Home » , , » Anda Insomnia? Simak 13 Cara Unik untuk Mengatasi Penyakit Susah Tidur

Anda Insomnia? Simak 13 Cara Unik untuk Mengatasi Penyakit Susah Tidur

susah tidur
Sumber: pixabay.com

Insomnia adalah kondisi saat seseorang sulit untuk tidur, walaupun tubuh lelah setelah beraktivitas seharian. Ini akan menyebabkan Anda tidak fit untuk beraktivitas di keesokan harinya karena kurang tidur/ istirahat. Gejala insomnia pada umumnya tidak hanya susah tidur, tetapi juga mudah terbangun di malam hari dan tidak bisa tidur lagi, sulit berkonsentrasi, mudah marah, gelisah dan uring-uringan, tidak bisa tidur siang juga walaupun tubuh sudah letih.

Anda yang mengalami insomnia akan merasakan kelelahan sepanjang hari. Selain itu juga merasa cemas, tegang berlebihan, teringat terus masalah lama, stress. Pada level insomnia yang sudah akut, mungkin dapat memicu munculnya penyakit fisik, dan semakin besar usaha untuk tidur malah akan lebih sulit untuk tidur.

Pada dasarnya Insomnia bukan sebuah penyakit namun dapat menjadi indikasi bahwa Anda mungkin menghidap suatu penyakit atau permasalahan psikologis. Beberapa penyebab insomnia diantaranya adalah:
1) Bekerja pada malam hari, jam tidur Anda berubah karena terbiasa beraktivitas pada malam hari
2) Jam kerja yang berubah-ubah, shift yang tidak menentu
3) Efek samping obat tertentu
4) Gaya hidup buruk, seperti konsumsi alkohol yang berlebihan, konsumsi kopi yang berlebihan
5) Stress dan tidak bisa move-on
6) Terlalu banyak bermain Game
7) Akibat perjalanan, jet lag
8) Akibat penyakit tertentu

Langkah awal mengatasi insomnia biasanya adalah dengan mencari tahu apa yang menjadi penyebab insomnia. Jika karena gangguan kecemasan yang berlebihan, maka atasi terlebih dahulu rasa cemas tersebut. Jika karena pola hidup buruk maka yang diperbaiki adalah pola hidupnya tersebut. Anda mungkin dapat menggunakan obat tidur sebagai solusi sementara, namun cara ini tidak boleh sembarangan, Anda harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Berikut ini adalah beberapa tips unik untuk mengatasi insomnia yang dapat Anda lakukan :

1. Mandi air hangat.

Cara ini sangat sederhana, mandi dengan menggunakan air hangat dapat membantu tubuh menjadi lebih rileks, mengurangi ketegangan pada otot, dan akan membantu pikiran agar lebih tenang. Berikan waktu rileks terlebih dahulu minimal 15 menit setelah Anda pulang dari aktivitas, baru kemudian mandi air hangat.

2. Dengarkan musik dengan beat rendah atau musik klasik

Nyalakan mp3 player dan pasang lagu klasik instrumental, atau dengarkan musik dengan beat rendah. Tujuannya adalah merilekskan badan dan pikiran, jadi sebaiknya jangan musik yang keras dan beat yang cepat, jangan juga musik yang mellow ataupun sedih apalagi jika insomnianya karena patah hati dan stress.

3. Minum segelas susu/ coklat hangat

Minuman Susu/ coklat hangat dapat membantu Anda memunculkan rasa kantuk. Jangan minum-minuman berkafein.

4. Seks dengan pasangan Anda

Aktivitas seks akan memicu produksi hormon endorfin yang menghasilkan rasa senang dan rasa nyaman saat orgasme. Ini dapat membantu Anda lebih cepat untuk tidur.

5. Berpelukan dengan pasangan Anda

Berpelukan akan memunculkan rasa nyaman, rasa tenang dan melepaskan stress. Berpelukan saat sebelum tidur akan membantu Anda lebih cepat tidur.

6. Gerakan jari-jari kaki dan tangan Anda

Gerak-gerakan jari-jari kaki dan Anda, seolah-olah seperti membuka dan menutup kepalan tangan. Lakukan beberapa kali, cara ini akan membantu Anda merilekskan pikiran.

7. Lakukan aktivitas yang khusus sebelum tidur

Aktivitas ini merupakan kebiasaan yang tercipta karena pola hidup, atau Anda dapat menciptakan aktivitas ini dengan membiasakan beraktivitas tertentu sebelum tidur, aktivitas yang hanya anda lakukan sebelum tidur. Misalnya mendengarkan lagu tertentu, membaca buku tertentu, menuliskan rencana untuk esok hari, dan sebagainya.

8. Dengarkan "White noise" atau Audio hipnosis 

Beberapa orang manjur menggunakan cara hipnosis ini, anda dapat download video atau audionya. White noise adalah suara yang membuat rileks dan berulang-ulang seperti suara hujan, suara ombak, suara di padang rumput, suara kincir angin, dan sebagainya. Anda bisa mencarinya melalui google search.

9. Gosok bagian tubuh tertentu Anda

Beberapa orang memiliki cara unik untuk mengantuk, misalnya dengan menggosok-gosok perut sampai rileks, menggesekan kaki/ telapak kaki pada permukaan kasur/ sprei, menggosokan telapak tangan pada bantal/ guling, dan sebagainya.

10. Matikan lampu dan tutup semua sumber cahaya

Tidur dalam kondisi gelap adalah tidur yang terbaik, jika perlu pakai penutup mata untuk tidur agar Anda dapat rileks dan tidak terganggu cahaya.

11. Matikan jam dinding analog

Suara "tik tik" dari jam analog terkadang cukup mengganggu bagi beberapa orang dan menyebabkan sulit tidur. Coba matikan jamnya dengan mencabut baterainya.

12. Goyang-goyangkan kaki

Cukup banyak orang yang mengundang rasa kantuk dengan menggoyang-goyangkan kaki. Cara ini sederhana dan efektif.

13. Atur pernapasan

Tarik napas dalam-dalam dari hidung kemudian keluarkan perlahan-lahan dari mulut. Lakukan ini berulang-ulang sampai Anda mengantuk dan tertidur. Cara ini adalah untuk mengondisikan otak pada kondisi Alpha

Thanks for reading & sharing Guidance and Tips

Previous
« Prev Post

1 comments:

  1. Thanks for info, jangan lupa kunjungi website kami https://bit.ly/2yonPK5

    BalasHapus

Translate to Your Language