Home » , , » TIPS Penangkal Corona dan Meningkatkan Antibodi

TIPS Penangkal Corona dan Meningkatkan Antibodi


Masker sebagai alat bantu untuk menangkal virus

Sejak beberapa waktu lalu merebak wabah korona di beberapa negara, akhirnya corona sampai juga di Indonesia. Ini menyebabkan panic buying bagi sebagian orang, hasilnya beberapa barang yang dinilai dapat menangkal penularan virus seperti masker, hand sanitizer, handrub dan semacamnya sulit ditemukan di pasaran karena ada yang borong ada juga yang menimbun (mungkin). Jika pun ada barangnya, harganya jadi terlalu tinggi.

Penularan virus corona dapat terjadi melalui beberapa hal berikut ini:
1. Tetesan cairan atau droplets dari batuk atau bersin orang-orang yang terjangkiti virus corona.
2. Kontak langsung dengan penderita seperti berjabat tangan.
3. Menyentuh permukaan benda tertentu yang sudah terkontaminasi virus, lalu kemudian menyentuh hidung, mulut ataupun mata sebelum mencuci tangan.

Virus ini mampu bertahan dalam jangka waktu yang lama, baik itu di udara ataupun menempel di permukaan benda tertentu. Ini tergantung dari faktor-faktor eksternal seperti panas dan kelembaban.

Bagi kamu yang kehabisan masker, tidak perlu panik akan tertular virus corona, karena pertahanan sebenarnya adalah tubuh kamu sendiri. Antibodi yang dapat menangkal virus tersebut sehingga tidak bisa melumpuhkan tubuh.

Berikut ini beberapa tips untuk menangkal penyebaran virus:

1. Rajin-rajin mencuci tangan

Ini adalah prinsip pertama dalam menjaga kebersihan, karena sebagian besar aktivitas kita menggunakan tangan. Cuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir setiap selesai menyentuh benda asing, benda yang sifatnya dapat diakses oleh publik. Jika sulit akses air dan sabun, kamu bisa menggunakan hand sanitizer.

Penggunaan hand sanitizer memang terbukti dapat melumpuhkan virus yang menempel di tangan, tetapi tidak terlalu dianjurkan karena sisa-sisa virus yang lumpuh tersebut masih ada di tangan.

2. Lakukan social distancing

Apakah itu social distancing? pengertian secara sederhana adalah mengurangi aktivitas sosial kamu, mengurangi berhubungan dengan orang lain, mengurangi aktivitas di luar rumah, serta menjauhi keramaian dengan tujuan agar rantai penularan virus ini bisa terhenti.

Jangan khawatir kamu akan kurang gaul, kudet, ataupun kurang teman, karena akses internet tidak dihentikan toh? Interaksi kamu dengan orang lain sementara bisa dilakukan melalui aplikasi chating ataupun video call.

3. TAHU DIRI

Inilah sebenarnya kunci dari semuanya, tahu diri! Gejala yang ditimbulkan virus ini mirip dengan flu dan batuk biasa. Jika kamu merasa sakit maka jangan dipaksakan keluar rumah, isolasi diri ataupun jika terpaksa keluar maka jaga jarak dengan orang lain.

Cara-cara sederhana yang dapat kamu lakukan adalah menutup mulut dan hidung dengan menggunakan tisu atau masker saat kamu bersin dan batuk. Jika stok masker menipis, sebenarnya penderitanya lah yang harus lebih diutamakan memakai masker, agar cairan batuk dan bersinnya tidak menyebar kemana-mana.

4. Bikin protokol kebersihan sendiri saat di rumah

Setiap kamu pulang sehabis bepergian dari luar sebaiknya membersihkan diri sendiri dulu sebelum menyentuh benda-benda lain di dalam rumah ataupun menyentuh keluarga di rumah kamu. Sesaat setelah pulang, cuci tangan terlebih dahulu, langsung mandi sampai bersih, pakaian yang kamu pakai langsung masuk ke tempat cucian. Jika perlu lap bagian gagang pintu yang kamu pegang saat pulang, dengan menggunakan tisu sanitizer.




5. Tingkatkan antibodi tubuh kamu 

Konsumsilah makanan sehat dengan asupan nutrisi dan gizi yang komplit. Sistem imun kamu menjadi pertahanan utama dalam melawan penyakit. Berikut ini beberapa makanan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh kamu.

DAGING

Pastikan daging sudah masak sebelum kamu mengonsumsinya. Daging mengandung kaya akan zinc, dan merupakan elemen yang penting untuk tubuh memproduksi sel darah putih. Sel darah putih ini berfungsi secara alami untuk melawan penyakit.

BAWANG PUTIH

Bawang putih sangat populer tidak hanya enak sebagai bumbu tetapi juga sangat baik untuk tubuh. Konsumsilah bawang putih secukupnya, dan tidak berlebihan juga karena memiliki efek samping. Bawang putih berfungsi untuk melancarakan aliran darah, mengandung konsentrasi allicin tinggi yang dapat membantu tubuh melawan bakteri dan virus secara alami.

YOGHURT

Yoghurt sangat baik untuk kesehatan sistem perncernaan, dan ini merupakan modal utama untuk sistem kekebalan yang baik dan kuat.

TELUR

Telur selain murah ketimbang dibandingkan sumber protein lainnya, bisa didapatkan dengan mudah. Telur merupakan salah satu makanan yang baik untuk sistem imun, mengandung vitamin D dan B-kompleks, yang baik untuk membasmi penyakit dan melancarkan aliran darah dalam tubuh.

GANDUM

Gandum biasanya dijadikan makanan alternatif sumber karbohidrat bagi orang-orang yang sedang diet. Gandum juga mengandung serat yang disebut beta-glucan yang merupakan antioksidan yang memiliki fungsi sebagai antimikroba, dan baik untuk meningkatkan imunitas tubuh manusia.

UBI JALAR

Ubi memiliki beta-karoten yang tinggi dan kaya akan vitamin A, dan memiliki peran penting untuk memproduksi jaringan yang menghubungkan antar jaringan dalam tubuh. Ubi jalar juga baik untuk kulit, karena selain mengandung pati, juga mengandung omega 3, fosfor, magnesium, kalium, natrium dan zinc. Tidak hanya itu, vitaminnya cukup lengkap, ada vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E, dan vitamin K.

JAMUR

Jamur bila dikonsumsi dengan baik dan cukup, akan sangat bermanfaat bagi tubuh manusia, terutama dalam meningkatkan kesehatan jantung dan meningkatkan kekebalan tubuh. Jamur putih mengandung tembaga yang berfungsi untuk merangsang penyerapan zat besi dari makanan yang kamu konsumsi. Kedua mineral ini berperan besar dalam produksi sel darah merah dan mencegah anemia.

ALPUKAT

Buah yang satu ini juga sangat baik untuk meningkatkan imunitas tubuh kita. Alpukat mengandung vitamin B1, vitamin C, vitamin A, beta karoten beserta mineral-mineral lainnya. Secara natural, alpukat juga dapat membersihkan usus. Glutation di dalam alpukat merupakan antioksidan yang kuat untuk membantu melawan radikal bebas di dalam tubuh, sehingga imunitas tubuh tetap terjaga dengan baik. Mengonsumsi alpukat secara rutin dapat juga mengurangi resiko kanker.

KELAPA

Pohon kelapa merupakan pohon yang semua bagiannya bermanfaat untuk kehidupan manusia. Minyak kelapa memiliki manfaat yang berlimpah untuk kesehatan, dalam hal ini adalah virgin coconut oil, bukan minyak goreng/ minyak sayur (yang sudah mengalami proses berkali-kali).

Buah kelapa mengandung asam laurat, dan asam ini paling banyak ditemukan di daging kelapa. Jika kita memakan daging kelapa atau mengonsumsi virgin coconut oil, sebagian besar asam laurat yang terkandung di dalamnya akan terkonversikan menjadi monolaurin, yang berguna untuk meningkatkan imunitas tubuh terhadap virus dan bakteri.

KUBIS

Sayuran kubis selain enak dimakan juga kaya akan glutamin yang merupakan salah satu asam amino esensial (tidak diproduksi di dalam tubuh manusia). Glutamin ini sangat berperan dalam meningkatkan daya tahan tubuh. Secara umum, kubis dikenal berkhasiat untuk melancarkan sistem percernaan, mencegah kanker dan menjaga kesehatan jantung.

LEMON DAN BUAH-BUAHAN BERVITAMIN C TINGGI

Vitamin C akan sangat membantu dalam meningkatkan sistem imun kita dan membantu regenerasi sel. Jika saat sedang sakit, terutama sakit flu/ pilek/ batuk, sebaiknya mengonsumsi buah-buahan bervitamin C tinggi seperti lemon, jeruk, stroberi, jambu biji, nanas, mangga, kiwi dan pepaya. Buah-buahan ini lebih dianjurkan dibandingkan minuman-minuman yang mengandung vitamin C tinggi, karena tentunya lebih alami, lebih aman dan lebih baik.

JAHE

Saat wabah virus korona ini muncul, jahe juga mulai dicari orang dan saat ini sangat langka di pasaran. Ini karena jahe bukan hanya membantu mengurangi gejala pilek dan flu, tetapi juga jahe memiliki bahan antimikroba yang sangat ampuh. Jahe juga sangat kaya akan antioksidan dan mineral.

Sebaiknya untuk menghadapi wabah ini jangan panik. Ikuti arahan dari pemerintah, tingkatkan kesadaran akan kebersihan pribadi dan lingkungan. Tingkatkan pertahanan dari dalam diri sendiri dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat. Serta yang paling penting adalah jangan lupa untuk bahagia, karena perasaan senang dan bahagia juga dapat meningkatkan sistem imun kita secara alami.

Salam sehat selalu!

Thanks for reading & sharing Guidance and Tips

Previous
« Prev Post

0 comments:

Posting Komentar

Translate to Your Language