Home » , , » 5 Tips Saat Memulai Hobi Airsoft Gun

5 Tips Saat Memulai Hobi Airsoft Gun

Keep calm airsoft is not crime, hobbies and games only
Keep calm airsoft is not crime, hobbies and games only

Untuk anda yang baru memulai hobi airsoft tak perlu khawatir karena saat ini hobi airsoft sedang mulai booming lagi, sudah sangat banyak komunitasnya, seller unit juga sudah banyak sekali, tinggal kemauan dan waktu yang harus diluangkan, berikut ini tipsnya:


1. Cari tahu mengenai Airsoft

bertanggungjawab, aman, cerdas, menyenangkan
RSSF (Responsible, Safe, Smart, Fun)
Inilah tips yang paling pertama dan utama, cari tahu mengenai airsoft gun karena sudah pasti setiap hobi punya batasan dan aturan. Informasinya paling mudah didapatkan lewat internet, cukup googling, cari blog mengenai airsoft, atau langsung gabung ke forum tertentu misalnya di kaskus, facebook atau lainnya. Pada dasarnya airsoft gun adalah replika dari senpi, walaupun ada beberapa varian/ model airsoft gun yang tidak mengacu ke model senpi tertentu.

Airsoft gun banyak digunakan dalam 2 kategori kegiatan, pertama adalah War Game atau kadang disebut skirmish/ sukir dan kedua adalah Tembak Reaksi. Saat ini hobi airsoft gun berada di bawah naungan PORGASI (Persatuan Olah Raga Airsoft Seluruh Indonesia), sebagai satu wadah Induk olah raga airsoft di Indonesia.

Ketahuilah prinsip RSSF (Responsible, Smart, Safe and Fun), jadikanlah olahraga dan hobi ini menyenangkan untuk semuanya dengan bertanggungjawab terhadap setiap tindaktanduk kita, menjadi smart aisoft gun user, dan menjaga agar tetap aman saat bermain.


2. Cari komunitas airsoft di kota anda
Saat ini komunitas airsoft gun di Indonesia aktif di beberapa media sosial, diantaranya facebook dan kaskus. Jangan malu untuk bertanya dalam forum tersebut, meminta contact person, dan berpartisipasi dalam kegiatannya. Tak perlu malu menjadi newbie, dan minta bimbingan terhadap orang-orang yang sudah lama berkecimpung dalam dunia airsoft.


3. Beli unit airsoft yang anda idamkan

Anda bisa menyewa namun saran yang lebih baik adalah membelinya, karena dengan membeli anda dapat lebih mengenal unit anda sendiri dan tentu akan lebih bertanggungjawab dan memahami resikonya saat memiliki unit anda sendiri. Ini yang mungkin para newbie kesulitan, dimanakah saya membeli unit airsoft gun? Saat ini cukup banyak dijual secara online namun harus hati-hati dengan penipuan. Sudah banyak yang tertipu karena tergiur harga yang miring. Cara yang lebih mudah adalah menanyakan ke rekan di komunitas airsoft anda, cari trusted seller dan trusted tuner.


4. Beli peralatan dan perlengkapan airsoft

Peralatan dan perlengkapan airsoft yang baik tidak hanya untuk kepentingan IMPRESI tetapi juga demi kepentingan SAFETY, maka gunakanlah peralatan dan perlengkapan standar. Gunakan pelindung secara lengkap mulai dari kepala sampai kaki, terutama untuk bagian-bagian vital anda seperti misalnya wajah, mata, dan kepala. Walaupun pada prinsipnya tidak membahayakan jika terkena lontaran BB dapat menimbulkan bekas memar di kulit. Tentukan budget dan pilih tema troop yang anda mau, apakah seperti polisi, tentara Amerika, special troop, blackout, sniper, atau bisa juga gaya suka-suka terserah anda.


5. Luangkan waktu anda

Ini juga faktor yang penting untuk kita semua dalam hobi apapun, WAKTU. Tak semua dari kita dapat meluangkan waktu untuk hobinya karena kesibukan pekerjaan ataupun lainnya. Untuk yang masih pelajar dan mahasiswa mungkin akan disibukan dengan kegiatan belajar kelompok, tugas sekolah/ kampus, kegiatan ekstrakurikuler atau himpunan mahasiswa (di salah satu SMU di Jawa, Airsoft menjadi kegiatan ekstrakurikuler loh), atau pacaran. Untuk anda yang sudah bekerja dan berkeluarga, akan kesulitan memilah-milah waktu antara pekerjaan, keluarga, hobi dan sebagainya. Kembali lagi kepada diri anda sendiri bagaimana anda mengatur waktu.

Thanks for reading & sharing Guidance and Tips

Previous
« Prev Post

0 comments:

Posting Komentar

Translate to Your Language