Home » , » Cara Mengusir Hama Rumah dengan Aman

Cara Mengusir Hama Rumah dengan Aman

perper, rubber band, mesh cloth, morinda citrifolia,lime
sumber : pixabay.com

Rumah baru ataupun rumah lama biasanya ada saja hama binatang yang terkadang mengganggu aktivitas Kita. Mulai dari kecoa, semut, nyamuk dan juga tikus. Jangan dulu terpikirkan membeli racun serangga atau sejenisnya untuk mengusir binatang-binatang tersebut. Lebih baik gunakan bahan-bahan aman, tidak beracun, tanpa bahan kimia berbahaya.

Bahan-bahan alami ini mudah kita dapatkan, karena biasanya ada di keseharian kita, yaitu merica, bubuk cabe, bawang bombay, timun, karet gelang, kain kasa, buah mengkudu, lap, minyak serai, jeruk nipis, dan sebagainya.

1. Cara mengusir kecoa

CARA 1
Haluskan beberapa butir merica (bisa juga dicampurkan bubuk cabe), kemudian masukan kedalam kain kasa lalu ikat dengan karet gelang. Buatlah 4 buah untuk ditempatkan di sudut-sudut laci/ lemari kecil, atau tambahkan sesuai kebutuhan untuk ditempatkan di tempat-tempat yang mungkin menjadi sarang kecoa. Kecoa tidak suka dengan bau menyengat merica dan cabe, mereka akan cenderung menghindarinya.

CARA 2
Iris timun dan bawang bombay, masukan ke dalam kain kasa kemudian ikat dengan karet gelang. Lalu letakkan di tempat yang menjadi sarang kecoa dan jalur lalu lintas kecoa. Kecoa juga tidak suka dengan bau menyengat bawang bombay.

2. Cara mengusir nyamuk

CARA 1
Larutkan sekitar 10 mL minyak serai ke dalam lalu gunakan air tersebut untuk mengepel lantai. Aroma serai akan mengusir nyamuk.

CARA 2
Tanam bunga sedap malam di dalam rumah, namun jangan biarkan ada genangan air di potnya. Aroma bunga sedap malam ini akan mengusir nyamuk.

3. Cara mengusir Semut

Potong 1 buah jeruk nipis kemudian peras airnya, dan campurkan ke dalam 50-100 mL air putih. Semprotkan air perasan jeruk nipis ini di jalur lalu lintas semut dan tempat berkumpulnya semut. Kemudian lap agar tidak terlalu basah.

Untuk melindungi makanan dari semut, celupkan bagian bawah piring atau mangkuk ke dalam perasan air jeruk nipis, kemudian simpan di tempat biasa. Beberapa bagian meja makan Anda akan basah namun bebas semut.

4. Cara Mengusir Tikus

Potong buah mengkudu yang sudah masak menjadi beberapa bagian. Jangan lupa gunakan sarung tangan, karena getah dari buah ini akan membuat Anda gatal-gatal. Siapkan wadah-wadah kecil kemudian tempatkan wadah tersebut di tempat yang sering dilalui tikus atau sekaligus di sarang tikus. Aroma buah mengkudu akan membuat tikus enggan datang.

Thanks for reading & sharing Guidance and Tips

Previous
« Prev Post

0 comments:

Posting Komentar

Translate to Your Language