Home » , , » Cara Mengatasi Kesulitan-kesulitan Saat Menulis Blog

Cara Mengatasi Kesulitan-kesulitan Saat Menulis Blog

blog

1. Sulit Saat akan Memulai



mulai lakukan
Mulai lakukan dan jangan ditunda-tunda



Hal ini sudah biasa terjadi sepertinya kepada siapapun dimanapun. Apalagi tipikal orang--orang tertentu selalu menunda-nunda hal-hal yang bisa dikerjakan sekarang. Tidak hanya urusan menulis, tetapi juga urusan pekerjaan, ibadah, memulai usaha atau lainnya tak jarang ditunda-tunda juga. Satu-satunya cara untuk mengatasi ini adalah diri anda sendiri. Munculkan motivasi, bayangkan apa yang dapat anda raih jika anda tidak menunda pekerjaan dan jika anda tidak menunda untuk menulis.


2. Sulit Mengatur waktu.


bermimpi, tentukan tujuan, tindakan
Dream, set goal, action


Jika anda sudah memulai, akan muncul kesulitan lain yaitu sulitnya mengatur waktu apalagi jika anda memiliki pekerjaan lain yang tidak ada kaitannya dengan menulis/ membuat blog. Buatlah skala prioritas, apa yang lebih penting dan apa yang bisa dikerjakan lebih mudah. Namun jika kegiatan anda sudah terlalu padat dan anda tersiksa dengan semua itu, mungkin sudah saatnya anda menngevaluasi pilihan hidup anda, jika memang anda menyukai menulis tentu anda akan meluangkan waktu untuk menulis seperti halnya anda meluangkan waktu untuk hobi anda.

3. Sulit karena Mood. 


good mood among bad mood
Boost your mood and don't let bad mood control you

Mood memang menjadi titik anda memulai sesuatu, mood yang jelek terkadang membuat anda tidak bisa berpikir saat menulis. Jika seperti ini maka ada beberapa langkah untuk mengatasi mood jelek ini, pertama renungkanlah hal-hal apa yang dapat membuat mood anda jelek dan hal-hal apa yang membuat mood anda baik, hindari yang buruk dan lakukan yang baik, kedua beristirahatlah, terkadang aktivitas atau rutinitas anda dapat membuat anda jenuh dan mood memburuk maka anda lebih baik beristirahat. 


4. Sulit karena Terlalu Banyak Aturan.

Aturan harus diikuti


Salah satu kelebihan mempunyai blog adalah anda dapat bebas mengekspresikan apa saja. Jadi anda jangan terpaku dengan aturan-aturan atau pakem-pakem tertentu, misalnya aturan-aturan untuk membuat artikel/ feature/ laporan mendalam/ laporan khusus dan sebagainya. Mulailah menulis/ mengetik sebebas-bebasnya, temukan kenyamanannya dan temukan kesenangannya terlebih dahulu. Bebas dan bertanggungjawab. Latihlah kemampuan menulis anda dengan menulis sebanyak-banyaknya, nanti ada waktunya ketika anda memahami kenapa pakem-pakem tersebut ada.

5. Sulit karena Tidak Suka.


- minat dan motivasi -

Jika memang seperti ini maka anda harus memunculkan minat dan motivasi. Minat muncul jika anda menyenanginya, motivasi muncul jika anda membutuhkannya. Lain halnya jika anda memang tidak suka menulis. Tak usah diambil pusing lebih baik anda tidak usah membuat blog :D

Pandanglah kesulitan sebagai sarana anda untuk melatih diri dan berkembang, jangan anggap kesulitan-kesulitan tersebut sebagai sebuah masalah. Selalu ingat kalimat mulailah dari hal yang kecil, mulailah dari diri sendiri, dan mulailah dari sekarang. Selamat Nge-BLOG!! :D

Thanks for reading & sharing Guidance and Tips

Previous
« Prev Post

0 comments:

Posting Komentar

Translate to Your Language