Home » , » 9 TIPS Sebelum Anda Membeli Obat

9 TIPS Sebelum Anda Membeli Obat

Obat-obatan
Obat-obatan


Sudah berapa kalikah anda sakit dalam hidup anda? Sudah berapa kali anda diberikan resep oleh dokter dan diinstruksikan untuk meminumnya? Anda sudah harus benar-benar jeli ketika akan mengonsumsi zat-zat kimia tersebut, karena obat pada dasarnya adalah racun yang digunakan untuk menyembuhkan penyakit. Beberapa penyakit dapat sembuh dengan sendirinya karena tubuh healing secara alami. Beberapa pengobatan dilakukan sebenarnya hanya untuk meredam symptom atau gejala dari penyakit tersebut, selain untuk membantu tubuh melakukan proses penyembuhan.

Pahami kemungkinan efek samping dari obat tersebut, dosis yang tepat, atau resiko yang dapat muncul jika dilakukan pengobatan dengan obat-obatan lain. Jika memungkinkan pilihlah obat-obatan herbal yang tanpa efek samping dan konsultasikan dengan ahlinya. Berikut ini beberapa tips lebih dalam sebelum anda membeli obat:

1. Cari tahu apa nama obat tersebut dan gunanya untuk apa.

Biasanya dokter menjelaskan satu per satu nama obat dan kegunaannya kepada pasien saat menuliskan resep. Jika tidak dijelaskan maka lebih baik anda tanyakan. Kroscek penjelasan dokter tersebut dengan informasi dari apoteker tempat anda membeli obat, atau informasi dari website tertentu.

2. Cari tahu bagaimana cara mengonsumsinya dan berapa lama mengonsumsinya. 

Ini penting sekali, jangan sampai obat yang seharusnya dioleskan malah anda seduh, atau obat yang seharusnya dimasukan secara anal malah dikonsumsi secara oral. Perhatikan dengan seksama penjelasan dokter mengenai cara konsumsinya. Apakah dikonsumsi sebelum atau sesudah makan.

3. Cari tahu efek samping yang kemungkinan bisa terjadi. 

Setiap orang memiliki ketahanan tubuh yang berbeda-beda, efek sampingnya akan fatal jika anda mengonsumsi obat yang sebenarnya tubuh anda tidak bisa terima (misalnya alergi). Ini bisa sampai menyebabkan kematian.

4. Cari tahu apa saja yang harus dihindari saat anda mengonsumsi obat tersebut. 

Kegiatan, makanan, minuman, atau obat-obatan lain. Ini juga berkaitan dengan efek samping yang dapat terjadi.

5. Cari tahu kapan mengonsumsinya. 

Jika obat tersebut dikonsumsi sekali dalam satu hari, maka lebih baik mengonsumsinya di pagi hari atau malam hari.

6. Cari tahu apakah obat tersebut aman jika dikonsumsi dengan obat yang lain, atau suplemen/ vitamin tambahan.

7. Cari tahu juga kapan obat itu akan mulai bekerja, bagaimana cara mengetahui bahwa obar tersebut bekerja.

8. Cari tahu bagaimanan cara menyimpan obat tersebut.

9. Baca informasi yang tertulis di kemasan obat, atau jika perlu minta referensi informasi dari dokter/ apoteker mengenai tambahan informasi yang harus anda ketahui.

10. Lihat masa pakai obat/ kadaluarsa/ expired date.

Thanks for reading & sharing Guidance and Tips

Previous
« Prev Post

0 comments:

Posting Komentar

Translate to Your Language