Home » , , » 8 Tips Menyimpan Sepeda dalam Waktu Lama

8 Tips Menyimpan Sepeda dalam Waktu Lama

sepeda
Sepeda sayur


Bagi anda yang sibuk setiap saat, tidak sempat untuk bersepeda, sibuk dengan angka-angka di pekerjaan, sibuk dengan klien yang rewel, sibuk dengan anak dan istri/ suami yang sama-sama rewel, repot dengan pacar dan selingkuhan, tentu akan sulit untuk meluangkan waktu untuk bersepeda. Mau tidak mau sepeda anda tidak terpakai dalam jangka waktu lama. Tips berikut ini mungkin akan bermanfaat:

1. Bersihkan sepeda anda sedetail mungkin, jika perlu dibongkar, lepaskan semua aksesoris di handle bar, lepaskan roda depan dan belakang. Bersihkan dengan menggunakan air dan sabun sampai dengan ke celah-celah tempat kotoran menempel dan bersembunyi. Setelah anda yakin bersih seutuhnya, keringkan dengan cara dijemur dan diangin-anginkan. Pastikan tidak ada sisa-sisa air.

2. Lumasi dan berikan cairan anti karat, untuk bagian rantai, cassete, RD, FD, kabel rem, kabel shifter, Jangan biarkan bagian-bagian logam sepeda anda berkarat.

3. Semir ban sepeda anda, selain untuk membuat tampilan sepeda lebih keren, semir juga dapat mengurangi efek dari cuaca panas dna kering yang dapat membuat ban sepeda anda pecah-pecah (seperti retak).


4. Pompa ban sepeda anda dan sesuaikan tekanan bannya, agar ban dalam tidak terlipat, cek juga secara rutin. Dalam jangka waktu lama, anda akan mendapati ban sepeda anda kempes walau tidak ada kebocoran.

5. Pakaikan pelapis bodi/ wax sepeda terutama di bagian frame/ fork/ bagian-bagian yang dilapisi cat. Fungsi pelapis ini sama seperti pelapis body mobil, yaitu menjaga warnanya supaya tidak cepat pudar dan menjadikan sepeda anda mengkilau seperti baru.

6. Jika anda akan menyimpan sepeda dalam waktu lama, maka jangan menyimpannya dengan posisi vertikal, menggantungnya dengan mengaitkan roda depan. Cara menyimpan tersebut, dalam jangka waktu lama akan menyebabkan minyak di shock breaker bocor, tandanya muncul minyak dari seluruh batang stanchion. Jika sudah terjadi seperti ini maka anda terpaksa untuk mengganti atau servis fork sepeda lebih cepat. Posisi vertikal/ terbalik ini juga dapat menyebabkan kerusakan di rem hidrolik.

7. Jangan menyimpan barang-barang di sepeda anda, apakah itu baju bekas, baju dalam, kardus, sapu, dan sebagainya. Jangan ada barang/ sesuatu menempel di sepeda karena dapat merusak cat.

bike stand
standar segitiga sepeda
8. Simpan sepeda anda dalam posisi lurus dan seimbang, gunakan standar segitiga (paddox) agar posisinya sejajar dan tidak miring, jangan gunakan kickstand (standar belakang yang menempel di frame). Pakai tatakan untuk ban depan sepeda agar tidak menyentuh lantai langsung. Tutup bagian-bagian karet agar tidak digigit tikus. Simpan di ruangan yang bebas lembab, dengan variasi suhu sesedikit mungkin, jangan menyimpan sepeda dengan posisi sinar matahari langsung. Jika perlu tutup sepeda anda secara keseluruhan, jangan berbahan plastik atau bahan lain yang ada lapisannya. Namun jika anda memakai penutup maka harus rajin-rajin dicek, jangan sampai tutupnya malah merusak cat.

Thanks for reading & sharing Guidance and Tips

Previous
« Prev Post

0 comments:

Posting Komentar

Translate to Your Language