Home » , , » Cara Menangani Rasa Takut Naik Pesawat

Cara Menangani Rasa Takut Naik Pesawat

pesawat terbang
Pemandangan dari kabin pesawat

Transportasi udara dapat menjadi pilihan terbaik untuk bepergian, salah satunya untuk mudik ke kampung halaman. Transportasi udara/ pesawat memiliki beberapa kelebihan, yaitu perjalanan menjadi jauh lebih cepat dan perjalanan jauh lebih nyaman. Kelebihan ini tentu dibayar dengan harga tiket yang lebih tinggi dibandingkan transportasi darat dan laut. Namun ada juga yang tidak memilih transportasi udara bukan karena budget tapi dengan alasan takut dan khawatir.

Jika suatu saat anda harus naik pesawat terbang demi perjalanan cepat, tetapi anda takut, simak berikut ini beberapa tips untuk mengatasi rasa takut dan khawatir anda yang berlebihan.


1. Hindari duduk tepat di samping jendela

Walau tempat duduk di samping jendela ini adalah tempat duduk favorit kebanyakan orang, namun jika anda takut naik pesawat sebaiknya hindari tempat duduk ini. Apalagi di saat yang menegangkan yaitu saat take-off dan landing jendela wajib dibuka, pemandangan dari jendela pesawat tentu akan lebih membuat anda waswas dan gelisah.

Anda dapat request tempat duduk ini saat check-in, namun pastikan anda check-in lebih awal jangan terlalu dekat dengan waktu boarding.


2. Tidur saat di pesawat

Banyak orang yang menjalani penerbangan dengan tidur di pesawat, khususnya untuk penerbangan dengan rute pendek dan jam terbang pendek. Cara ini akan membuat waktu penerbangan terasa berlalu lebih cepat. Tidur sesaat setelah boarding kemudian baru bangun setelah landing.


3. Jangan minum kopi

Sebelum terbang sebaiknya anda tidak minum kopi, karena kopi dapat menyebabkan jantung berdetak kencang dan tidak teratur. Kopi juga meningkatkan asam lambung, menyebabkan lebih banyak buang air kecil, perubahan suasana hati (mudah marah, gelisah, dan gugup) dan insomnia. Efek yang ditimbulkan oleh kopi ini tergantung dari masing-masing orang. Anda juga harus menghindari konsumsi kopi saat perut kosong, karena kemungkinan akan menyebabkan gastritis.


4. Pilih tempat duduk di depan

Bagi sebagian orang, tempat duduk di bagian depan pesawat lebih baik karena tekanan saat terjadi turbulence terasa lebih sedikit. Namun ini tidak ada bukti ilmiah yang membuktikan kebenarannya. Tapi tidak ada salahnya untuk mencoba mengurangi rasa takut anda.


5. Sibukan diri

Maskapai tertentu menyediakan bermacam hiburan walaupun tiket kelas ekonomi. Anda dapat memanfaatkannya untuk mengalihkan perhatian anda dari penerbangan. Mulailah sibukan diri anda sesaat setelah boarding dan sebelum lepas landas. Mendengarkan musik, membaca majalah, menonton film, bermain game dan sebagainya. Waktu akan terasa berlalu lebih cepat dengan kesibukan ini, sehingga waktu penerbangan tidak akan terasa.


6. Ngobrol dengan penumpang di sebelah anda

Pilihan ini tentu tergantung dari karakter anda dan kesediaan penumpang di sebelah anda. Jika mengobrol dapat membantu mengurangi rasa cemas, gelisah dan takut anda maka cobalah ngobrol dengan penumpang lain. Namun tidak semua penumpang dapat anda ajak ngobrol. Lihat terlebih dahulu reaksinya setelah anda sapa, sebelum mengajaknya ngobrol lebih jauh.


7. Tetap berpikiran positif

Berpikiran positif akan membantu anda dalam hal apapun, termasuk untuk menangani rasa takut naik pesawat. Pikirkan bahwa setiap pesawat itu aman, karena sudah dibekali dengan perangkat keselamatan, lolos uji keselamatan, pesawat dicek oleh teknisi terlatih setiap saat akan terbang, penerbangan didampingi para awak kabin yang sudah terlatih, diterbangkan oleh pilot ahli dengan jam terbang tinggi. Pikirkan apapun yang dapat membuat pikiran anda positif.


8. Pilih Maskapai yang benar-benar serius menangani Safety

Semua maskapai penerbangan pasti serius dalam menangani urusan safety/keselamatan. Namun untuk memastikannya, anda dapat mencari tahu maskapai mana dengan reputasi baik dan maskapai mana yang reputasinya buruk. Perbedaan harga tiket dapat menjadi tolok ukurnya. Dengan memilih maskapai penerbangan yang tepat setidaknya, mengurangi kekhawatiran terjadi kesalahan dari pihak penyedia jasa transportasi itu sendiri. Ini membantu anda membangun pikiran dan perasaan positif saat akan menjalani penerbangan.

Thanks for reading & sharing Guidance and Tips

Previous
« Prev Post

0 comments:

Posting Komentar

Translate to Your Language