Home » , » TIPS Agar Gigi Putih dan Bersih Alami

TIPS Agar Gigi Putih dan Bersih Alami

white teeth
Sumber: pixabay.com

Gigi putih dan bersih merupakan idaman setiap orang. Berbagai cara dan pasta gigi mungkin pernah Anda coba demi mendapatkan gigi yang putih bersih cemerlang. Namun jika Anda sadar sebenarnya gigi tidak putih atau cenderung kuning karena beberapa kebiasaan buruk yang Anda lakukan seperti merokok, minum kopi, tidak gosok gigi sebelum tidur dan sebagainya. Berikut ini beberapa tips sederhana agar gigi Anda putih dan bersih secara alami.

1. Berhenti merokok

Noda pada gigi akibat rokok sulit untuk dihilangkan, apalagi jika Anda sudah menjadi perokok aktif selama bertahun-tahun. Terkadang nodanya baru hilang setelah dilakukan scaling. Itu pun tidak sepenuhnya, karena gigi perokok biasanya kusam walaupun tanpa plak ataupun noda.

2. Menggosok gigi 1 jam setelah makan

Beberapa orang akan menyarankan untuk menyikat gigi langsung setelah makan. Ini adalah saran yang kurang tepat. Sikatlah gigi dengan jarak satu jam setelah aktivitas makan. Ini untuk memberikan waktu agar air liur dapat menetralkan keasaman di dalam mulut. Kebiasaan langsung menggosok gigi setelah makan justru tidak bagus untuk gigi, karena akan mendorong asam dari makanan masuk ke gigi, dan akan menyebabkan kerusakan. Sebaiknya anda tunggu minimal selama 30 menit atau 1 jam sebelum menggosok gigi.

Menggosok gigi pun tidak sembarangan, ada caranya agar aktivitas menggosok gigi tidak malah merusak gigi dan gusi. Simak artikel ini CARA Tepat Menggosok Gigi

3. Menggosok gigi pagi hari dan malam sebelum tidur

Waktu yang biasanya dianjurkan untuk menggosok gigi adalah pagi hari dan malam sebelum tidur. Bekas makanan yang menempel pada gigi Anda akan merusak gigi secara perlahan-lahan, apalagi jika dibiarkan semalaman.

4. Kurangi konsumsi kopi dan teh

Kopi dan teh merupakan minuman yang akan memberikan noda pada gigi Anda. Oleh karena itu, sebaiknya kurangi konsumsi minuman ini. Batasi atau ganti dengan minuman teh herbal yang khasiatnya lebih banyak. Lebih baik lagi jika dibiasakan untuk meminum air putih, baik untuk ginjal juga tidak ada resiko gigi menguning karena noda.

5. Lakukan dental flossing

Tidak banyak orang yang mengenal istilah ini, dental flossing adalah proses membersihkan sela-sela gigi dengan menggunakan benang khusus. Flossing sebaiknya dilakukan sebelum menggosok gigi, ini akan membantu mengurangi resiko gingivitis (pembengkakan pada gusi) serta dapat menghilangkan sisa-sisa makanan yang ada di sela-sela gigi dan gusi. Ini akan membuat gigi tampak lebih cerah.

6. Gunakan mouthwash setelah menyikat gigi

Mouthwash atau cairan pembersih mulut akan membuat mulut lebih segar secara keseluruhan dan membersihkan gigi secara tuntas. Urutan membersihkan gigi diawali dengan dental flossing, sikat gigi, kemudian gunakan mouthwash.

7. Biasakan konsumsi makanan segar

Makanan olahan dan makanan instan tidak ada yang lebih baik dari makanan segar dan sehat. Ini cara alami yang dipakai orang tua-orang tua kita dulu. Gigi mereka sehat dan kuat meskipun usia sudah tidak muda lagi dan meskipun jaman dahulu pasta gigi belum begitu populer. Makanan segar terutama sayuran tidak akan meninggalkan banyak sisa dan noda pada gigi. Malah justru akan membantu membersihkan gigi secara tidak langsung.

Demikian tipa agar gigi putih bersih secara alami, semoga bermanfaat!
Klik label "Health" untuk mendapatkan artikel seputar kesehatan.
Bagikan jika Anda merasa artikel ini bermanfaat.

Thanks for reading & sharing Guidance and Tips

Previous
« Prev Post

0 comments:

Posting Komentar

Translate to Your Language