Home » , » Tips Untuk Mengetik Cepat

Tips Untuk Mengetik Cepat

mengetik
Mengetik cepat dengan menggunakan sepuluh jari

Fast typing, merupakan skill yang sangat bermanfaat bagi siapa saja terutama bagi para blogger dan penulis. Mengetik cepat tidak dapat dilakukan hanya dengan satu tangan, tidak dapat juga dilakukan dengan 11 jari (telunjuk kiri 1 telunjuk kanan 1). Harus menggunakan dua tangan dan 10 jari yang anda punya. Berikut ini beberapa tipsnya:

1. Cari Keyboard yang Enak dan Nyaman

standard keyboard qwerty
Keyboard standar "qwerty"

Sebenarnya keyboard standar juga sudah cukup yang penting, tombol/ tuts-nya tidak macet, kembali seperti semula sesaat jari anda ditarik. Apabila keyboard anda sudah usang, tombolnya sulit kembali lagi, lebih baik beli baru jika anda berniat untuk belajar fast-typing.

2. Posisikan tangan anda menghadap ke bawah dengan rileks. Bagi tiga daerah 'kekuasaan' jari tangan kiri dan jari tangan kanan.

qwerty standard keyboard
3 kuadran keyboard

Kita bagi keyboard menjadi 3 daerah kekuasaan: 1) daerah kekuasaan tangan kiri, 2) daerah kekuasaan tangan kanan, 3) kekuasaan tangan kanan juga, namun ini bisa diabaikan karena kebanyakan kita mengetik huruf bukan angka.

3. Bagi tugas untuk jari-jari anda
Berikut ini pembagian tugas untuk jari anda
Tangan kiri:
- Kelingking : untuk tombol ctrl, shift, capslock, tab (sesekali), alt kiri(sesekali)
- Jari manis : tombol huruf, q, w, a, s, z, x (atau sebelahnya seandaiknya dibutuhkan),
- Jari tengah: tombol huruf w, e , r, s, d, f, x, c, v (dapat dikombinasikan dengan jari manis dan telunjuk jika ada kombinasi huruf yang berdekatan)
- Jari telunjuk: tombol e, r, t, y, d, f, g, h, c, v, b (dikombinasikan dengan jari tengah dan jari telunjuk tangan kanan, jika telunjuk kiri sedang sibuk)
- Jari Jempol: spasi, alt (jauh lebih lebih sering spasi)

Tangan kanan:
- Kelingking : untuk tombol ctrl, shift, enter, alt kanan, \, ], [
- Jari manis : tombol enter, huruf-huruf kelingking, backspace, huruf i, o, p, k, l, ;, ;, (atau sebelahnya seandaiknya dibutuhkan),
- Jari tengah: paling banyak dipakai dan paling fleksibel, bahkan backspace juga sering menggunakan jari ini, huruf u, i , o, j, k, l, n, m, serta huruf-huruf jari manis.
- Jari telunjuk: tombol huruf y, u ,i , h, j, k, v, b, n, m (kombinasi dengan jari tengah)
- Jari Jempol: spasi, alt (jauh lebih lebih sering spasi)

4. Mulai mengetik dan biasakan jari-jari anda sesuai dengan tugasnya.
Anda akan mulai terbiasa mengetik setelah ribuan kali berlatih, dan nanti akan menemukan pola sendiri yang lebih efektif untuk jari-jari anda. Apabila sangat sering berlatih atau mengetik karena pekerjaan, lama-lama jari-jari anda akan seperti memiliki 'mata' sendiri. Anda tidak perlu sering-sering melihat keyboard, mata anda hanya terfokus pada layar, sementara jari-jari anda sibuk kesana kemari tanpa harus ada pengawasan dari mata. Anda akan menjadi terbiasa mengetik dengan cepat setelah terpaksa berlatih mengetik kurang lebih 500 halaman skripsi, atau membalasi email setiap hari. Sudah terbukti :D

Thanks for reading & sharing Guidance and Tips

Previous
« Prev Post

0 comments:

Posting Komentar

Translate to Your Language