Home » , » 13 Tips Unik Agar Tidak Mengantuk

13 Tips Unik Agar Tidak Mengantuk

kucing
Sumber: pixabay.com

Terkadang di saat-saat penting tertentu kita malah mengantuk, saat akan meeting penting, saat akan presentasi, di saat harus belajar untuk ujian, di saat harus menyelesaikan pekerjaan yang sudah mendekati dead line, dan sebagainya. Simak berikut ini tips agar tetap terjaga walau mata sudah terasa sangat berat.

1. Lakukan aktivitas fisik secara berkala, Aktivitas fisik ini tujuannya agar tubuh Anda tetap terjaga, misalnya push-up beberapa kali, atau sit-up beberapa kali setiap 60 menit sekali, atau lebih sering jika rasa kantuk lebih besar.

2. Minum air putih hangat yang banyak. Cara ini akan membuat tubuh tidak dehidrasi, karena dehidrasi akan membuat tubuh letih dan ngantuk. Lagipula cara ini akan membuat tubuh berkeringat dan Anda akan lebih banyak bolak-balik kamar mandi.

3. Matikan AC. Kondisi ruangan yang dingin hanya akan memicu Anda menarik selimut dan tidur. Oleh karena itu lebih baik matikan AC dan biarkan tubuh Anda berkeringat.

4. Pindah ke ruangan yang bercahaya cukup. Cahaya yang redup akan memicu rasa kantuk yang lebih besar, maka sebaiknya berikan pencahayaan yang cukup atau cukup pindah ke ruangan yang lebih terang.

5. Nyalakan musik dengan beat tinggi. Musik dengan beat tinggi akan memicu jantung berdetak lebih kencang, musik rock, lagu-lagu perjuangan ataupun musik-musik yang penuh semangat. Jangan nyalakan musik mellow ataupun musik-musik yang mengingatkan Anda pada mantan.

6. Makan makanan ringan atau makanan bergizi. Makanan ringan akan membuat Anda mengunyah terus, ini akan membantu Anda agar tidak mengantuk. Misalnya snack ringan, permen karet, dan sebagainya. Atau Anda dapat memakan makanan gizi sebagai cadangan energi namun tidak berat untuk pencernaan, misalnya telur, buah-buahan dan sayuran.

7. Jangan makan makanan berat. Makanan berat akan membuat Anda mengantuk karena tubuh akan mengalokasikan darah lebih banyak ke sistem pencernaan. Misalnya daging, nasi, pizza, kentang goreng, mie ayam, dan sebagainya.

8. Minum minuman berkafein atau minuman berenergi. Minum segelas kopi espresso bisa membantu mengurangi rasa kantuk Anda, tapi jangan terlalu banyak karena mungkin akan membuat Anda mules sakit perut. Minuman berenergi juga dapat menjadi pilihan namun jangan terlalu banyak atau terlalu sering karena akan buruk terhadap kesehatan Anda dalam jangka panjang.

9. Cuci muka dengan air dingin. Cara ini efektif menghilangkan rasa kantuk seketika. Jika memungkinkan ambil handuk kecil, basahi dengan air dingin lalu usapkan di tengkuk, jidat, dan pergelangan tangan dan ketiak.

10. Tarik daun telinga ke bawah, cara ini untuk merangsang titik akupresur yang berkaitan dengan rasa kantuk. Jangan terlalu kencang menariknya apalagi sampai sakit.

11. Oleskan minyak kayu putih. Minyak kayu putih selain untuk mencegah masuk angin juga memiliki efek relaksasi namun akan membuat Anda tetap terjaga. Oleskan di perut dan di bawah hidung, karena aromanya inilah yang dapat membuat Anda tetap terjaga.

12. Atur pernapasan. Tarik napas dalam-dalam kemudian keluarkan dengan cepat, lakukan berulang-ulang dan cepat. Cara ini sangat efektif menghilangkan rasa kantuk.

13. Menyanyi dengan suara lantang. Sisihkan pekerjaan anda sebentar ataupun urusan lainnya yang mengharuskan Anda begadang, kemudian pasang musik kesukaan dan ikutlah bernyanyi dengan lantang. Cara ini akan menghilangkan rasa kantuk seketika, apalagi jika ada tetangga menggedor-gedor pintu Anda. Setelah rasa kantuk hilang, lanjutkan aktivitas Anda.

Tips di atas sukses untuk mengurangi dan menghilangkan rasa kantuk, sudah terbukti dan terpercaya :D Klik tag/ label unik untuk mendapatkan artikel bertema serupa.

Thanks for reading & sharing Guidance and Tips

Previous
« Prev Post

1 comments:

  1. Thanks for info, jangan lupa kunjungi website kami juga https://bit.ly/2A5hggE

    BalasHapus

Translate to Your Language