Home » , , » CARA Memilih Hewan Kurban

CARA Memilih Hewan Kurban

qurban
Sumber: pixabay.com

Perayaan Idul Adha tahun 2017 tinggal menghitung hari, untuk Anda yang berniat untuk berkurban sebaiknya perhatikan cara berikut ini untuk memilih hewan kurban. Berikut ini Cara memilih hewan kurban:

1. Saat memilih hewan kurban sebaiknya Anda ditemani seseorang yang tahu dan berpengalaman. Misalnya: seorang dokter hewan/ ahli yang tahu tentang kesehatan hewan, atau seorang ustad yang tahu seluk beluk mengenai hewan kurban.

2. Pastikan hewan kurban benar-benar sehat. Kesehatan hewan kurban dapat dilihat secara visual, tidak cacat, terlihat lincah, nafsu makan baik, bulu tidak kusam, mata bersih, dan sebagainya. Kesehatan hewan ini biasanya ditandai dengan adanya Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH).

3. Pastikan hewan kurban tersebut cukup umur, untuk domba atau kambing yang berumur 1 tahun lebih, untuk sapi atau kerbau yang berumur 2 tahun atau lebih.

4. Pastikan hewan bukan berasal dari peternakan berpenyakit.

5. Pilih dan beli hewan kurban dari tempat khusus. Peternak yang sudah biasa memelihara hewan biasanya merawat peliharaanya dengan baik agar sehat, menghasilkan berkualitas, dan sah sebagai hewan kurban.

5. Sesuaikan dengan dana Anda. Jangan memaksakan diri, sesuaikan pilihan hewan kurban Anda dengan budget yang Anda miliki.

6. Pastikan hewan bukan hasil dari mencuri, juga bukan juga hasil berutang.

7. Jika memungkinkan pilih yang gemuk namun tetap disesuaikan dengan kemampuan Anda. Hewan yang lebih gemuk biasanya lebih mahal.

8. Suvey terlebih dahulu ke beberapa area penjualan hewan kurban. Cari tahu harga pasaran hewan kurban. Biasanya harganya tidak jauh beda jika di satu daerah. Jika akan menawar sebaiknya tawar dengan harga wajar dan masuk akal.

Demikian cara memilih hewan kurban, semoga bermanfaat! Klik label "guidance" untuk mendapatkan artikel seputar cara dan petunjuk, klik label "general" untuk artikel tips dan petunjuk umum.

Thanks for reading & sharing Guidance and Tips

Previous
« Prev Post

0 comments:

Posting Komentar

Translate to Your Language