Home » , , » 9 Langkah Mengambil Alih Karir dan Lakukan Perubahan!

9 Langkah Mengambil Alih Karir dan Lakukan Perubahan!

percaya diri dan self esteem
Percaya pada diri sendiri merupakan modal utama untuk melakukan perubahan karir

Bagi beberapa orang tidak jadi masalah menghadapi rutinitas dan situasi kerja monoton ataupun karir itu-itu saja, serta tidak banyak perubahan yang terjadi. Namun bagi orang-orang tertentu perubahan adalah sesuatu yang ditunggu-tunggu. Rutinitas dan karir terasa menjadi sangat menjenuhkan, setiap hari terasa berjalan lebih lambat. Apalagi jika membayangkan tidak ada jenjang karir, ini artinya untuk belasan atau puluhan tahun ke depan anda hanya akan mengerjakan pekerjaan dan rutinitas yang sama.

Faktanya tidak banyak perusahaan yang mempunyai jenjang karir yang bagus. Hari ini menjadi staf atau supervisor, lusa dan 5 tahun ke depan kemungkinan masih sama. Ya mungkin itu tidak begitu buruk dibandingkan kesulitan-kesulitan yang mungkin dihadapi ketika akan melakukan perubahan karir.

Keputusan mengganti karir merupakan keputusan yang paling berani dan dapat mengubah hidup anda. Keputusan yang tidak semua orang dapat lakukan karena memiliki resiko besar. Jika anda sudah berkeluarga maka resikonya ada keseimbangan pendapatan keluarga akan terganggu, apalagi jika hanya anda sendiri yang bekerja.

Tidak pernah ada waktu yang tepat jika membicarakan keputusan melakukan perubahan karir, karena pasti selalu ada halangan dan rintangan yang menghalangi keputusan tersebut muncul. Lalu kapan waktu yang realistis untuk melalukan perubahan karir? Apakah menunggu ekonomi negara membaik? Apakah menunggu bos anda sekarang pergi untuk selama-lamanya agar posisinya bisa anda isi? atau menunggu faktor eksternal, mungkin PHK, perusahaan gulung tikar, dan sebagainya?

Waktu yang tepat untuk melakukan perubahan karir adalah sekarang! Mulai rencanakan karir anda yang lebih baik dari saat ini juga. Anda tentu menginginkan segala sesuatunya menjadi lebih baik, namun anda harus tahu apa yang akan anda lakukan. Sudah saatnya anda mengkaji dan mengeluarkan potensi anda sebenarnya. Satu hal yang pasti, langkah-langkah perubahan karir itu harus anda sendiri yang menciptakannya, bukan istri, suami, anak, ibu, ataupun sahabat terbaik dan terdekat anda saat ini.

Beberapa ide untuk karir anda sekarang dapat menjadi awal langkah anda, definisikan dan kembangkan ide anda tersebur agar menjadi langkah yang tepat dan realistis. Tentukan sasaran lalu susun strategi dan rencana kerja yang matang. Strategi yang tepat sasaran akan memberikan hasil yang baik sesuai dengan perubahan yang anda inginkan. Tentukan skala prioritas anda daripada anda kehilangan waktu yang berharga karena melakukan hal-hal secara serabutan. Anda tentu tidak mau jika sudah mengambil langkah namun anda kembali ke pada posisi lama anda bukan?

Ada beberapa hal yang harus anda pertimbangkan dan pikirkan terlebih dahulu untuk menemukan minat dan profesi yang tepat, yaitu berikut ini:

Cita-cita, Visi dan Tujuan

Apa yang anda inginkan? Bagaimana proyeksi kehidupan anda (karir/ profesi, jabatan, passion, hubungan dengan orang lain) pada beberapa tahun ke depan? Apakah cita-cita anda? Jawaban pertanyaan ini tidak akan semudah ketika anda duduk di bangku TK, karena orang dewasa cenderung sukar bermimpi dan punya cita-cita karena terlalu banyak pertimbangan. Jika anda bahkan tidak tahu cita-cita dan tujuan anda, maka mulailah bertanya apa keinginan anda.

Apa Keinginan Anda?

Apakah yang menjadi motivasi anda? Apa yang penting bagi anda? Apakah kekuasaan, penghargaan, kekayaan, kebebasan, perasaan aman, atau lainnya?

Apa yang Modal yang Anda Miliki?

Apa bakat anda? Apa keahlian dan keunggulan anda? Kejujuran, antusiasme, dan keinginan kuat tidak akan cukup bila keahlian tidak anda asah. Ini merupakan modal utama yang berasal dari diri anda sendiri.

Apa Sumber Daya yang Anda Miliki?

Sumber daya yang utama bukanlah materi, namun hal-hal di luar diri yang dapat berguna dan bermanfaat untuk memperoleh apa yang tidak anda miliki sekarang. Misalnya jaringan pertemanan, kolega dan rekan bisnis, informasi, serta lainnya.

Fokus pada Cita-cita Anda!

Membicarakan cita-cita saat sudah berumur mungkin hanya menjadi hal klise, hal-hal yang diluar jangkauan. Cita-cita bukan hal yang tabu untuk dibicarakan, membicarakan cita-cita dan keinginan anda itu sudah menjadi langkah pertama yang baik dan dapat memberikan motivasi. Fokuslah pada keinginan anda, keinginan yang akan membawa anda lebih maju dan pilihan yang akan memberikan kesuksesan di masa datang. Berikut ini beberapa langkah untuk melakukan perubahan karir yang sukses:

1. Analisis karir anda sekarang
Munculkan pertanyaan dalam diri anda sendiri:
- pencapaian apa saja yang sudah anda raih sampai dengan saat ini?
- usaha apa saja yang sudah anda lakukan untuk mencapai karir anda saat ini?
- apa saja yang dapat memberikan motivasi dan semangat untuk bekerja lebih baik?
- apa cita-cita dan tujuan anda di masa depan?
- apa keahlian anda dan apakah sudah dimanfaatkan dengan maksimal?
- apa saja hal-hal penting untuk anda?

2. Analisis karir baru anda
Sebelum beranjak melakukan perubahan, anda harus tahu mengenai karir baru anda sebaik-baiknya sedalam-dalamnya.
- cari tahu peluang kerja yang tersedia saat ini, jika perlu bicarakan dengan konsultan,
- cari tahu posisi dan jabatan yang tepat, untuk kemudian lakukan penelitian apa saja tugas dan tanggung jawabnya,
- penyesuaian apakah yang perlu anda lakukan untuk karir baru anda,
- kirim daftar riwayat hidup ke perusahaan yang anda minati, walaupun sedang tidak ada lowongan,
- lakukan penelitian terhadap beberapa bidang yang anda minati, temukan perusahaan apa, bidangnya apa, dan siapa yang harus anda kejar untuk menambah relasi anda.

3. Analisis lebih dalam terhadap kepuasan anda terhadap karir anda sekarang
- catat aspek-aspek apa saja yang anda sukai dan tidak sukai,
- apakah perasaan negatif yang muncul akan mempengaruhi pekerjaan anda?
- apakah budaya kerja di perusahaan anda kondusif dan mendukung jenjang karir yang baik?
- perkirakan seberapa besar tingkat kepuasan anda terhadap pekerjaan sekarang

4. Analisis bakat dan keahlian anda
- apakah keahlian yang anda miliki?
- apakah perlu mempelajari keahlian baru untuk karir baru anda?
- apakah kelebihan yang bisa anda tawarkan untuk karir baru anda?
- apakah nilai lebih yang membedakan anda dari sekian banyak orang yang sudah 'terjun' duluan ke dalam bidang tersebut?

Bagi anda yang lintas jurusan (pekerjaan anda sekarang tidak sesuai dengan minat dan pendidikan), mungkin akan menemui kesulitan disini, dan cenderung mundur pada langkah ini. Apalagi jika posisi anda sekarang sudah 'nyaman' dan 'aman'. Anda harus berani dan mau mendobrak zona nyaman tersebut jika sebenarnya pilihan karir anda sekarang itu tidak sesuai minat. Pada dasarnya tidak ada kata terlambat untuk belajar, dan nilainya sepadan jika anda harus mempelajari keahlian baru demi melakukan perubahan besar untuk kesuksesan.

Disini saatnya anda menentukan minat dan membenahi keahlian melalui berbagai sumber. Kesuksesan yang telah anda raih pada pekerjaan sekarang dapat menjadi tolak ukurnya, anda akan lebih mudah menyukseskan sebuah pekerjaan atau proyek jika anda adalah ahli dan meminatinya. Cari sumber untuk belajar dan bertanya, temukan mentor yang mendukung anda meraih potensi terbaik anda. Keberadaan mentor bukan untuk mendikte atau menyuruh anda melakukan sesuatu, namun menjadi pembina karir anda, tempat untuk bertanya dan tempat untuk mencari pertimbangan ketika akan memutuskan sesuatu.

Anda juga dapat mendiskusikan nilai dan keahlian yang anda miliki bersama mentor, teman, rekan kerja, ataupun keluarga terpercaya. Orang-orang yang anda percaya ini memiliki peran untuk memberikan nasihat dan bantuan untuk menemukan karir baru anda yang sesuai dengan minat.

5. Pelajari orang-orang yang mengerjakan profesi yang anda minati

Anda dapat mempelajarinya melalui buku biografi orang-orang yang sudah sukses pada profesi yang anda minati. Jika tidak ada referensi dalam buku, cukup perhatikan bagaimana orang-orang tersebut belajar, berinteraksi dan melakukan pekerjaannya. Anda dapat mencobanya dengan bekerja sukarela, seolah-olah mencoba membantu orang tersebut, atau menjadi pegawai magang terlebih dahulu. Lihat dan ukur seberapa mahir anda melakukan pekerjaan tersebut. Luangkan waktu untuk mempelajari profesi baru ini, jika perlu ambil kursus profesional. Langkah ini penting untuk memberikan anda pengalaman kerja pada profesi baru, walaupun cuma sedikit.

6. Kembangkan keahlian baru anda

Anda harus menemukan cara untuk mengembangkan keahlian baru dalam pekerjaan saat ini. Temukan celah belajar di waktu-waktu sempit. Ini membuka jalan perubahan untuk anda. Apabila perusahaan anda menyediakan pelatihan keahlian tertentu, anda dapat mengikutinya.

Anda dapat mempelajari peran-peran alternatif dalam pekerjaan anda dan dalam perusahaan anda saat ini. Ini akan sangat bermanfaat bagi pengembangan pribadi dan memperluas pengetahuan anda. Misalnya, jika anda sekarang adalah seorang manajer toko sebuah perusahaan retail ternama yang mengharuskan anda bekerja di akhir pekan dan menuntut anda untuk selalu lembur, anda dapat memikirkan dan mempelajari bagaimana melakukan peran lain untuk perusahaan tersebut. Misalnya pelajari bagaimana divisi sales berjualan, bagaimana peran divisi marketing dan promosi untuk perusahaan, bagaimana peran divisi pengadaan dan supplier, dan sebagainya. Anda dapat mengamatinya langsung karena anda berhubungan langsung dengan mereka. Anda juga dapat bertanya langsung sekaligus berkenalan dan memperluas relasi anda.

7. Kembangkan jaringan dan hubungan dengan relasi anda

Menjalin hubungan baik dengan orang-orang yang berpengaruh terhadap karir anda akan menjadi langkah yang sangat efektif. Anda juga harus menemukan orang-orang yang dapat membantu anda melakukan perubahan dan menemukan pekerjaan yang anda inginkan. Dari sekian banyak teman dan relasi anda, pasti ada teman atau kenalan lama yang mempunyai kaitan dengan pekerjaan baru yang anda minati.

Langkah ini diperlukan untuk mendapatkan rekomendasi yang dapat membukakan peluang untuk anda. Lebih jauh lagi anda dapat meminta orang tersebut untuk mendukung dan membantu anda di perusahaan tempat anda melamar kerja. Namun tetap ingat, jangan terkesan berlebihan dan memaksa.

8. Sesuaikan Ekspetasi anda Terhadap Kesuksesan

Menyesuaikan diri terhadap ekspektasi dapat dengan memperbaiki kinerja anda atau menurunkan parameter kesuksesan anda. Pekerjaan baru dapat tidak sesuai ekspektasi anda, karena beberapa faktor kemungkinan. Tergantung dari keahlian anda, kondisi kerja, kemampuan adaptasi, kepercayaan diri, dan sebagainya.

Jika anda sudah melakukan perubahan, jangan membandingkannya dengan masa lalu jika hanya akan membawa anda ke perasaan dan pikiran negatif. Sebuah quote menyebutkan bahwa masa lalu yang bersinar tidak menjamin masa depan akan lebih baik. Semuanya tetap ditentukan oleh usaha-usaha yang anda lakukan. Karir baru anda dapat meningkat dengan cepat, namun tentu dengan usaha dan pengorbanan, anda harus membuktikan kelayakan anda menduduki posisi tersebut kepada atasan, rekan kerja dan klien anda.

9. Keahlian, Pengalaman dan Kepercayaan Diri

Keahlian dan pengalaman kerja anda akan selalu bermanfaat. Kita tidak hidup di sebuah permainan RPG (Role Playing Game), dimana spesialisasi keahlian hanya akan berguna pada salah satu area saja. Walaupun anda memutuskan untuk mengganti dan berpindah karir, beberapa keahlian tetap akan berguna. Keahlian-keahlian mendasar tetap bermanfaat seperti keahlian berinteraksi, keahlian berjualan, keahlian berkomunikasi, keahlian berbicara di depan orang banyak, keahlian administratif, keahlian manajemen waktu, dan sebagainya.

Pengalaman kerja anda sebelumnya juga tidak akan sia-sia, minimal pengalaman menghadapi rekan kerja, atasan, klien ataupun customer tetap akan bermanfaat. Pengalaman-pengalaman ini akan mempengaruhi field of experience dan frame of reference anda, yang tentunya akan mempengaruhi cara berpikir dan bekerja anda.

Percaya pada diri sendiri namun tidak untuk memunculkan sifat arogan. Ini merupakan modal utama untuk hidup, tidak hanya sekedar untuk karir anda. Tingkatkan rasa percaya diri dan raih cita-cita anda! Satu hal yang harus anda camkan pada diri anda sendiri adalah tidak ada seorang pun yang akan melakukan perubahan untuk anda kecuali anda melakukannya sendiri.

Demikian langkah-langkah untuk melakukan perubahan dan mengambil alih karir anda, semoga bermanfaat!

Thanks for reading & sharing Guidance and Tips

Previous
« Prev Post

0 comments:

Posting Komentar

Translate to Your Language