Home » , » 7 TIPS Agar Puasa Tidak Terasa Berat

7 TIPS Agar Puasa Tidak Terasa Berat

iced sweet tea
Es Teh Manis segar untuk berbuka puasa

Bulan Ramadhan adalah bulan yang istimewa bagi umat Islam. Di bulan ini, umat islam yang beriman diwajibkan untuk berpuasa, tidak makan dan minum dari semenjak imsyak sampai dengan waktu magrib tiba. Bagi kamu yang terbiasa makan 3 kali sehari tentu perubahan ini akan cukup terasa signifikan karena perubahan pola makna, nah berikut ini beberapa tips agar puasa terasa ringan.

1. Mengakhirkan Sahur.

Ini disunahkan dengan tujuan energi dari makanan sahur akan bertahan lebih lama di dalam tubuh, kamu akan lebih kuat saat menjalankan puasa. Jadi jika waktu imsyak jam 04.30 pagi, sebaiknya kamu jangan sahur di jam 1 malam atau lebih awal. Sahur mendekati waktu imsyak akan lebih baik.

2. Makan jangan berlebihan

Jika kamu makan berlebihan, tubuh kamu akan membutuhkan lebih banyak energi untuk mencernanya. Ini akan membuat tubuh lebih cepat letih dan mengantuk. Sebaiknya bukan porsinya yang diperbanyak, makan secukupnya saja namun perhatikan kandungan nutrisi yang dibutuhkan seperti protein, karbohidrat, vitamin dan mineral.

3. Pilih jenis makanan dengan baik

Makanan yang baik untuk dikonsumsi saat sahur adalah makanan yang mengandung karbohidrat kompleks. Ini merupakan jenis karbohidrat yang kaya akan serat dan tidak langsung dicerna oleh tubuh. Proses pencernaannya membutuhkan waktu lebih lama. Beberapa makanan yang mengandung karbohidrat kompleks adalah oat, beras merah, gandum, brokoli, bayam, ubi, kentang, kacang merah, kedelai, dan sebagainya.

Makanan lain yang baik dikonsumsi saat sahur adalah makanan yang berprotein, yang dapat membuat kamu tidak mudah merasa lapar. Beberapa makanan sumber protein hewani seperti ikan, telur, susu dan daging akan membuat kamu merasa kenyang lebih lama. Protein juga menghasilkan tenaga, karbohidrat yang kamu konsumsi akan diolah menjadi energi dengan bantuan protein. Protein terdapat dalam berbagai macam makanan, selain contoh diatas ada juga makanan sumber protein nabati yaitu kacang kedelai, kacang hijau, kacang almond, kacang merah, kacang mede.

Kamu harus mengurangi makanan yang mengandung garam yang tinggi. Selain untuk mengurangi resiko penyakit jantung, darah tinggi dan stroke, konsumsi makanan dengan kandungan garam tinggi akan membuat kamu lebih cepat merasa haus. Kelebihan natrium dari garam yang kita konsumsi akan dibuang oleh ginjal. Natrium yang berlebihan di dalam darah akan  menarik air dari dalam sel.

4. Perbanyak minum air putih

Pastikan kamu minum air putih minimal 8 gelas per hari, hitungan ini kira-kira sebanyak 2 liter. Hitung mulai dari kamu berbuka puasa sampai dengan sahur. Misalnya kamu minum 2 gelas air putih saat berbuka puasa, sebelum tarawih 1 gelas, saat tarawih 1 gelas, sesudah tarawih 1 gelas, sebelum tidur 2 gelas, bangun tidur saat menyiapkan sahur 1 gelas, dan setelah sahur 1 gelas. Dengan cara ini keseimbangan cairan tubuh akan tetap terjaga saat berpuasa.

5. Jangan tidur setelah sahur

Tidur setelah sahur akan membuat badan terasa lemas, tenggorokan kering, dan terasa mengantuk terus menerus sepanjang hari. Kebiasaan ini dianut oleh kebanyakan orang di Indonesia, bahkan cenderung akan melewatkan waktu Sholat Subuh. Puasa kamu akan terasa lebih berat jika membiasakan tidur setelah sahur, tubuh akan lebih manja. Sebaiknya lakukan aktivitas ringan dengan tujuan untuk mengadaptasikan tubuh dengan pola makan baru ini.

6. Olahraga saat berpuasa

Olahraga ketika berpuasa, kenapa tidak? Justru ini sangat baik untuk tubuh kamu. Kamu akan tetap merasa sehat, bugar dan kuat untuk berpuasa di keesokan harinya. Sebaiknya olahraga dilakukan menjelang berbuka puasa, agar mengurangi resiko puasa batal karena kehausan dan tubuh kekurangan cairan. Cukup 15-30 menit berolahraga ringan, dan tetap ketahui batasan tubuh kamu. Bersepeda santai sore hari, jalan santai, berolahraga ringan apapun atau sekedar lari sore.

7. Segerakan berbuka puasa dan makan secukupnya

Salah satu sunah lainnya adalah menyegerakan untuk berbuka puasa. Jangan ditunda-tunda, segera berbuka puasa setelah waktu magrib tiba, setelah adzan berkumandang. Segera namun tidak terburu-buru. Biasakan makan dan minum secukupnya, agar badan kamu tidak 'kaget'. Terlalu banyak makan hanya akan membuat kamu mengantuk, lebih parah perut akan terasa sakit.

8. Jalani puasa dengan ikhlas dan sebaik-baiknya

Salah satu cara ampuh agar puasa tidak terasa berat adalah dengan menjalaninya dengan baik dan ikhlas. Caranya dengan tidak mengeluh lapar/ haus, tidak terlalu banyak membayangkan makanan untuk berbuka nanti, tidak menggerutu, ikuti aturannya dan jalankan sunahnya.

Demikian artikel tips agar puasa tidak terasa berat. Semoga bermanfaat!

Thanks for reading & sharing Guidance and Tips

Previous
« Prev Post

3 comments:

Translate to Your Language