Home » , , , » GUIDANCE: Cara Menghemat Quota Pada Aplikasi WhatsApp

GUIDANCE: Cara Menghemat Quota Pada Aplikasi WhatsApp

WhatsApp
Aplikasi WhatsApp pada smartphone


Sepertinya kita semua pernah mengalami kondisi ketika smartphone mendadak tidak bisa menerima atau mengirim pesan, dan nyaris semua aplikasi berhenti karena koneksi data tidak ada. Cukup menyebalkan karena ketika dicek ternyata quota data habis. Tambah menyebalkan ketika mengecek internal storage ternyata sudah nyaris penuh karena banyak sekali data yang menumpuk dari aplikasi chatting anda, salah satunya WhatsApp. Setelah anda telusuri ternyata sangat banyak gambar dan video yang dibagikan anggota chat di Chatting Group yang anda ikuti, dan semuanya autodownload.

Berikut ini cara setting dalam aplikasi WhatsApp agar file media tidak langsung di download. Anda dapat memilih untuk mengunduhnya melalui chat room. 

Pengaturan WhatsApp
WhatsApp Setting


Masuk ke Setting kemudian Data Usage, anda akan menemukan menu seperti di bawah ini:

Pengaturan penggunaan data
Setting Data Usage

Pada Menu Data Usage ini, anda dapat mengatur apa saja yang dapat diunduh secara otomatis oleh WhatsApp, apakah itu Photos, Audio, Videos, atau Documents. Ada 3 pilihan, saat menggunakan mobile data (menggunakan paket data dari provider), saat disambungkan ke WiFi dan saat roaming. Lebih baik tidak ada media yang diunduh secara otomatis, selain untuk menghemat quota, juga menghemat source storage. WhatsApp menggunakan internal storage sebagai tempat penyimpanan default. Jika anda memilih untuk auto-dowload maka internal storage anda akan cepat penuh, apalagi jika internal storage anda hanya 8GB.

Pengaturan data usage ini cukup berguna, apalagi jika anda tergabung ke beberapa chatting group, dimana anggota di dalamnya dapat dengan bebas sharing media. Foto-foto dan video-video yang kadang tidak penting akan memenuhi internal storage jika anda tidak mengaturnya.

Thanks for reading & sharing Guidance and Tips

Previous
« Prev Post

0 comments:

Posting Komentar

Translate to Your Language