Home » , » GUIDANCE: Cara Membaca Spesifikasi Handphone/ Smartphone Part 3

GUIDANCE: Cara Membaca Spesifikasi Handphone/ Smartphone Part 3

telepon, telepon pintar, tablet
Berbagai macam bentuk dan spesifikasi handphone dan smart phone


Berikut ini saya akan sharing beberapa penjelasan dari istilah yang biasanya muncul di spesifikasi handphone. Penjelasan disini jauh dari pengertian ilmiah, hanya pengertian secara umum yang dipahami oleh orang awam seperti saya.
Contoh spesifikasi di bawah ini adalah Smartphone seharga dibawah 2 jutaan.
Artikel ini merupakan lanjutan dari dua artikel sebelumnya.

Cara Membaca Spesifikasi Handphone/ Smartphone Part 1
Cara Membaca Spesifikasi Handphone/ Smartphone Part 2

1. Sensors Accelerometer

Sensor Accelerometer merupakan salah satu fitur pada smartphone android yang berfungsi untuk menentukan derajat kemiringan dari smartphone, Sistem mendeteksi orientasi perangkat berdasarkan gerakan ke segala arah, fungsinya untuk mengukur percepatan gerakan bahwa perangkat mengalami perubahan relatif pada posisi kanan, kiri, atas, bawah, dan datar. Sensor ini bekerjasama dengan gyroscope saat mengatifkan fitur auto screen rotation.

2. Proximity Sensor

Proximity sensor adalah sensor untuk mengukur jarak perangkat dengan benda lain. Fungsinya terasa pada saat melakukan percapakan di telepon, jika perangkat didekatkan ke telinga maka secara otomatis mengunci atau mematikan layar. Ini untuk mencegah munculnya command dari sentuhan yang tidak dikehendaki.

3. Messaging

Fitur messaging merupakan fitur yang wajib ada untuk sebuah smartphone, terdiri dari beberapa macam, yaitu SMS, MMS, Email, Push Mail, dan IM.

Short Message Service (SMS) adalah fasilitas untuk mengirim dan menerima suatu pesan singkat berupa TEKS melalui perangkat nirkabel. SMS tidak seperti aplikasi chat pada umumnya, jumlah karakter yang dapat dikirim terbatas, jika lebih maka harus membayar lebih besar. SMS pada awalnya dirancang untuk jaringan GSM, namun sekarang dapat bergerak di jaringan lainnya, termasuk UMTS.

Kapasitas pesan SMS maksimal 140 bytes, yaitu 140 karakter 8-bit atau 160 karakter 7-bit atau 70 karakter 16-bit untuk bahasa Jepang, Mandarin, Korea yang memakai kanji. Jika pesan yang dikirimkan melebihi kapasitas maka akan memotong pulsa lebih banyak.

SMS juga dapat mengirim gambar, suara dan film, inilah yang disebut dengan Multimedia Messaging Service (MMS). MMS adalah sebuah standar layanan pesan telepon untuk mengirim pesan yang mengandung objek multimedia, seperti gambar, audio, video, serta rich text.

Bentuk messaging dengan SMS ataupun MMS di kota besar sudah mulai ditinggalkan karena fungsinya terkalahkan oleh aplikasi chatting. SMS hanya digunakan saat kondisi darurat, tidak punya paket internet, ataupun disaat tidak dapat sinyal data karena SMS dapat dikirimkan melalui jaringan GSM.

Bentuk messaging lainnya adalah Push Mail yang merupakan sistem surat elektronik yang mampu selalu siaga setiap saat, dimana surat elektronik akan secara aktif dipindahkan/ didorong oleh server ke agen pengguna surat elektronik. Dengan push mail memungkinkan untuk sinkronisasi email setiap saat.

Browser HTML

Browser HTML merupakan aplikasi yang digunakan untuk berselancar di internet dan mampu membaca dan menampilkan formatnya dalam bentuk Hyper Text Markup Language. Ini artinya perangkat sudah memiliki perangkat lunak yang berfungsi untuk menerima dan menyajikan sumber informasi di Internet.

Java

Java merupakan bahasa pemrograman yang dapat dijalankan di berbagai komputer dan gadget.
Bahasa pemrograman ini berorientasi pada objek dan program java tersusun dari bagian yang disebut kelas. Java adalah salah satu plug-in penting pada internet browser, yang fungsinya untuk menjalankan javascript yang ada dalam halaman web. Singkatnya javascript adalah sebuah sumber kode yang dapat dieksekusi pada komputer pemakai (client) tidak pada server seperti sumber kode PHP. Untuk dapat mengeksekusinya maka diperlukan java runtime environtment agar dapat berjalan.

MP4

MP4 atau MPEG-4 adalah salah satu format gambar bergerak/ video digital yang menggunakan ekstensi .mp4, dan merupakan pengembangan dari format quick time komputer Apple. Jika smartphone anda support MP4 artinya dapat digunakan untuk memutar video dengan format mp4.

MP3

MP3 adalah salah satu format audio yang memiliki kompresi baik sehingga ukuran file bisa menjadi sangat kecil. Nama lengkapnya adalah MPEG-1 audio layer 3. MP3 merupakan format yang compact, walaupun ukuran filenya sangat kecil jika dibandingkan dengan format audio lainnya, tetapi kualitas audionya tetap baik.

Photo/ Video Editor

Pada beberapa smartphone sudah dilengkapi dengan software/ aplikasi untuk edit foto dan video. Seperti aplikasi "Studio" pada smartphone Samsung, aplikasi ini sudah termasuk di dalam sistem, dapat dipakai untuk editing foto sederhana. photo collage, dan video trimmer.

Document Viewer

Nyaris semua smartphone juga dilengkapi dengan aplikasi untuk membuka dokumen standar, yaitu dengan format extension .doc, .pdf, .xls. Ada juga tipe document viewer yang bukan aplikasi berdiri sendiri, tetapi berupa plugin/ tambahan pada internet browser ataupun aplikasi untuk membuka email.

Battery

Informasi mengenai baterai pada spesifikasi smartphone biasanya hanya mencakup tiga hal, yaitu:
1. Removable or not, apakah baterainya dapat dilepaskan sendiri tanpa bantuan teknisi?
2. Tipe baterai, pada umumnya ada 4 tipe baterai yang dipakai di handphone/ smartphone:
- Tipe Lithium Ion (Li-Ion), ini merupakan baterai yang populer dipakai di smartphone, karena memiliki kepadatan energi terbaik, tidak ada efek memori baterai, persentase kehilangan energi ketika tidak dipakai sangat kecil. Kelebihan Lithium Ion (Li-Ion), yaitu umur lebih lama dari baterai lain dan bertahan lebih lama dalam siklus isi ulang energi, sementara itu kelemahannya adalah baterai sensitif terhadap suhu yang tinggi, dan dipakai atau tidak baterai tetap akan expired.

- Tipe Lithium Polymer (Li-Poly), jenis ini juga sangat populer dipakai untuk gadget dan smartphone. Kelebihannya kapasitas lebih besar dengan bentuk lebih kecil, sementara kelemahannya baterai dapat berubah bentuk karena tekanan, persentase kehilangan energi saat tidak dipakai lebih besar daripada li-ion, memiliki sedikit efek memori sehingga pemakaian cukup merepotkan apabila ingin awet. Baterai ini banyak dipakai di smartphone low-end.

- Tipe Nickle Metal Hybrid (NiMH), merupakan generasi baterai sebelum lithium, teknologinya masih sangat terbatas. Memiliki efek memori walau hanya sementara, lebih rentan pada pemakaian jangka panjang.

- Tipe Nickle Cadmium (NiCd), merupakan cikal bakal nickel metal hybrid. Lebih banyak kelemahan daripada kelebihan. Tidak ramah lingkungan, efek memori sangat besar, pemakaian merepotkan, pengisian energi harus pada posisi baterai benar-benar kosong dan harus sampai penuh. Saat ini sudah sangat jarang atau tidak ada produsen smartphone yang memakai baterai jenis ini.

3. Kapasitas Baterai, ini menunjukan seberapa banyak energi yang dapat ditampung oleh baterai. Satuan biasanya adalah "mAh" yaitu miliampere-hour. Berikut ini beberapa satuan yang sering dipakai pada baterai smartphone: \
- volt  / V adalah satuan yang menyatakan tegangan pada baterai.
- Watt / W adalah satuan yang menyatakan daya atau konsumsi energi. Rumusnya watt (daya) = volt (tegangan) x ampere (arus). Semakin besar daya maka akan semakin besar konsumsi energi.
- mAh (miliampere-hour) adalah gabungan dari satuan energi mA (miliampere) dan satuan waktu hour (jam). Satuan ini dipakai di baterai, yaitu hasil perkalian antara arus yang diberikan oleh baterai dan berapa lama baterai tersebut dapat memberikan arus sebesar tersebut.


Talk time 

Informasi ini berkaitan dengan durasi smartphone jika dipakai secara non-stop untuk menelpon, pada jaringan tertentu. Misalnya jika informasi yang tertera seperti ini: "Talk time Up to 11 h (3G)" artinya smartphone tersebut dapat dipakai untuk menelpon sampai dengan 11 jam dalam jaringan 3G, dari posisi baterai penuh sampai dengan kosong. Namun parameter pengukuran ini mengenyampingkan sinyal dan aplikasi lain yang berjalan di background, misalnya sinkronisasi email, aplikasi chatting, alarm, jam, lokasi dan sebagainya. Pada prakteknya tidak akan sampai selama itu, karena sinyal di tiap lokasi berbeda dan ada aplikasi yang running di background.

Music play

Hampir sama dengan talk time, namun ini adalah durasi smartphone jika dipakai secra non-stop untuk memutar musik. Jika keterangannya adalah "Music play Up to 41 h" artinya smartphone dapat dipakai untuk memutar musik sampai dengan 41 jam, dengan catatan tidak termasuk energi untuk aplikasi lain yang berjalan.

MISC Colors 

Ini merupakan informasi varian warna yang tersedia dari pabrikan smartphone. Anda harus cermat membacanya karena terkadang tidak semua warna masuk ke Indonesia.

TESTS Performance

Informasi ini berisi tentang hasil tes yang dilakukan terhadap smartphone tersebut, biasanya menggunakan Basemark OS II atau Basemark X. Hasilnya ditunjukan dengan score tertentu, semakin besar angkanya maka performance semakin baik.

Loudspeaker Voice

Berisi tentang informasi suara/ audio yang dapat dihasilkan oleh loudspeaker standar smartphone, biasanya menggunakan satuan desibel (dB).

Battery life

Ini merupakan serangkaian hasil tes baterai pada pemakaian smartphone secara optimal, biasanya ditunjukan dengan rata-rata dan dibandingkan dengan rating ketahanan baterai smartphone pada umumnya. Jika informasinya menyebutkan "Endurance rating 67h", baterai smartphone dapat bertahan sampai dengan 67 jam.

Demikian artikel mengenai cara membaca spesifikasi handphone/ smartphone part 3, ini merupakan artikel penutup. Semoga bermanfaat!

Thanks for reading & sharing Guidance and Tips

Previous
« Prev Post

0 comments:

Posting Komentar

Translate to Your Language