Home » , , , » 9 Makanan yang Sehat untuk Organ Intim Wanita

9 Makanan yang Sehat untuk Organ Intim Wanita

women
Wanita

Kesehatan organ intim wanita harus selalu dijaga, baik dengan selalu menjaga kebersihannya juga melalui asupan nutrisi yang baik. Organ intim wanita/ vagina yang sehat memiliki pH alami yang memungkinkan bakteri baik berkembang untuk membantu mencegah infeksi. Konsumsi makanan yang sehat akan membantu melindunginya dari dalam. Berikut ini beberapa makanan dan minuman yang baik untuk menjaga kesehatan vagina.

1. Air Putih

Vagina harus selalu dijaga agar tidak kering dan kelembabannya sesuai. Cara yang paling mudah adalah dengan meminum air putih. Air diperlukan oleh selaput lendir untuk menjaga kondisi vagina tetap terhidrasi dengan baik. Air juga secara tidak langsung membantu pelumasan alami vagina serta mengurangi bau yang tidak sedap.

2. Yoghurt

Mengonsumsi yoghurt secara teratur akan membantu dalam menjaga tingkat pH organ intim wanita secara alami. Kondisi pH vagina yang normal bersifat asam, yaitu pada angka pH 3,8 s/d 4,5, dengan pH sesuai akan menjaga berbagai macam organisme baik tumbuh secara normal di dalam vagina. Yoghurt akan meningkatkan bakteri baik yang bermanfaat bagi sistem percernaan, menjaga usus tetap sehat, juga menjaga terjadinya infeksi pada vagina.

3. Cranberry

Jus cranberry dapat membantu menyeimbangkan kadar pH di dalam vagina dan juga mencegah infektsi pada kandung kemih. Senyawa yang ada dalam cranberry dapat membantu bakteri penyebab infeksi saluran kemih berhenti menempel di dinding kandung kemih.

4. Coklat

Coklat terkenal memiliki banyak manfaat, yaitu mencegah penyakit jantung, menurunkan tekanan darah, anti depresan alami, menurunkan kolesterol, meningkatkan sirkulasi darah, menghambat penuaan dan menjaga agar tetap awet muda. Khusus untuk wanita, konsumsi coklat dalam jumlah wajar, akan membantu meredakan gejalaa PMS (Premenstrual Syndrome) karena dapat merangsang hormon endorfin dan meredakan rasa cemas.

Zat theobromine yang terkandung dalam coklat bisa menurunkan kemungkinan terjadinya komplikasi serius pada wanita hamil yang disebut dengan pre-eklamsia. Coklat juga baik untuk organ reproduksi wanita dengan membantu pelumasan dan menjaga kelembabannya.

5. Bawang Putih

Sejak dahulu bawang putih terkenal baik sebagai antimikroba dan untuk menjaga infeksi jamur, termasuk menjaga infeksi jamur pada vagina. Untuk mendapatkan manfaat maksimal, bawang putih dapat dikonsumsi mentah, ataupun yang sudah diolah berbentuk tablet jika anda tidak menyukai rasanya.

6. Ubi Jalar

Ubi jalar dapat dengan mudah kita temukan di Indonesia. Harganya sangat terjangkau dan manfaatnya untuk kesehatan vagina sangat bagus. Kandungan vitamin A di dalamnya membantu memperkuat dinding rahim. Selain itu kandungan seratnya juga bagus untuk pencernaan.

7. Teh Hijau

Saat ini cukup banyak produk olahan yang mengandung teh hijau. Namun lebih baik anda mengonsumsi teh hijau alami bukan olahan. Teh hijau memiliki antimikroba yang dapat membantu melawan infeksi saluran kemih. Konsumsi teh hijau secara rutin akan membantu mengurangi resiko infeksi ini.

8. Kacang-kacangan dan biji-bijian

Kacang almond bermanfaat untuk mencegah infeksi saluran kemih dan baik untuk menjaga kesehatan vagina. Ada juga kacang kedelai yang memiliki kandungan fitoestrogen yang dapat membantu vagina agar tidak kering. Kenari, hazelnut dan biji bunga matahari mengandung vitamin E, zinc dan mineral yang dapat membantu mengatur siklus menstruasi serta menjaga kesehatan vagina.

9. Sayur-sayuran dan Buah-buahan segar

Sayur-sayuran dan buah-buahan segar juga efektif dalam menjaga kesehatan vagina. Misalnya, bayam, kol, kangkung, jeruk, lemon, jambu biji, nanas dan stroberi. Kandungan mineral dan vitamin C di dalamnya akan membantu mencegah kekeringan pada vagina serta melawan infeksi bakteri dan jamur. Buah tertentu seperti nanas, memiliki mitos buruk untuk perempuan, katanya dapat menyebabkan keputihan dan lendir berlebihan, namun sebenarnya belum ada penelitian yang dapat membuktikan hal tersebut.

Nanas memiliki kandungan nutrisi seperti protein, karbohidrat, vitamin A, vitamin B1, vitamin C, kalsium, fosfor, zat besi, natrium, dan magnesium, namun mengandung kadar asam yang tinggi. Selain asam yang tinggi, juga mengandung enzim proteolitik bromelain yang membantu dalam pencernaan protein dan mencegah pembentukan gumpalan darah.

Demikian artikel makanan yang sehat untuk organ intim wanita, mengonsumsinya secara teratur dan tidak berlebihan akan membantu menjaga kesehatan organ intim wanita. Semoga bermanfaat!

Thanks for reading & sharing Guidance and Tips

Previous
« Prev Post

2 comments:

  1. Blog yang menarik dan informatif sekali

    Klinik Apollo Adalah Rumah Sakit di Jakarta, Dibidang Andrologi dan Ginekologi, terbaik dan Nomor 1 di jakarta memberikan layanan medis prima, dilengkapi alat medis yang modern menyembukan berbagai penyakit kelamin seperti Gonore, Kencing nanah, Sipilis sifilis,Kutil kelamin , Kondiloma akuminata, Kutu kelamin, Keputihan, Ejakulasi Dini.

    Konsultasi Dokter Online Gratis Penyakit Infeksi saluran kemih

    Cara Mengatasi kencing Nanah / Gonore

    CHAT DOKTER

    Cara Merawat Vagina Dari Keputihan

    BalasHapus
  2. Blog yang menarik dan informatif sekali

    Klinik Apollo Adalah Rumah Sakit di Jakarta, Dibidang Andrologi dan Ginekologi, terbaik dan Nomor 1 di jakarta memberikan layanan medis prima, dilengkapi alat medis yang modern menyembukan berbagai penyakit kelamin seperti Gonore, Kencing nanah, Sipilis sifilis,Kutil kelamin , Kondiloma akuminata, Kutu kelamin, Keputihan, Ejakulasi Dini.

    Konsultasi Dokter Online Gratis Penyakit Infeksi saluran kemih

    Cara Mengatasi kencing Nanah / Gonore

    CHAT DOKTER

    Cara Merawat Vagina Dari Keputihan

    BalasHapus

Translate to Your Language