Home » , , » TIPS Bagaimana Menetapkan Goal/ tujuan?

TIPS Bagaimana Menetapkan Goal/ tujuan?

Tony Robbins
Menetapkan tujuan adalah langkah pertama dalam mengubah tak terlihat menjadi terlihat

Mengutip Elon Musk, "People work better when they know what the goal is and why. It is important that people look forward to coming to work in the morning and enjoy working". Pada kenyataannya banyak orang yang bekerja sekedar mengikuti alur. Tak tahu apa tujuannya, tak tahu dimana ujungnya, hanya tahu bekerja untuk melanjutkan hidup. Banyak juga yang tidak menikmati pekerjaannya, kesehariannya mengeluhkan kenapa harus bekerja seperti ini dan berspekulasi mengenai kondisi ideal menurut pandangannya pribadi. Bekerja dan mengeluh menjadi rutinitas, membawa arus negatif ke dalam tim dan menurunkan semangat juang.

Kata para motivator, faktanya orang-orang yang sukses mengalami kegagalan jauh lebih banyak daripada orang yang tidak berhasil atau tidak mencoba sama sekali. Kesuksesan mengiringi orang-orang yang mempunyai goal-oriented secara intensif. Mereka tahu apa yang mereka inginkan, fokus pada pencapaian goal setiap hari, terus mencoba berbagai hal, dan tetap berusaha. Berikut ini beberapa tips dalam menetapkan tujuan:

Tuliskan daftar tujuan. 

Tulisan ini membantu anda untuk tetap fokus pada tujuan anda, tuliskan di secarik kertas dan tempelkan. Tentukan skala prioritas, tujuan mana yang akan anda raih terlebih dahulu.

Mengutip Jack Canfield seorang motivator dari Amerika, "Successful people maintain a positive focus in life no matter what is going on around them. They stay focused on their past successes rather than their past failures, and on the next action steps they need to take to get them closer to the fulfillment of their goals rather than all the other distractions that life presents to them."

Orang-orang sukses mempertahankan fokus positif dalam hidup tidak peduli apa yang terjadi di sekitar mereka. Mereka tetap fokus pada kesuksesan masa lalu mereka daripada kegagalan masa lalu mereka. Fokus pada tindakan selanjutnya yang akan diambil, agar semakin dekat dengan pencapaian tujuan, dan mengenyampingkan gangguan-gangguan dalam hidup mereka.

Menetapkan rencana untuk mencapai tujuan anda.

Buatlah sebuah daftar apa saja langkah-langkah kecil yang akan membawa anda ke tujuan anda. Urutkan langkah tersebut berdasarkan prioritas kemudian lakukan. Tinjau dan revisi kembali rencana-rencana anda sesuaikan.

Paling penting adalah mengelola pola pikir anda, menjaga agar tetap fokus pada tujuan.

Kelilingi diri anda dengan orang-orang yang akan membantu anda mencapai tujuan. Lebih baik jika anda mempunyai partner hidup yang dapat mengingatkan kepada komitmen anda. Atur ruang kerja senyaman mungkin, dan ciptakan kebiasaan-kebiasaan baik untuk meningkatkan produktivitas anda.

Gambarkan diri anda di masa depan.

Beri gambaran yang paling baik untuk diri anda sendiri. Jangan mengasihani diri sendiri dan meratapi nasib karena hal ini akan membuat anda kesulitan untuk move-on, hindari memberikan alasan-alasan tidak baik ketika anda gagal mencapai tujuan anda. Tetap mencoba dan terus berusaha.

Semoga tips ini dapat membantu anda dalam menentukan tujuan. Tetap berusaha dan tetap belajar, jangan mengeluh dan bawa aura positif ke orang-orang di sekeliling anda.

Thanks for reading & sharing Guidance and Tips

Previous
« Prev Post

0 comments:

Posting Komentar

Translate to Your Language