Home » , , » TIPS Mengirimkan Barang Ukuran Besar dengan Aman

TIPS Mengirimkan Barang Ukuran Besar dengan Aman

penanganan kargo yang tepat
Proper cargo handling

Mengirimkan barang berharga berukuran besar tentu akan membuat kita cemas. Resiko kerusakan dan kehilangan selalu ada. Apalagi jika kurir atau ekspedisi yang anda pilih tidak begitu bagus dalam menangani barang. Saya pernah menerima barang kiriman cacat karena proses handling kurir yang buruk. Ketika di klaim kurir tidak mau bertanggungjawab, dengan alasan barang tidak di asuransikan. Walhasil kerugian berlipat, selain barang rusak harus menanggung juga ongkos kirim sekitar setengah juta rupiah. Bayangkan jika yang rusak itu barang jualan. Tentu akan menurunkan service value yang kita berikan, karena konsumen kecewa barang yang dibelinya rusak.

Untuk itu jika anda akan mengirimkan barang terutama yang berukuran besar, pastikan anda kemas dengan benar agar barang tiba dengan selamat. Pastikan juga anda memiliki perlengkapan dan peralatan yang tepat untuk membungkusnya, termasuk kotak/ kardus, bubble wrap, plastic wrap, partisi, material untuk mengisi ruang kosong, dan packing tape. Untuk barang berukuran besar dan tidak beraturan, seperti peralatan olahraga, furnitur, barang seni (patung dan lukisan), memerlukan pertimbangan khusus, tips berikut ini silakan disimak:


Bungkus barang dengan tepat. 

Lindungi barang dari goresan atau kerusakan lainnnya, dengan menggunakan bubble wrap. kertas pembungkus, atau plastik. Jika anda akan mengirim beberapa item di dalam kotak yang sama, bungkus masing-masing barang tersebut, agar tidak merusak satu sama lain. Untuk karya seni gunakan kertas non-acid, sementara untuk furniture gunakan plastik elastis.


Gunakan busa, gabus, atau karet sebagai kemasan lapisan kedua. 

Langkah ini dilakukan saat barang dimasukan ke dalam paket (dus/ kotak). Busa, gabus. atau karet akan berfungsi sebagai penyerap guncangan dan getaran selama dalam proses pengiriman. Pastikan barang yang dikemas aman di dalam kotak, tidak berguncang di dalam kotak, harus solid dan kokoh. Kebanyakan kerusakan terjadi karena barang tersebut memiliki ruang untuk bergerak-gerak dan terguncang.


Pastikan barang tersebut aman dengan menggunakan material yang keras pada lapisan paling luar, tahan tusukan dan tekanan.

Biasanya ini berbentuk packing kayu. Jika memang barang yang akan anda kirim tidak memungkinkan untuk dibungkus sendiri, maka sewa tenaga profesional. Perlakuan khusus dibutuhkan untuk menangani barang-barang yang rumit dan sangat berharga, atau barang tersebut terlalu besar untuk dibungkus sendiri. Jika memakai jasa profesional ini tentu anda juga tidak perlu repot mengantarkan barang ke lokasi kurir/ ekspedisi, perusahaan akan mengambil barang tersebut, mengepaknya dengan aman, dan mengirimkannya dengan selamat.

Terakhir, asuransikan barang anda. 

Asuransi sangat penting dalam hal ini, untuk mengurangi resiko kerugian yang lebih besar jika barang tersebut rusak, cacat atau hilang.

Thanks for reading & sharing Guidance and Tips

Previous
« Prev Post

0 comments:

Posting Komentar

Translate to Your Language