Home » , , » TIPS Agar Aman dari Begal

TIPS Agar Aman dari Begal

robber
Begal

Begal merupakan salah satu tindakan merampas kendaraan bermotor dengan paksa. Beberapa wilayah di Indonesia sempat gempar karena adanya begal ini. Pelaku begal tidak segan melukai korban dengan menggunakan senjata tajam/ senjata api bahkan sampai membunuhnya. Satu-satunya cara yang bisa kita lakukan adalah berhati-hati dan ambil tindakan-tindakan yang mengurangi resiko terkena begal. Berikut ini beberapa tips agar aman terhindar dari begal.

1. Lebih baik pilih jalan yang ramai

Jalanan yang sepi biasanya menjadi tempat yang diincar oleh pelaku begal. Selain untuk mempermudah proses pembegalan juga menghindari adanya amukan masa seandainya gagal. Oleh karena itu, jika Anda akan melakukan perjalanan lebih baik pilih jalur yang jalanannya ramai, apalagi jika Anda sendirian.

2. Hindari kebiasaan menggunakan jalan yang sama

Para pelaku begal biasanya sudah memperhatikan kebiasaan calon korbannya. Kebiasaannya memilih jalur, kebiasaannya memacu kendaraan, kebiasaan lainnya serta barang bawaannya. Jika semua hal dirasa sudah saatnya eksekusi, maka langsung membegal korban. Oleh karena itu, walaupun rutinitas sama, ada baiknya Anda memilih jalan yang berbeda terutama saat melalui jalur yang sepi.

Pelaku begal terkadang ada juga yang modal nekat, tanpa perhitungan dan justru pelaku begal seperti ini lebih berbahaya. Jika mereka panik dan dalam kondisi terjepit mungkin akan menggunakan kekerasan, tidak peduli korban laki-laki atau wanita yang penting kendaraannya berhasil dirampas.

3. Lebih baik tidak sendirian saat bepergian

Jika memungkinkan Anda dapat mengajak teman, saudara, atau tetangga. Bepergian dengan beberapa orang akan mengurangi resiko terkena begal.

4. Hindari perjalanan malam/ tengah malam

Jika memang tidak mendesak atau penting sekali, sebaiknya jangan bepergian malam atau tengah malam. Waktu malam hari hingga menjelang pagi merupakan waktu paling rawan, terutama diatas jam 23:00. Jika memang harus bepergian tengah malam, pilih jalan dengan lampu penerangan cukup, atau mengajak keluarga/ teman/ tetangga untuk menemani. Ketika Anda lembur dan menyebabkan pulang larut malam atau Anda kerja shift malam, sebaiknya berangkat/ pulang bersamaan, cari rekan kerja yang satu arah dengan arah pulang Anda, lalu jalankan kendaraan beriringan.

5. Hindari jalur alternatif

Jalur alternatif biasanya sepi, jikapun ramai biasanya tidak seramai jalur utama, dan gelap karena kurang lampu penerangan. Walaupun lebih cepat, jalur alternatif lebih beresiko terkena begal.

6. Hindari memakai perhiasan berlebihan

Beberapa barang yang biasanya jadi sasaran begal adalah kendaraan bermotor terutama roda dua, handphone, tas, perhiasan, uang. Sebaiknya Anda tidak memakai perhiasan berlebihan. Lagipula jika Anda memakai perhiasan berlebihan malah mungkin mengundang orang berniat jahat.

7. Jika membawa barang berharga lebih baik dikawal

Jika Anda membawa perhiasan atau uang dalam jumlah banyak, lebih baik meminta pengawalan. Mungkin pengawalan aparat kepolisian, satpam, hansip ataupun saudara/ tetangga.

8. Lengkapi kendaraan Anda dengan kaca spion lengkap

Kaca spion membantu Anda memperhatikan kondisi di belakang Anda. Perhatikan di kaca spion jika ada yang mengikuti Anda ataupun sesuatu yang mencurigakan, Anda bisa mengambil langkah preventif, yaitu dengan memacu kendaraan lebih kencang, cari tempat ramai, atau cari kantor polisi terdekat untuk meminta bantuan.

9. Tetap waspada terhadap lingkungan sekitar

Pastikan Anda tetap dalam kontrol, fokus ketika mengendarai kendaraan bermotor, jika memang mengantuk sekali sebaiknya tunda dulu perjalanan Anda. Istirahat sejenak atau minum minuman yang dapat membuar Anda segar kembali. Jika Anda mendapati segerombolan orang, atau beberapa motor di depan/ belakang Anda, atau kendaraan mogok mencurigakan yang berhenti tidak pada tempatnya, mungkin itu bagian dari modus pelaku begal.

10. Pacu kendaran lebih cepat dan gunakan lampu jauh

Jika memasuki jalanan sepi sebaiknya Anda pacu kendaraan lebih cepat, serta gunakan lampu jauh untuk melihat pandangan ke depan lebih jelas dan lebih jauh. Mungkin Anda mendapati beberapa kendaraan mencurigakan di depan Anda yang jalan pelan atau beberapa motor mencurigakan, dan juga ada pohon tumbah di tengah jalan, lebih baik Anda putar balik. Ambil jalur lain, karena mungkin itu bagian dari modus kejahatan yang sedang mencari korban.

11. Trik menyimpan barang berharga.

Simpan barang berharga seperti uang, surat penting, dan sebagainya tidak di dompet, mungkin di saku celana tersembunyi, di kompartemen tersembunyi baju atau jaket Anda dan tempat lain yang memungkinkan. Jika Anda ditodong dan dipaksa menyerahkan barang berharga, Anda tinggal berikan dompet tersebut.

12. Harta atau nyawa?

Jika ini pilihan terakhir Anda, dan para begal merampas kendaraan sebaiknya ikuti keinginan mereka daripada nyawa melayang. Lebih baik Anda perhatikan secara diam-diam wajah para pegal, atau postur tubuh mereka, perhatikan komunikasi antara para begal, perhatikan arah mereka pergi/ kabur, dan jika memungkinkan hapalkan plat nomor kendaraan para begal tersebut.  Sesaat setelah mereka pergi, segera cari kantor polisi terdekat dan laporkan kejadian yang Anda alami sedetail mungkin, agar membantu polisi melakukan pengejaran atau mengusut kasus begal tersebut.

13. Berdoa dan bagikan artikel ini

Berdoalah kepada Tuhan Yang Maha Esa, untuk keselamatan Anda dan dijauhkan dari orang-orang yang berniat jahat. Walau bagaimanapun penjaga terbaik adalah Tuhan YME, yakinlah bahwa Anda dilindungi, dan usaha kita sebagai manusia adalah tetap waspada. Selain itu, Anda dapat bagikan artikel ini kepada orang tua, saudara dan teman.

Demikian TIPS untuk menghindari begal. Klik label "general" untuk mendapatkan tips-tips umum yang biasanya berkaitan dengan keseharian kita.

Thanks for reading & sharing Guidance and Tips

Previous
« Prev Post

1 comments:

  1. trimakasih gan sudah berbagi ilmu
    sangat bermanfaat sekali,,

    BalasHapus

Translate to Your Language