Home » , , , » 7 TIPS Mengurangi Berat Badan dengan Bersepeda

7 TIPS Mengurangi Berat Badan dengan Bersepeda

Tips to Lose Weight by Cycling
Tips Mengurangi Berat Badan dengan Bersepeda

Alkisah, di sebuah negeri antah berantah hidup satu pasangan unyu. Mereka hidup rukun, ketika tiba-tiba sang istri bercermin dan kemudian terjadi dialog seperti ini;
Istri : "Pah, aku gemukan ya..?"
Sambil lenggak-lenggok di depan cermin, hadap kanan kiri tanpa mempedulikan lawan bicara. Sang suami diam sejenak dan perasaannya mulai tidak enak, lalu menjawab dengan taktik.
Suami : "Ngga kok, masih langsing singset seksi seperti dulu.."
Istri : "Lah jawabnya masa pake "kok" siiiih, pasti aku gendutan ya?" Nada bicaranya sudah tinggi.
Suami : "Beneran maah.. masih langsing singseeet.."
Istri : "Ah kamu bohong! Pasti aku gendutan yah!? Aku benci tau kalo dibohongin!" Nada bicara sudah setinggi langit.
Suami : "Iya deh gendutan dikit, dikiiiit banget..."
Istri : "Tuh kan! Kamu ko tega banget sih bilang aku gendut! Ini gara-gara kamu sih, ngasih makan aku sampai 5x sehari, pagi nasi uduk lanjut baso mas gundut, siang makan ayam serundeng sama capcay, sore pempek palembang, malem iga bakar mas edi jangkung!"
Suami : "Lah kok begitu...tapi...tapi...tapi... yang ngunyah kan kamu, yang masukin makanan ke mulut kan kamu, yang manggil tukang baso kan kamu"
Istri : "Iya lah semua salah aku, gendut salah aku, kurus salah aku, tembem salah aku, cantik salah aku, kamu semua yang bener! .........Itu sepeda dijual aja!"
Suami : "..." terdiam sambil bertanya-tanya dalam hati kenapa ko nyambungnya ke urusan sepeda.
Istri : "..." muka sudah mulai dilipat, yang artinya mood semakin buruk.
Suami terdiam lama kemudian teringat ide bagus dan pernah sukses menghalau perang dunia ke tiga, "Supaya mood membaik, udah masuk jam makan malam nih, kita makan ikan bakar saus kecap yuk.. :D"
Istri : "..."
Istri : "..."
Istri : "..."
Istri : "...yuk..."
Suami tersenyum lebar, "yesss!"
Perang dunia ke tiga pun berhasil dicegah.

Saat makan malam sang suami memberikan beberapa tips mengurangi berat badan dengan bersepeda, berikut seperti ini tipsnya.


1. Sarapan Terlebih Dahulu Sebelum Bersepeda

Bersepeda memerlukan energi maka sebaiknya sarapan terlebih dahulu sebelum bersepeda. Sarapan dengan makanan yang sehat dan porsi secukupnya tidak sampai kenyang. Sarapan juga bertujuan untuk menghindari makan yang berlebihan ketika sesudah bersepeda, karena biasanya nafsu makan meningkat setelah bersepeda.


2. Hindari Keinginan Makan Berlebih dengan Membatasinya

Kunci dari diet untuk mengurangi berat badan adalah bukan dengan tidak memakan makanan favorit namun dengan membatasinya. Anda tetap makan namun dengan porsi yang lebih sedikit dan teratur. Justru yang menjadi permasalahan berat badan itu adalah porsi makannya. Menahan lebih lama untuk tidak memakan makanan favorit malah akan memunculkan ledakan keinginan untuk makan, yang akhirnya porsinya menjadi berlipat-lipat.


3. Jangan Mengonsumsi Obat Diet

Tinggalkan dulu obat diet, apapun itu bentuknya. Mengurangi berat badan dengan bersepeda artinya mengurangi berat badan dengan cara sehat. Obat diet biasanya akan menurunkan performa tubuh, karena caranya membersihkan tubuh tidak pilih-pilih. Yang dibersihkan tidak hanya racun tetapi juga hal-hal baik dalam tubuh juga ikut terbuang.


4. Tetap Makan dan Minum Saat Bersepeda

Saat anda beristirahat ketika bersepeda jarak jauh, sebaiknya tetap makan dan minum, jangan menjauhinya. Tidak banyak tetapi secukupnya, agar anda tetap punya energi untuk melanjutkan bersepeda. Tubuh anda tidak seperti baterai handphone, isi ulang habis isi ulang, namun jauh lebih unik. Lemak tidak dapat dibakar dengan menguras habis stamina saat bersepeda, namun tubuh harus memprosesnya agar dapat menjadi kalori yang dibakar saat bersepeda. Sayur-sayuran dapat menjadi pilihan makanan yang aman, juga sumber protein seperti daging ayam dan ikan. jangan terlalu banyak konsumsi nasi.

Minum saat bersepeda juga tidak kalah penting, kondisi tubuh harus tetap dijaga agar tidak dehidrasi dan tidak pingsan saat bersepeda. Oleh karena itu, biasanya pesepeda melengkapi dirinya dengan tas berisi water bladder.


5. Kenakan Pakaian yang Sesuai

Pakaian yang sesuai adalah yang nyaman dipakai, tidak menghambat aliran darah, menyerap keringat, dan tidak membuat gerah. Beberapa orang berpandangan bahwa untuk menurunkan berat badan harus menguras keringat, lalu mereka menggunakan pakaian yang tebal agar tubuh lebih cepat panas dan keluar keringat lebih banyak. Padahal pembakaran kalori bukan ditandai dengan keringat yang bercucuran. Jika anda membuat tubuh berkeringat dengan cara seperti itu, maka bukan turun berat badan yang anda dapat tetapi tubuh akan dehidrasi.

Kondisi tubuh dehidrasi tidak bagus untuk proses penurunan berat badan. Jika dehidrasi kemungkinan akan terasa pusing atau pingsan, dan membuat repot tim sepeda anda. Oleh karena itu, sebaiknya gunakan pakaian yang tidak membuat gerah berlebihan dan tetap menjaga agar tubuh anda tidak dehidrasi selama bersepeda.


6. Gunakan Teknik yang Tepat Saat Bersepeda

Pada artikel sebelumnya mengenai tips-tips bersepeda sudah dibahas mengenai teknik bersepeda yang baik. Misalnya adalah bersepeda dengan mempercepat kayuhan saat menanjak, teknik seperti ini membantu tubuh untuk menyerap oksigen lebih banyak, dan melancarkan proses pembakaran kalori. Anda juga dapat mempercepat kayuhan walaupun kondisi jalan rata dan atur pernapasan anda.

Bersepeda dengan teknik yang tepat, selain dapat membakar kalori dengan baik juga tetap menjaga keamanan dan keselamatan saat bersepeda.


7. Interval Training dengan Menggunakan Sepeda

Interval training adalah serangkaian latihan fisik yang diulang-ulang. Anda bisa googling atau akses yutub mengenai video interval training. Jika belum terbiasa, pilih interval training dengan waktu yang paling singkat. Latihan interval ini dapat sedikit dimasukan ke dalam rutinitas gowes, apalagi jika anda gowes setiap hari setiap pagi. Dikutip dari www.bicycling.com, berikut ini latihannya, pilih salah satu latihan interval berikut dan bisa anda tambahkan saat gowes tidak lebih dari 2 kali seminggu. Pemanasan dengan mengayuh ringan selama minimal 15 menit dan pendinginan selama anda butuhkan.

(1) Flying 40s to Enhance Muscular Endurance (40 detik untuk melatih ketahanan otot).

Tujuannya untuk membangun kekuatan dan melatih tubuh Anda agar dapat pulih dengan cepat. Gunakan kombinasi gigi sedang sampai besar (sproket paling kecil). 1 set latihannya dengan mengayuh pedal sekuat tenaga selama 40 detik, lalu kayuh dengan santai 20 detik. Ulangi 10 kali. Lakukan hingga empat set, istirahat lima menit antara set.

(2) 10-Speeds to Improve Pedaling Efficiency (10 detik untuk meningkatkan efisiensi mengayuh pedal).

Latihan ringan yang bertujuan untuk melatih efisiensi pedalling. Pilih kombinasi gigi yang bisa kita kayuh pada 90 - 110 RPM, lalu kayuh pedal dengan cadence 90-110 RPM sekuat tenaga selama 10 detik, kemudian kayuh dengan santai selama 20 detik. Ulangi selama 10 - 15 menit. Lalu istirahat selama 5 menit. Lakukan lagi 1 set lagi.

(3) Hill Charges to Climb Stronger (Latihan untuk menanjak lebih kuat).

Lakukan climbing dengan posisi berdiri secepat mungkin selama 30 detik, pada tanjakan dengan tingkat kecuraman sedang. Turun membali lagi ke bawah, kemudian ulangi lagi dengan posisi duduk. Lakukan bergantian antara posisi berdiri dan duduk enam kali. Istirahat 10 menit. Lakukan satu set lagi.

(4)Tabata Intervals to Build Power (Latihan interval untuk membangun kekuatan).

Latihan ini dikembangkan oleh orang Jepang bernama Izumi Tabata, yang ditujukan untuk melatih tubuh anda menggunakan lebih banyak otot. Kita dapat mempertahankan kekuatan sprint selama 60 menit dengan meningkatkan intensitas. Sprint sekeras mungkin selama 20 detik, lalu meluncur (coasting) selama 10 detik, ulangi sebanyak enam sampai delapan kali.

(5) Attack Intervals to Increase Your Threshold (Latihan interval untuk meningkatkan batas kemampuan kita)

Latihan ini akan meningkatkan ambang batas kemampuan kita. 1 set latihannya: kayuh pedal sekuat tenaga kita selama 2-3 menit, pulihkan tenaga dengan kayuhan santai selama 2 menit. Lakukan 3 set.

Interval training dapat dilakukan jika anda sudah terbiasa bersepeda, dan tujuannya lebih ke mempertahankan bentuk tubuh ideal dan meningkatkan stamina serta kekuatan. Jika masih belum terbiasa bersepeda anda dapat lakukan namun dengan tetap melihat batas kemampuan tubuh anda. Interval training ini dapat membakar kalori dengan efektif.

Thanks for reading & sharing Guidance and Tips

Previous
« Prev Post

1 comments:


  1. Lagi Butuh Uang ? ??
    Ingin mendapatkan Uang jajan lebih ?
    Dominopelangi.net SOLUSINYA
    Login dan Mainkan Game nya
    Tersedia 8 Game dalam 1 UserID
    Ayo Gabung bersama kami di DOMINOPELANGI (.)net
    Jangan Menunda Kemenangan Bermain Anda ! Segera Daftarkan User ID nya & Mainkan Kartu Bagusnya.
    Kami hadirkan permainan Terbaik dari DOMINO206 permainan
    dalam website
    Pusat Game Domino ONline Terpercaya Se-Asia
    Hanya cukup menggunakan 1ID saja anda sudah bisa menikmati 8 game Populer

    - Domino99
    - BandarQ
    - Poker
    - AduQ
    - Capsa Susun
    - Bandar Poker
    - Sakong Online
    - Bandar 66

    Tunggu apa lagi silahkan Registrasi diri anda bersama kami.
    Dan nikmati kembali BONUS REFFERAL terbesar 15% untuk anda.
    Untuk lebih informasi lebih lanjut kalian bisa langsung berdikskusi
    langsung dengan CS handal.

    MInimal Deposit 20rb
    Minimal Witdraw 20rb

    BBM : 2BE3D683 / E3EE3B63
    WA : (+85587480626)
    LINE : DOMINO206
    IG : domino_206


    Link Alternatif
    WWW .DOMINOPELANGI. NET
    WWW .DOMINOPELANGI. COM
    WWW .PELANGIDOMINO. NET

    Bank Online 24 jam (kecuali gangguan)
    - BNI
    - BCA
    - BRI
    - MANDIRI
    - DANAMON

    Salam Kemenangan ^_^

    BalasHapus

Translate to Your Language