Home » , » CARA Mengobati Luka Bakar Ringan

CARA Mengobati Luka Bakar Ringan

luka bakar
Sumber : pixabay.com

Resiko luka bakar bisa terjadi kapan saja dimana saja. Mulai dari terbakar karena panasnya penggorengan, minyak panas, letupan bara, knalpot motor, dan sebagainya. Cara terbaik untuk menanganinya dengan mengobatinya langsung sesegera mungkin ketika terkena luka bakar tersebut. Tetap tenang, jangan panik, karena biasanya respon panik akan menyebabkan luka tambah parah.

Berikut ini beberapa cara untuk menangani/ mengobati luka bakar ringan dengan menggunakan peralatan/ bahan di sekitar Anda. Hindari menggunakan pasta gigi dan bahan lengket lainnya, pasta gigi hanya akan mengurangi rasa sakitnya menjadi lebih adem namun tidak mengobati luka bakarnya.

1. Menggunakan cairan susu rendah lemak seperti susu skim. Bersihkan area kulit yang terkena luka bakar lalu oleskan susu rendah lemak dan diamkan beberapa saat.

2. Menggunakan lemak ayam. Ini adalah resep tradisional jaman dahulu. Lemak ayam (biasanya disebut gajih) yang sudah dicairkan dapat digunakan untuk mengobati luka bakar. Misalnya terkena minyak goreng panas, tersiram air panas, terkena knalpot motor. Cara mengobatinya adalah bersihkan area kulit yang terkena luka bakar, cukup dilap pelan-pelan, kulitnya jangan digosok karena akan membuatnya terkoyak dan melepuh, lalu oleskan lemak ayam tersebut. Konon apabila mengaplikasikannya tepat luka bakar akan sembuh lebih cepat daripada memakai metode rumahan lain, dan juga tidak meninggalkan bekas luka.

3. Menggunakan lidah buaya. Jika Anda punya tanaman lidah buaya, potong sedikit sampai terlihat bagian seperti agar-agarnya lalu oleskan pada luka bakar. Jika tidak punya, ada salep dengan kandungan lidah buaya dijual bebas. Ini dapat membantu meredakan rasa sakit dan mengurangi resiko luka berbekas.

4. Menggunakan mentimun dan kentang. Dua bahan makanan ini mampu mengurangi rasa panas pada kulit yang mengalami luka bakar. Caranya siapkan 1 buah mentimun segar dan 1 buah kentang segar, cuci bersih dan haluskan, kemudian oleskan pada area kulit yang mengalami luka bakar, diamkan beberapa saat sampai kering/ meresap. Jika area luka bakarnya lebih besar dapat ditambahkan jumlah mentimun dan kentangnya.

5. Menggunakan madu asli. Madu terkenal banyak manfaatnya, bukan cuma enak dimakan tetapi juga dapat mengobati luka bakar. Madu mengandung antibakteri dan baik untuk kulit. Caranya cukup sederhana, siapkan madu asli tanpa campuran apapun, lalu oleskan ke luka bakar, dan diamkan sampai nutrisinya meresap. Madu cenderung kental dan lengket, maka oleskan pelan-pelan dengan menggunakan jari telunjuk akan lebih efektif, tidak usah memakai kapas/ cotton buds.

6. Menggunakan kulit pisang, caranya dengan menggosokan kulit pisang ke luka bakarnya sampai kulit pisangnya berubah warna. Namun cara ini tidak bisa dipakai untuk luka bakar yang sudah terkoyak/ kulitnya terkelupas.

7. Menggunakan daun mint. Daun ini biasanya digunakan untuk campuran minuman, obat kumur, perawatan kulit, dan luka bakar. Caranya cukup sediakan daun mint beberapa helai, cuci bersih, haluskan kemudian baru oleskan ke area kulit yang terbakar.

Demikian cara mengobati luka bakar dengan bahan alami, klik label "health" untuk mendapatkan artikel tentang kesehatan. Semoga bermanfaat!

Thanks for reading & sharing Guidance and Tips

Previous
« Prev Post

1 comments:

  1. Bagaimana mengobati kencing nanah tanpa obat?

    Mengobati kencing nanah tanpa obat mungkin sangat kecil kemungkinan yang bisa dilakukan dengan cara ini. Karena jika anda menderita penyakit maka anda harus melakukan pemeriksaan dan pengobatan dengan dokter yang tentunya akan diberikan obat yang sesuai dengan penyebabnya.
    Apa yang anda rasakan jika anda terkena atau terinfeksi penyakit menular seksual ini?

    1. Stress, Malu, Takut di Kucilkan
    2. Putus asa
    3. Malu untuk melakukan pemeriksaan dengan dokter

    "Jika anda merasakan gejala atau tanda2 kencing nanah, jangan merasa malu untuk melakukan pemeriksaan. segera lakukan pengobatan secepat mungkin untuk membantu anda agar terhindar dari infeksi penyakit lain yang dapat di timbulkan dari penyakit kencing nanah."
    Silahkan konsultasikan keluhan yang anda rasakan pada kami. Klinik apollo merupakan salah satu klinik sepesialis kulit dan klamin terbaik di jakata. Ditunjang tekhnologi modern serta dokter yang sudah berpengalaman dibidangnya, kami dapat membantu memberikan solusi untuk keluhan penyakit kelamin yang anda rasakan.

    Kunjungi halaman facebook kami di : Klinik Spesialis Kelamin Apollo

    Kulup panjang | Kulup bermasalah tidak usah mau sunat

    Ejakulasi dini bisa sembuh | Sunat dewasa di klinik apollo

    Chat | Klini chat

    BalasHapus

Translate to Your Language