Home » , , » Tips Menghadapi Hari Pertama kerja

Tips Menghadapi Hari Pertama kerja

working
Persiapan Kerja


Hari pertama masuk kerja memang selalu mendebarkan, apalagi bagi anda yang benar-benar baru memasuki dunia kerja. Perasaan senang, grogi, khawatir, campur aduk menjadi satu. Ini bukan tanpa alasan, karena hari pertama ini menentukan first impression anda di hadapan rekan kerja dan para bos. Karena itulah anda harus mempersiapkan hari pertama kerja ini dengan sebaik-baiknya. Agar ke depannya anda dapat lebih mudah beradaptasi dengan lingkungan pekerjaan anda. Berikut ini tipsnya:

1. Berpakaian yang terbaik dan ternyaman untuk anda. Penampilan anda akan menentukan kesan pertama anda di hadapan rekan kerja. Pakailah pakaian terbaik, rapih, tidak berlebihan, dan sesuai dengan peraturan perusahaan, apakah formal, casual ataukah bebas. Pertahankan rasa percaya diri dengan memakai pakaian terbaik dan ternyaman untuk anda.

2. Persiapkan apa saja yang harus anda bawa ke kantor. Persiapan ini bisa anda lakukan sehari sebelum kerja, minimal pikirkan apa yang harus anda bawa. Mulai dari dokumen-dokumen sampai ke peralatan pribadi yang diperlukan

3. Tidur dan istirahat yang cukup.
Ini penting agar menjaga agar bisa fokus bekerja dan terlihat fresh. Jika anda berniat merayakan pekerjaan pertama anda dengan teman-teman anda, maka jangan satu hari sebelumnya. Jangan sampai anda terlihat mengantuk, lemas, dan tidak bisa konsentrasi saat bekerja.

4. Datang lebih awal atau tepat waktu. Ini penting! Jangan sampai anda datang terlambat di hari pertama bekerja, akan jadi nilai negatif di hadapan para atasan dan para rekan kerja. Alasan macet atau apapun tidak akan diterima, oleh karena itu anda sebaiknya berangkat lebih awal.

5. Jangan lupa untuk senyum. Tersenyum adalah cara yang paling mudah dan efektif untuk membangun kepercayaan diri dan menjalin hubungan baik dengan sekelilng anda.

6. Ramah kepada semua orang dan mulai hubungan yang baik. Jangan pernah berpikir atasan anda akan mengenalkan anda ke rekan kerja lain, itu tidak akan terjadi (Kecuali mungkin jika anda anak orang penting di perusahaan tersebut). Masing-masing orang akan sibuk dengan pekerjaannya masing-masing. Anda sendiri yang harus mempunyai inisiatif memperkenalkan diri, jangan malu-malu karena hal ini. Ingat nama-nama dan wajah-wajah yang anda ajak kenalan. Namun pilih waktu yang tepat untuk berkenalan, jika perlu tanyakan terlebih dahulu apakah sedang sibuk atau tidak.

7. Ucapkan terima kasih. Hari pertama bekerja sangat mungkin anda akan mendapatkan bantuan dari beberapa rekan kerja. Maka jangan lupa ucapkan terima kasih kepada siapapun yang membantu anda. Jangan melihat jabatan untuk berterima kasih, jika anda adalah seorang manager dan mendapatkan bantuan kecil dari office salah satu staf, jangan lupa ucapkan terima kasih. Dalam dunia kerja naik-turun itu pasti terjadi, promosi ataupun demosi. Siapa tahu orang yang anda ucapkan terima kasih suatu saat posisinya akan sama atau lebih tinggi dari anda, dan mungkin merekomendasikan anda untuk suatu proyek besar.

8. Jangan malu bertanya. Jika anda kebingungan terhadap sesuatu maka jangan malu bertanya. Kebingungan saat hari pertama kerja itu wajar. Tanyalah orang yang tepat, maksudnya tanya sesuai keahliannya atau kesediaan waktunya. Jangan sampai rekan kerja anda merasa terganggu karena anda bertanya di tengah kesibukan pekerjaannya. Dengarkan baik-baik dan catat jawabannya jika penting, gali informasi tentang perusahaan ataupun proyek yang sedang berjalan.

9. Siapkan catatan. Sebuah catatan kecil akan sangat membantu anda sekarang ataupun nanti. Catat informasi-informasi penting yang anda dapat. Mulai dari instruksi dari atasan anda, atau informasi lainnya, seperti saran-saran dari atasan dan informasi penting dari rekan kerja. Jika anda kesulitan menghapal nama dan jabatan rekan kerja anda, anda juga dapat mencatatnya. Secara psikologis orang yang berbicara dengan anda akan menyadari bahwa anda menghargai interaksi yang terjadi dengan mencatatnya.

10. Baca email-email agar update informasi terbaru. Ketinggalan informasi adalah sebuah bencana. Salah satu sumber untuk update informasi adalah email yang anda punya. Jangan membatasi informasi hanya untuk divisi tempat anda bekerja saja. Baca semuanya karena setiap informasi yang ada dalam email pasti ada manfaatnya untuk anda. Perusahaan berjalan berdasarkan sebuah sistem yang dijalankan oleh masing-masing fungsi. Penting bagi anda agar tahu dimana fungsi yang menjadi tanggung jawab anda, dan pengaruhnya kepada sistem dan divisi lain. Anda akan dikenal sebagai orang yang berwawasan luas jika anda mengetahui hal yang sedang terjadi.

11. Selesaikan tugas pertama sebaik-baiknya. Tugas pertama terkadang tidak sesuai dengan ekspektasi anda, bisa jadi lebih bagus ataupun lebih buruk. Fokuskan perhatian dan konsentrasi anda untuk menyelesaikan tugas pertama ini dengan sebaik-baiknya. Simak dan perhatikan baik-baik instruksi dan arahan dari atasan anda, lalu kerjakan sebaik dan secepat mungkin. Lakukan dobelcek sebelum tugas tersebut anda nyatakan selesai.

12. Makan siang dengan tim anda. Atasan tertentu akan mengajak anda dan tim untuk makan siang bersama. Tapi ada juga yang tidak peduli dengan hal tersebut. Maka anda harus berinisiatif untuk mengajak makan siang rekan kerja anda. Biasanya saat makan siang beberapa orang akan mulai berkelompok tidak hanya dengan satu departemen saja untuk makan siang di suatu tempat, anda dapat juga join dengan mereka.

13. Inisiatif dan membantu rekan kerja anda. Karyawan yang memiliki inisiatif tinggi saat ini sudah sangat langka keberadaannya. Biasanya harus menunggu instruksi baru mengerjakan sesuatu. Jika anda sudah selesai mengerjakan tugas yang diberikan atasan, coba tanyakan anda dapat membantu mengerjakan pekerjaan apa lagi. Anda juga dapat mengerjakan tugas melebihi ekspektasi dari atasan. Jika ada kesempatan untuk membantu rekan kerja, maka anda dapat juga membantunya. Tidak menutup kemungkinan jika suatu saat andalah yang super sibuk dan membutuhkan bantuan rekan kerja anda.

14. Cari mentor. Di hari pertama kerja mungkin anda akan berkenalan atau dikenalkan dengan rekan kerja yang sudah senior. Carilah rekan kerja yang dapat anda jadikan mentor, yang akan membantu anda langsung dan mendukung perkembangan karir anda dan perusahaan. Senior yang dapat dijadikan mentor biasanya tidak pelit dengan ilmu dan senang membagikan pengalaman mereka demi kemajuan bersama.

15. Hindari gosip. Ada kalanya di hari pertama bekerja, anda akan menemukan rekan-rekan kerja penebar kebencian, penyuka gosip, senang menggunjingkan orang lain, dan memburuk-burukan perusahaan. Lebih baik anda ambil jarak, jangan ikut campur langsung urusan orang lain ini. Obrolan-obrolan negatif ini hanya akan menekan pikiran positif dan merugikan anda.

16. Tetap bersikap positif. Apapun yang terjadi di hari pertama kerja, anda harus menghadapinya dengan sikap positif. Jangan sampai obrolan-obrolan negatif menjadikan demotivasi untuk anda. Tetaplah berikan ekspresi wajah penuh senyum dan ramah, dan tetaplah yakin dengan karir anda saat ini.

17. Pulang lebih lambat. Ada baiknya anda pulang setelah atasan anda pulang. Jangan dulu pulang jika atasan anda masih sibuk dengan pekerjaannya, kecuali jika atasan anda sudah menyuruh pulang duluan. Ini tidak termasuk ke dalam peratusan perusahaan tertulis, namun ini adalah sebuah etika dalam bekerja, dengan begini atasan akan merasa lebih dihargai.

Demikian tips untuk menghadapi hari pertama bekerja, semoga bermanfaat!

Thanks for reading & sharing Guidance and Tips

Previous
« Prev Post

0 comments:

Posting Komentar

Translate to Your Language