara, teman, keluarga semuanya dapat terhubung dalam satu smartphone.

7. Tanaman segar cocok ditempatkan di sudut kanan meja kerja, konon katanya ini bisa memicu keberuntungan dan mengundang hal-hal positif. Jika tidak ada tanaman segar, anda dapat menempatkan foto orang yang sangat anda kasihi disini. Anda juga dapat menempatkan telepon kantor anda, jika sudah tidak ada pilihan lain.

8. Area ini lebih baik dikosongkan, karena merupakan area kerja anda. Area ini dapat dikatakan sebagai arena bertarung anda, Jika anda merasa kelelahan saat duduk/ bekerja, anda dapat menarik keyboard ke arah dada anda sehingga anda dapat menyenderkan punggung, sambil tetap dapat menatap layar komputer dan melanjutkan pekerjaan.

Sekian tips untuk menata meja agar nyaman. Pada dasarnya anda dapat mengatur meja kerja senyaman mungkin dengan versi anda sendiri. Penataan meja kerja seperti di atas mungkin dapat menambah referensi anda. Semoga bermanfaat.

Thanks for reading & sharing Guidance and Tips

Previous
« Prev Post

0 comments:

Posting Komentar

Translate to Your Language