Home » , , , » GUIDANCE: Cara Menyembunyikan Notifikasi Centang Biru di Aplikasi WhatsApp

GUIDANCE: Cara Menyembunyikan Notifikasi Centang Biru di Aplikasi WhatsApp

WhatsApp
Aplikasi WhatsApp

Bagi beberapa orang, aplikasi chatting WhatsApp bisa jadi sumber petaka. Masalah yang muncul biasanya sangat sederhana, yaitu karena pesan belum sempat dibalas namun si penerima pesan sudah melihat blue tickmark alias centang biru yang menandai kalau pesan sudah dibaca. Walaupun sederhana hal ini bisa jadi awal perang dunia (dunia percintaan dan rumah tetangga). Panggilan "sayang" bisa berubah drastis, biasanya memanggil "sayang lagi apa?", "sayang udah ma'em belum?"... setelah tickmarkberubah jadi biru namun belum dibalas juga, bisanya berubah seperti ini, "EH NYET, KO WHATSAPP GW KAGA DIBALES-BALES?". Ini hanya karena pesan WhatsApp tidak sempat dibalas.

Berikut ini caranya agar centang biru tersebut tidak muncul di penerima pesan, alias menonaktifkan fitur "read receipt" pada WhatsApp di smartphone android anda:

1. Buka Aplikasi WhatsApp, langsung ke bagian kanan atas "Setting", seperti gambar di bawah ini:
Pengaturan Aplikasi WhatsApp
Pengaturan Aplikasi WhatsApp

2. Masuk ke menu "Account"

Akun WhatsApp

3. Pilih menu "Privacy"

akun whatsapp

4. Di menu Privacy ini, untick pilihan "Read Receipts", maka fitur read receipt di WhatsApp sudah non aktif, dengan begitu whatsapp anda tidak akan mengirimkan receipt si penerima pesan. Tanda centangnya tidak akan berubah jadi biru seperti biasanya.

Apabila anda memilih untuk menonaktifkan read receipt maka anda juga tidak akan bisa menerima read receipt dari lawan chatting anda, artinya pesan orang lain untuk anda pun tidak akan berubah menjadi biru di HP anda (tanda bahwa pesan sudah dibaca). Untuk iPhone (ios), caranya juga sama hanya namanya yang berbeda, namanya menjadi "Toggle off Read Receipts"

pengaturan privasi whatsapp
Pengaturan privasi dalam aplikasi whatsapp

Demikian cara menyembunyikan notifikasi baca/ centang biru di aplikasi whatsapp,
Semoga bermanfaat.

Thanks for reading & sharing Guidance and Tips

Previous
« Prev Post

1 comments:

Translate to Your Language