Home » , , » TIPS Menghindari Makan Junk Food

TIPS Menghindari Makan Junk Food

junk food
Burger

Makanan rendah-gizi (bahasa Inggris:Junk food) adalah istilah yang mendeskripsikan makanan yang tidak sehat atau memiliki sedikit kandungan nutrisi. Makanan nirnutrisi mengandung jumlah lemak yang besar. (wikipedia)

Godaan memakan junk food saat bulan puasa memang sangat besar. Apalagi jika melihat iklannya di media massa. Penampilan, kemasan, presentasi junk food di iklan memang dibuat menggiurkan, demi penjualan. Junk food sudah diketahui orang banyak tidak baik untuk kesehatan, karena rendah gizi, tinggi lemak, tinggi kalori, tinggi gula dan garam.

Salah satu penyebab obesitas disebutkan karena terlalu banyak makan junk food. Obesitas sendiri akan meningkatkan resiko penyakit jantung, tekanan darah tinggi, stress dan penyakit lainnya. Berikut ini beberapa cara untuk menghindari makanan junk food:

1. Makan masakan koki di rumah

Masakan koki rumah (istri misalnya) tentu lebih baik ketimbang makan junk food. Variasi menu yang dibuat koki di rumah juga tidak kalah dengan junk food. Masakan rumahan juga akan hemat.

2. Alternatif selain junk food

Jika pun harus makan di luar rumah sebaiknya pilih menunya yang baik, atau pilih restoran yang jelas menyajikan makanan bergizi. Restoran cepat saji yang menjual junk food juga menjual makanan lain, ketimbang memilih burger biasa sebaikya pilih vegan burger, pilih salad ketimbang kentang goreng, pilih makan di restoran yang menjual makanan segar alias "made by order" ketimbang makanan cepat saji.

3. Batasi dengan Komitmen dan target

Jika anda sudah terbiasa makan junk food, sebaiknya mulai rubah pola dan jenis makanan anda. Memang akan sangat sulit, tapi kebiasaan dapat dirubah sedikit demi sedikit. Mulai dari kurangi porsi makanan junk food, padukan dengan makanan sehat. Buatlah komitmen yang kuat, "say no to junk food!"

Anda harus membuat target untuk kesehatan tubuh anda. Target ingin langsing, target ingin tubuh kuat dan berisi, atau target sederhana ingin berhemat untuk membeli mobil idaman. Junk food memang makanan rendah gizi tetapi dijual dengan harga tinggi.

4. Rubah pandangan anda tentang makanan sehat

Beberapa orang menganggap makanan sehat rasanya tidak enak. Jika memang seperti itu anda harus segera merubah pandangan salah anda ini. Makan sehat juga enak, apalagi jika diproses oleh koki handal.

Makanan junk food bukan hanya sebatas makanan cepat saji, makanan ringan yang isinya "angin doang" juga termasuk junk food, kraker-kraker atau kerupuk dan keripik, ataupun makanan olahan lain yang nutrisinya sudah rusak karena proses pemasakan.

5. Jangan minum alkohol dan jangan begadang

Meminum alkohol akan memperburuk pilihan anda tentang makanan, termasuk makanan yang tidak sehat. Begadang juga meningkatkan potensi anda makan junk food, karena saat lelah dan kurang tidur badan akan membutuhkan lebih banyak kalori. Junk food akan memenuhi kebutuhan kalori dengan cepat, bahkan akan berlebih.

6. Kurangi kebiasaan ngemil

Ngemil akan memicu anda mengonsumsi junk food. Ngemil saat main game, saat nonton TV, saat arisan ibu-ibu, saat begosip ria dengan tetangga, dan sebagainya.

7. Ganti menu

Pintar-pintarlah memilih dan mengganti menu. Misalnya ketimbang anda makan es krim sebaiknya ganti dengan yoghurt, ganti beef burger dengan vegan burger, ganti menu burger dengan ikan, atau ganti kentang goreng dengan salad.

Thanks for reading & sharing Guidance and Tips

Previous
« Prev Post

0 comments:

Posting Komentar

Translate to Your Language