Home » , , » 8 CARA Mendapatkan Tiket Pesawat Murah

8 CARA Mendapatkan Tiket Pesawat Murah

Ticket and Passport
Tiket dan Passport

Jalan-jalan, liburan, mudik, atau kemanapun menggunakan pesawat tentu membutuhkan budget yang lebih ketimbang menggunakan jalur darat. Saat peak season tak tanggung-tanggung harga tiket bisa 2-3 kali lipat dari harga biasanya. Nah, bagi anda yang ingin meminimalisirkan budget transportasi, simak tips berikut ini untuk mendapatkan tiket pesawat yang murah:

1. Pesan Tiket dari jauh-jauh hari.

Maskapai tertentu terkadang memberikan promo potongan harga besar-besaran untuk pemesanan dari jauh-jauh hari. Maksudnya benar-benar jauh mungkin bisa sampai 6 bulan sebelumnya. Anda bisa mendapatkan harga tiket yang jauh lebih murah, namun dengan resiko jadwalnya berbenturan dengan kepentingan lain.


2. Pesan Tiket via Online ke Website Maskapai

Pesan via online langsung ke website maskapai biasanya mendapatkan harga yang lebih murah. Cara ini lebih efektif, anda tidak perlu cetak tiket pesawat, cukup menunjukan e-ticket alias tiket elektronik yang sudah issued kepada petugas yang ada di gate ataupun saat check-in.

Beberapa situs penerbangan menyediakan fasilitas online alerts. Anda hanya perlu memasukan rencana tanggal penerbangan, budgetnya berapa, dan isikan kontak serta alamat email anda. Selanjutnya anda akan mendapatkan notifikasi melalui email atau kontak yang anda berikan sebelumnya.

Anda juga dapat mendaftarkan diri ke website maskapai, untuk mendapatkan informasi promo, informasi tiket murah, atau sekedar mendapatkan informasi seputar penerbangan melalui link yang dikirimkan ke email anda.


3. Pesan Tiket Melalui Agen

Berbagai agen menawarkan macam-macam tarif menyesuaikan dengan maskapai. Cari tahu jika ada promo tertentu, anda akan mendapatkan potongan harga. Anda harus rajin-rajin browsing mencari tahu mengenai promo yang sedang berjalan.


4. Pesan Melalui Aplikasi di Smartphone Anda

Inilah cara yang paling efektif untuk mendapatkan tiket murah. Pihak penyedia aplikasi booking tiket pesawat dan hotel biasanya bekerja sama dengan pihak ke tiga, yaitu ada bank (kartu kredit), web marketplace, ataupun brand tertentu. Pihak ke tiga ini lah yang memberikan benefit jika anda menggunakan aplikasi tersebut untuk kepentingan promosi mereka.

Promosi biasanya adalah potongan harga tiket langsung jika menggunakan kartu kredit tertentu, atau berupa point rewards bank tertentu. Jika ada promo dengan web marketplace biasanya berupa voucher belanja, voucher potongan harga, atau gift. Promosinya variatif tergantung pihak yang bekerja sama. Anda harus jeli dan rajin-rajin membuka aplikasi tersebut untuk melihat promo yang sedang berlangsung. Banyak orang yang mengincar promo potongan harga tiket dengan menggunakan kartu kredit tertentu karena lebih menguntungkan ketimbang voucher belanja, voucher ptogongan harga, gift ataupun lainnya.


5. Pembelian di Saat-saat Terakhir

Maskapai tertentu akan banting harga pada menit-menit terakhir sebelum boarding/ keberangkatan pesawat. Tujuannya adalah untuk mendapatkan penumpang sesuai target. Tapi ini tidak selalu terjadi dan benar-benar untung-untungan. Jika anda akan berlibur dengan perencanaan matang tentu pesan tiket pesawat dengan cara ini tidak dapat disejalankan dengan rencana anda, karena sifatnya tentatif, bisa dapat tiket bisa juga tidak.


6. Pilih Keberangkatan di Waktu Selain Peak Season

Tiket pesawat murah sangat jarang (atau tidak ada) di saat peak season, karena saat ini adalah saatnya maskapai mendulang penghasilan besar-besaran. Peak season misalnya saat menjelang hari raya agama tertentu, saat menjelang tahun baru, saat liburan sekolah dan lainnya. Saat peak season seringkali harga tiket malah naik berlipat-lipat, karena demand yang tinggi namun slot terbatas. Jadi jika anda ingin tiket murah sebaiknya cari di waktu-waktu biasa, di saat low season. Siasati dengan berlibur di saat orang lain bekerja, ambil cuti dan sesuaikan waktunya.


7. Beli Tiket di Saat yang Tepat

Jika anda perhatikan, harga tiket pesawat itu berubah-ubah/ fluktuatif, bahkan dalam jangka waktu yang sangat pendek. Setiap maskapai penerbangan mempunyai sistem yang menyesuaikan harga tiket otomatis. Harga tiket ini tergantung pada jumlah penumpang, kelas penerbangan, lama perjalanan, fuel surcharge, waktu penerbangan serta demand. Ini juga yang menyebabkan harga tiket pesawat bisa naik drastik di saat menjelang lebaran dan tahun baru, karena demand yang tinggi.

Saat yang tepat beli tiket adalah ketika demand/ permintaan sedang turun. Misalnya saat low season, saat setelah libur sekolah berakhir, atau waktu-waktu yang jauh dari perayaan hari besar keagamaan tertentu (misal lebaran). Harga tiket juga akan lebih murah untuk penerbangan pada pagi-pagi buta, dini hari, dan malam hari, dibandingkan dengan tiket pada saat jam kerja.


8. Join Komunitas Travelling

Komunitas travelling biasanya memiliki mailing list, anda dapat join untuk mendapatkan informasi harga tiket murah. Jika beruntung anda dapat bergabung dengan komunitas tersebut melalui aplikasi chatting, yang tentunya akan lebih mudah dan lebih cepat mendapatkan informasi tiket murah. Pada komunitas ini juga anda akan mendapatkan informasi mengenai ulasan tempat-tempat destinasi liburan tertentu.

Thanks for reading & sharing Guidance and Tips

Previous
« Prev Post

0 comments:

Posting Komentar

Translate to Your Language