Home » , » TIPS Tetap Sehat dengan Jalan Kaki

TIPS Tetap Sehat dengan Jalan Kaki

sunset
Sumber : pixabay.com

Pernahkah Anda melakukan pencarian di Google, dengan mengetikan "orang Indonesia malas jalan kaki", ada sedikitnya 564 ribu hasil dengan kalimat kunci tersebut. Klik salah satu tautan hasil pencarian maka Anda akan menemukan fakta mengejutkan, "Orang Indonesia paling malas berjalan kaki".

Salah satunya artikel dari bbc.com, berikut ini kutipan artikelnya:

"Orang Indonesia paling malas berjalan kaki. Itulah temuan sejumlah ilmuwan Amerika Serikat yang mengkaji data ponsel dari ratusan ribu orang di seluruh dunia. Para peneliti di Universitas Stanford menggunakan data menit per menit dari 700.000 orang yang menggunakan Argus--aplikasi pemantau aktivitas--pada telepon seluler mereka.
Hasilnya, orang-orang di Hong Kong menempati urutan teratas dalam daftar penduduk paling rajin berjalan kaki. Rata-rata publik Hong Kong berjalan kaki sebanyak 6.880 langkah setiap hari.
Adapun penduduk paling malas sedunia adalah orang Indonesia yang berada pada posisi terbuncit dengan mencatat 3.513 langkah per hari."

Orang Indonesia khususnya di kota besar, pada kenyataannya memang malas berjalan kaki. Mau ke minimarket jarak 15 meter pakai motor, ke kampus tidak sampai 50 meter juga pakai motor, memberhentikan angkutan umum tidak mau di tempatnya maunya di depan rumah, dan sebagainya. Kondisi ini sangat berbeda dengan orang-orang Indonesia jaman dahulu, mereka terbiasa pergi ke sawah/ ladang dengan jalan kaki, mereka pun tetap sehat dan bugar di saat usia lanjut.

Berjalan kaki sangat banyak manfaatnya, apalagi untuk ibu-ibu, ibu-ibu hamil dan anak kecil. Untuk Anda yang muda-muda juga yang berada di usia produktif juga sangat bermanfaat. Berikut ini beberapa manfaat berjalan kaki.

1. Meningkatkan sistem imun tubuh

Berjalan kaki apalagi tanpa menggunakan alas kaki dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Sistem imum meningkat dengan meningkatkan jumlah sel darah merah dan sel darah putih.

2. Membantu meningkatkan kualitas tidur

Bagi Anda yang mengalami insomnia cobalah mulai perbanyak berjalan kaki. Kualitas tidur dapat ditingkatkan dengan menstabilkan ritme sirkadian, yaitu keseimbangan tidur/ bangun dan jam biologis tubuh. Tidur yang berkualitas akan membuat tubuh beristirahat total, mengisi ulang tenaga dengan maksimal.

3. Membantu mengurangi kram saat datang bulan

Bagi para wanita, jalan kaki dapat mengurangi kram saat menstruasi. Ini karena berjalan kaki dapat membuat pikiran dan otot rileks, apalagi jika jalan kaki dengan santai di taman ditemani peliharaan.

4. Membantu mengurangi sakit pada otot dan persendian

Di telapak kaki terdapat jutaan syaraf yang berhubungan dengan bagian tubuh lain. Maka ada juga pijat refleksi untuk menyembuhkan penyakit tertentu dengan cara memberikan stimulasi pada syaraf-syaraf telapak kaki. Berjalan kaki tanpa alas, akan memberikan pijatan-pijatan kecil pada telapak kaki. Ini akan meningkatkan kelancaran peredaran darah dan mengurangi rasa sakit pada otot dan persendian yang disebabkan oleh aliran darah yang terganggu.

5. Mengurangi stress dan rasa cemas

Meluangkan waktu untuk berjalan kaki di alam terbuka akan membantu mengurangi stres dan rasa cemas. Ini tidak hanya memelihara kesehatan fisik Anda tetapi juga akan memelihara kesehatan emosional.

6. Membantu memperbaiki pola hidup

Masih berkaitan dengan ritme sirkadian, yaitu keseimbangan tidur/ bangun dan jam biologis tubuh, membiasakan berjalan kaki dapat memperbaiki pola hidup. Kualitas tidur yang lebih baik, pola tidur yang lebih baik juga, serta jam biologis yang normal.

Demikian artikel tips sehat dengan berjalan kaki, klik label "health" untuk mendapatkan artikel seputar kesehatan. Terima kasih

Thanks for reading & sharing Guidance and Tips

Previous
« Prev Post

2 comments:

  1. semoga dengan hasil riset itu bisa menyadarkan banyak orang bahwa berjalan kaki itu penting utk kesehatan

    BalasHapus
  2. Menangkan Jutaan Rupiah dan Dapatkan Jackpot Hingga Puluhan Juta Dengan Bermain di www(.)SmsQQ(.)com

    Kelebihan dari Agen Judi Online SmsQQ :
    -Situs Aman dan Terpercaya.
    - Minimal Deposit Hanya Rp.10.000
    - Proses Setor Dana & Tarik Dana Akan Diproses Dengan Cepat (Jika Tidak Ada Gangguan).
    - Bonus Turnover 0.3%-0.5% (Disetiap Harinya)
    - Bonus Refferal 20% (Seumur Hidup)
    -Pelayanan Ramah dan Sopan.Customer Service Online 24 Jam.
    - 4 Bank Lokal Tersedia : BCA-MANDIRI-BNI-BRI

    8 Permainan Dalam 1 ID :
    Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar66

    Info Lebih Lanjut Hubungi Kami di :
    BBM: 2AD05265
    WA: +855968010699
    Skype: smsqqcom@gmail.com

    BalasHapus

Translate to Your Language